Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini

Nurul Zahriani Jf (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
Khairul Azmi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai strategi pembelajaran aktif pada anak usia dini. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan library research. Teknik pengumpulan data: menelaah sumber yang releven sesuai kajian penelitian yang dilaksanakan. Adapun analisis data yang digunakan content analisys. Hasil temuan menunjukkan strategi pembelajaran aktif peserta didik dapat memahami dengan mudah maupun menyerap pembelajaran dengan cepat sehingga mereka tidak merasa bosan. Karena belajar merupakan suatu kesenangan yang besar bagi mereka. Strategi pembelajaran aktif memungkinkan peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran, baik dalam bentuk interaksi antara peserta didik maupun peserta didik-guru dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran positif untuk anak usia dini meliputi: (1) Strategi BCCT; (2) Lempar Bola; (3) Strategi Brainstorming; (4) Strategi Pengulangan Cerita Aktif; (5) Strategi Rekam Jejak;(6) Strategi Berbasis masalah. Pentingnya strategi pembelajaran aktif bagi anak usia dini agar anak memperoleh rangsangan atau situmulus dengan lebih baik dimana dalam prosesnya anak terlibat secara langsung mengkontruksikan pengetahuannya.

Full Text:

PDF

References


Aziz, S. (2017). Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini Panduan Bagi Guru, Orangtua, Konselor, dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Dina Khairiyah, (2019). Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral Dan Agama Anak Usia Dini, Jurnal Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 7 (2). 175-187.

Hafizah, Y., Hartati, S., & Saridewi. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Active Learning Terhadap Perkembangan Sains Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5 (2), 233-237 https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3769.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Anak Usia Dini. Insania, 23 (2), 110-120 https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291.

Helnita. (2020). Analisis Startegi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Belajar Dari Rumah. DIDAKTIS 5: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, (pp. 45-59). Medan: Universitas Negeri Medan.

Mulyasa, H. (2012). Manajemen PAUD . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuraeni. (2017). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA “PRISMA SAINS", 2 (2), 143-152.

Perapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana.

Sit, M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Susanto, A. ( 2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini, H. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif: Implementasi dan kendalanya di Dalam Kelas. Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi (pp. 40-50). Semarang: KIP UNS.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205