Model Pembelajaran Sentra Pendidikan Anak Usia Dini di KB Al – Falah Kota Gunungsitoli

Dina Khairiah (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Dinta Ismayana Kurinci ()

Abstract


Pendekatan BCCT merupakan sebuah penghampiran penyelenggaraan  dalam forum PAUD yang tertuju dalam anak pada mana proses pembelajaran dilakukan pada aktivitas pusat–pusat main dan ruang lingkup memakai empat jenis pijakan (scaffolding) buat menstimulasi perkembangan anak. Proses pembelajaran pusat mencakup penempatan lingkungan main, penyambutan anak, main pembukaan, transisi, aktivitas inti dimasing-masing grup yang mencakup pijakan sebelum main, pijakan selama main, pijakan selesainya main, makan bekal bersama, dan aktivitas epilog buat menuntaskan segala aktivitas yang sudah dilakukan. Ancangan ini dilaksanakan menggunakan memakai pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi masalah turun eksklusif pada lapangan. Data yang terkumpul berupa data kualitatif berupa warta yang dihasilkan berdasarkan asal-asal informan pada sekolah tersebut. Hasil berdasarkan penelitian grup ini menerangkan bahwa sekolah melakukan pusat-pusat dalam setiap aktivitas, sebagai akibatnya anak eksklusif mencicipi aktivitas pusat tersebut. Dari apa yang sudah dihasilkan proses pembelajaran menggunakan cara ini sangat mudah dan, sebagai akibatnya anak usia dini sanggup menempatkan diri dalam posisi yang benar.

Full Text:

PDF PDF

References


Asmawati, L, Dkk,. (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Asmawati, L. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Rosda: Bandung.

Aziz, A. (2017). Implementasi Inovasi Pada Model-Model Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Pengasuhan Anak (TPA) Serama Kementerian Kesehatan RI. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11 (2), 201-214.

Dina Khairiah, (2018) Perkembangan Fisik, Intelegensi, Emosi dan Bahasa AUD, Vol 1, edisi 1. Jurnal Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1 (1), 1-17.

Muhsinin. 2017. Efektifitas Pembelajaran Sentra Di Kecamatan Trowulan Mojokerto. Yogyakarta. Tersedia Di Http:Jurnal.Stitnualhikmah.Ac.Id/Index.Php/Seling/Article/View/123. Diakses Pada Tanggal 09 Desember 2021

Munawaroh, D. 2015. Pelaksanaan Model Sentra Dan Lingkaran Dalam Kegiatan Main Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Rumah Ibu Jongkok Sariharjo Ngangklik Sleman Yogyakarta.Yogyakarta. Tersedia Http://Www.Google.Co.Id//Url?=T&Source=Web&Rct=J&Url=Http//Epriants.Uny.Ac.Id/18819/1/TAS-Dewi Diakses Pada Tanggal 09 Desember 2021

Mutiah, Pisikologi Bermain Anak Usia Dini (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2012). H. 113.

Suyadi.(2010). Psikologi Belajar PAUD.Yogyakarta: PEDAGOGI.

Sri Watini, Implementasi Model Pembelajaran Sentra Pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi‟, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4.1 (2019), 110<Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i1.190>. H. 111.

Adianti Ruqoyah, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES ( BCCT ) DAN KEMANDIRIAN TERHADAP KREATIVITAS PAUD Pps Universitas Negeri Jakarta Program Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ). Menurut Undang-Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini Program Pendidikan‟, 10 (2016), 81–98. H. 84.

Pada Pendidikan And Anak Usia, Stkipm Bogor.Ac.Id/Index.Php/Pascho‟, 9.2,52–59. H. 5.

Wulandari, D. 2015. Evaluasi Penerapan Beyond Centers And Circle Time (BCCT) Pada Pembelajaran Kelompok B TK An-Nuur Sleman. Yogyakarta.(Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Pgpaud/Article/Viewfile/314/286) [Diakses Pada Tanggal 19 Juni 2022]

Yuliani Nur Sujiyono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: PT Indeks,2009). H. 216.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205