Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Penggunaan Media Sosial pada Anak Usia Dini

Irda Suriani (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penggunaan media sosial yang ditampilkan siswa di sekolah sangat mengganggu proses belajar siswa. Sehingga berdampak terhadap perilaku siswa berupa siswa kurang memahami kelemahan dan kelebihan serta kemampuan yang dimilikinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh layanan informasi terhadap penggunaan media sosial  pada anak usis dini. Jumlah populasi 292 siswa dan sampel.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mengetahui hubungan variabel bebas (Layanan Informasi) dengan variabel terikat (Penggunaan Media Sosial). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup. Dari analisis data telah terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap penggunaan sosial media. Hal ini ditunjukkan dengan korelasi yang diperoleh dari perhitungan korelasi Product Moment (rhitung = 0,988>  rtabel 0,312) dan (thitung = 6,383>  ttabel = 1.685). Adanya Pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap penggunaan media sosial siswa yaitu sebesar 97,6% yang berarti sangat kuat dan selebihnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0ditolak

Penggunaan media sosial yang ditampilkan siswa di sekolah sangat mengganggu proses belajar siswa. Sehingga berdampak terhadap perilaku siswa berupa siswa kurang memahami kelemahan dan kelebihan serta kemampuan yang dimilikinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh layanan informasi terhadap penggunaan media sosial  pada anak usis dini. Jumlah populasi 292 siswa dan sampel.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mengetahui hubungan variabel bebas (Layanan Informasi) dengan variabel terikat (Penggunaan Media Sosial). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup. Dari analisis data telah terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap penggunaan sosial media. Hal ini ditunjukkan dengan korelasi yang diperoleh dari perhitungan korelasi Product Moment (rhitung = 0,988>  rtabel 0,312) dan (thitung = 6,383>  ttabel = 1.685). Adanya Pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap penggunaan media sosial siswa yaitu sebesar 97,6% yang berarti sangat kuat dan selebihnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak

Full Text:

PDF

References


Armstrong,T.(2003).SekolahParaJuara(MenerapkanMultipleIntelegencesdiDuniaPendidikan).Penerjemah:YudhiMurtanto.Bandung:PenerbitKaifa.Gutama.(2002).“KecerdasanSpiritualdalamMembentukPerilakuAnak”.JurnalIlmiahAnakDiniUsia.Vol.02.Hal.3237.Jalal,F.(2002).“PendidikanAnakUsiaDiniPendidikanyangMendasar”.JurnalIlmiahAnakDiniUsia.Vol.03Hal.48. Kartadinata, S, dkk. (1998). Bimbingan di Sekolah Dasar. Direktorat JenderalPendidikanTinggi.DepartemenPendidikandanKebudayaan.Muro, J.J. & Kottman,T. (1995). Guidance and Counseling in the ElementaryandMiddleSchools.Iowa:BrownandBenchmarkPublisher.Natawidjaja,R.(1987).Pendekatan-pendekatandalamPenyuluhanKelompokI.Diponegoro:Bandung.Nurihsan,J.(2003)Dasar-dasarBimbingandanKonseling.Bandung:Mutiara.Shertzer & Stones. (1980). Fundamentals of Counseling. Boston: HoughtonMifflin Company.Surya, M (1988). Pengantar Bimbingan Karier. Publikasi Jurusan PPB FIPIKIPBandung.Armstrong,T.(2003).SekolahParaJuara(MenerapkanMultipleIntelegencesdiDuniaPendidikan).Penerjemah:YudhiMurtanto.Bandung:PenerbitKaifa.Gutama.(2002).“KecerdasanSpiritualdalamMembentukPerilakuAnak”.JurnalIlmiahAnakDiniUsia.Vol.02.Hal.3237.Jalal,F.(2002).“PendidikanAnakUsiaDiniPendidikanyangMendasar”.JurnalIlmiahAnakDiniUsia.Vol.03Hal.48. Kartadinata, S, dkk. (1998). Bimbingan di Sekolah Dasar. Direktorat JenderalPendidikanTinggi.DepartemenPendidikandanKebudayaan.Muro, J.J. & Kottman,T. (1995). Guidance and Counseling in the ElementaryandMiddleSchools.Iowa:BrownandBenchmarkPublisher.Natawidjaja,R.(1987).Pendekatan-pendekatandalamPenyuluhanKelompokI.Diponegoro:Bandung.Nurihsan,J.(2003)Dasar-dasarBimbingandanKonseling.Bandung:Mutiara.Shertzer & Stones. (1980). Fundamentals of Counseling. Boston: HoughtonMifflin Company.Surya, M (1988). Pengantar Bimbingan Karier. Publikasi Jurusan PPB FIPIKIPBandung.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205