Dampak Pembelajaran Daring pada Karakter Anak Usia Dini

Rita Kencana (STAI AULIAURRASYIDIN, Indonesia)
Ali Wardhana Manalu (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga-Barus, Indonesia)
Sutria Ningrum (STAI Auliaurrasyidin)
Yusnita Yusnita (STAI Auliaurrasyidin, Indonesia)
Lisa Dwi Wijayanti (STAI Auliaurrasyidin, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui dampak pada pembelajaran daring melalui karakter anak usia dini. Tidak sedikit ditemukan bahwa faktor yang ditimbulkan dari pembelajaran daring dapat menentukan macam-macam karakter anak usia dini yang berbeda. Mulai dari sikap kecanduan anak berlama-lama bermain, terutama pada gadget dan tidak fokus pada pembelajaran. Hal ini disebabkan proses yang tidak efektif dari pembelajaran daring. Namun, ada juga dampak yang baik dari adanya pembelajaran daring ini, salah satunya anak usia dini sejak saat ini dapat berpartisipasi dalam kegiatan belajar dari mana saja. Serta anak usia dini bisa leluasa melakukan belajar kapan saja dengan mengulang materi yang telah dipelajari karena adanya gadget yang menyimpan data yang telah dipelajari. Maka, karakter anak usia dini juga harus diperhatikan selama proses pembelajaran daring itu dilakukan. Guna meminimalisir pengaruh negatif yang mungkin akan terserap oleh anak. Dari kemudahan mengakses sumber-sumber pembelajaran justru anak juga mudah mengakses hal-hal di luar batasan. Untuk itu guru sangat ditekankan untuk lebih konsisten dalam mengajarkan anak usia dini, serta peran orang tua juga sangat dibutuhkan untuk selalu memperhatikan gerak anak selama proses itu. Penelitian ini mengukur pada semua aspek dari dampak pembelajaran daring, yaitu: positif dan negatif.

 


Full Text:

PDF

References


Allessandro, Kristina. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Satya Widya, XXXVII(1), 54-61.

Asma Hasan Fahmi, 1979, Mabadiut Tarbiyyatil Islamiah, terj. Ibrahim Husain, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Bulan Bintang).

https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/

Cucu Rahayu, Jumira Warlizasusi, Ifnaldi Ifnaldi, Dina Khairiah, (2022). Concept analysis of the independent learning curriculum in the mass of covid 19 at early childhood education institutions, Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 25-37.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1991. (Jakarta: Balai Pustaka,)

Leni Indriani, Dina Khairiah, Ali Wardhana Manalu, (2021). Strategi Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Masa Pendemi Covid-19, Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 3 (1), 38-47.

Silva Ardiyanti, Dina Khairiah, Hakikat Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Kualitas Diri Pada Anak Usia Dini, BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, Vol 1, No.2, 167-180.

Supriadi, 2006. Etika dan Tanggung Jawab Profesi Hukum di Indonesia, (Jakarta: Sinar Grafika,).

Suharwadi K. Lubis, 1994, Etika Profesi Hukum, (Jakarta: Sinar Grafika,)

Marzuki, Etika dan Moral Dalam Pembelajaran¸ PKn-FIS-UNY, marzukiwafi@yahoo.co.id .

Samsul Nizar.2002. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta ; Ciputat press.).

Sardiman,2010, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada).




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205