Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Berkebun di Halaman Sekolah
Dwi Nurjannah
(Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Wahyu Wahyu
(STIT Al-Washliyah Aceh Tengah, Indonesia)
Dewi Purnama Sari
(STIT Al-Washliyah Aceh Tengah, Indonesia)
Wulan Suci Maghfirah
(STIT Al-Washliyah Aceh Tengah, Indonesia)
Ike Oktanira
(STIT Al-Washliyah Aceh Tengah, Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di TK Swasta Simehate. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Objek penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan di melalui kegiatan berkebun di halaman sekolah. Adapun temuan hasil penelitian, berdasarkan tahapan kegiatan yang dilakukan, ternyata kegiatan tersebut memberikan nilai yang dapat membangun lingkungan anak, kepribadian yang peduli terhadap gerak kognitif, emosional, dan psikomotorik. Kognisi melibatkan proses mengetahui, memahami, dan merawat berbagai jenis tanaman untuk keindahan lingkungan. Emosi meliputi sikap mental, emosi, dan kesadaran lingkungan. Aktivitas psikomotorik meliputi banyak aktivitas fisik dalam perjalanan aktivitas anak, seperti menggali tanah, mengangkat tanaman, dan menanam di air. Hal ini secara tidak langsung melatih otot anak dan tentunya membantu perkembangan fisik anak. Selain menjaga lingkungan, kegiatan tersebut memiliki banyak nilai karakter yang dapat dioptimalkan. Nilai-nilai karakter yang muncul dengan memperhatikan lingkungan adalah disiplin, ketekunan, kreativitas, kemandirian, rasa ingin tahu, kepedulian sosial, dan tanggung jawab.
Cahyono, G. (2017). Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran dan Hadits. Jurnal Dosen IAIN, Vol 1 (1), 1-10.
Hardati, P. (2015). Pendidikan Konservasi. Semarang: Magnum Pustaka Utama.
Harlistyarintica, Y., & dkk. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik Di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 6 (1). 20-30.
Herdianing, M., & Syarief, A. (2020). Desain Sarana Berkebun dan Bermain Untuk Anak Usia 4 – 6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain, Vol 1 (1), 1-10.
Heri, G. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Musfiroh, T. (2010). Modul Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mustofa, A. (2000). Kamus lingkungan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Suryani, L., Tute, K. J., & Aje, A. U. (2019). Penumbuhan Karakter Cinta Lingkungan Hidup melalui Kegiatan di Organisasi Anak Cinta lingkungan Kabupaten Ende NTT. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, Vol. 4 (2). 23-34.
Suyadi. (2017). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini (dalam Kajian neurosains). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.