Dasar Perkembangan Berfikir Anak Usia Dini dalam Presfektif Al-Qur’an dan Hadis

Homsani Homsa Nasution (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Nur Imam Mahdi (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Zayyana Zahrotul Fitri (UIN sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman Perkembangan kemampuan berfikir melalui presfektif Al-Quran Dan Hadis, perkembangan kognitif sangat penting untuk kemampuan anak dalam mengeksplorasi lingkungan, karena berkaitan dengan pikiran seorang anak. Semakin bertambah besarnya koordinasi dan pengendalian motorik, maka dunia kognitif anak berkembang pesat, makin kreatif, bebas dan imajinatif. Pencapaian berfikir anak juga memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian dalam berfikir yang baik sebagai manusia individual dan sosial serta menjadi hamba Allah Swt yang mengabadikan dirinya hanya kepada-Nya. Setiap pelaksanaan kegiatan sehari-hari sudah di atur dan di tata dalam kajian Al-Quran dan sunnah. Latar belakang dari penelitian  ini adalah menganalisis dasar perkembangan berfikir anak usia dini dalam kajian Al-Quran. Dalam agama Islam menjabarkan bahwa kemampuan berfikir harus di dasari oleh Al-Quran dan sunnah. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), penelitan ini yang dikaji melalui penelitian pustaka dengan data kualitatif yang bersumber informasi yang dikaji sumber literasi dan buku, tekni pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Setiap aspek kognitif yang dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini dengan tujuan untuk mempersipkan anak menjadi manusia yang mampu menjalankan kehidupan kedepannya dengan cara berfikir logis dan didasari oleh Al-quran dan sunnah.


Keywords


Perkembangan berfikir, Anak uisia dini, Al-quran

Full Text:

PDF

References


Fadlullah. 2017. “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam.” Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam 6 (2): 308–20. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195.

Almalachim, Ainul Churria, Nailul Fauziyah, and Asep Maulana. 2020. “Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Al-Qur’an Dan Psikologi.” An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman 13 (1): 153–81. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.27.

Ariyanti, Tatik. 2016. “The Importance of Childhood Education for Child Development.” Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (1): 50–58.

Astamal, Rio. n.d. “Aplikasi Quran Kementrian Agama Republik Indonesia.” Https://Quranweb.Id/7/172/.

Azhari, Nandhi, Nur Rohmah, Time-out Pada Anak, and Usia Dini. 2021. “MODIFICATION OF TANTRUM BEHAVIOR THROUGH GAMES AND TIME-OUT METHODS IN EARLY CHILDREN” 3: 94.

Djuwita, Warni. 2011. “Anak Dan Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Cakrawala Al-Qur’an-Hadis.” Ulumuna 15 (1): 119–40. https://doi.org/10.20414/ujis.v15i1.212.

Fatha Pringgar, Rizaldy, and Bambang Sujatmiko. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa.” Jurnal IT-EDU 05 (01): 317–29.

Fatimah, Eka Restiani. 2021. “Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget Dan Al-Ghozali ).” Jurnal Alayya 1 (1): 4.

Fauziddin, Moh. 2018. “Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.” Universitas Pahlawan Tuanku Tambusi 2 (2): 162–69. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76.

Haerul Akmah. 2021. “Mendidik Anak Sholat Ala Rasulullah SAW.” Fakultas TArbiyah Universitas Darussalam Gontor. 2021.

Hanita, H. 2020. “Fase Aspek Perkembngn Anak Usia Dini Dalm Kaian Alquran Dan Hadis.” Jurnal Edukasi Anak Usia Dini JEA VOLUME (ISSUE 1 JANUARI-JUNI 2020): 29–30.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. medan: Perdana Publishing.

Mubarok Abu Hazim. 2012. Terjemah Fathul Qorib. jawa barat: Mukjizat.

Nur‘Aisyah, H. 2021. “Jurnal Pendidikan Anak , Volume 10 ( 1 ), 2021 , 42-49 Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak 10 (1): 43.

Nur, Lutfi, Anne Hafina, and Nandang Rusmana. 2020. “Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10 (1): 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50.

Sit, Masganti. 2017. Psikologi Pekembangan. Depok: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i1.7545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Homsani Homsa Nasution, Zayyana Zahrotul Fitri




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205