Studi Kasus Dampak Game Online Terhadap Perilaku Agresif Anak di Kab Padang Lawas Sumatera Utara

Nur Sukma Putri Hasibuan (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Ichsan Djalal Djalal (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Mhd Akbar Hasibuan (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari game online terhadap perilaku agresif anak. Penelitian ini merupakan representative dari hasil penelitian sebelumnya terkait pengaruh game online terhadap tingkat kekerasan oleh anak anak dan remaja di provinsi sumatera utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada satu anak laki laki. Dari penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada dampak yang timbul dari bermain game online terhadap perilaku agresif anak. Dampak itu terjadi baik dari perilaku mengarah ke kerasan fisik maupun verbal. Orang tua sebaiknya mengontrol anak dalam memegang telepon pintar, memperhatikan apa yang dilakukan anak serta memberikan anak batasan dalam bermain telpon pintar banyak dampak yang dtimbulkan telepon pintar ini baik itu segi negatif maupun positif. Anak anak adalah manusia peniru apa yang ia saksikan akan menjadi stimulus bagi otak anak. Diharapkan untuk para orang tua benar benar memperhatikan anaknya apalagi orang tua yang sudah memberikan kebebasan kepada anaknya untuk bermain telepon pintar ini.


Full Text:

PDF

References


Rika.A.A. 2016. Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja Di Samarinda. Ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id. issn : 2502-597.

Hafizha Fasya, Satriawan, Alfiana, Ayu Friska Amelia,. Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Agresivitas Anak-anak dan Remaja di Kota Makassar (Studi Kasus di Kecamatan Tallo). Vol. 1 No. (2): 127-134, Desember 2017 P-ISSN: 2579-7859, E-ISSN: 2579-7867 Universitas Hasanuddin.

Christiana Reali ,. Yunisa Dwi Anggraini,. Pengaruh game kekerasan terhadap Perilaku agresif anak. ISSN : 2502-5554 Vol . 1 , No . 1 , Januari 2016

Dina Khairiah, Ali Wardhana Manalu, (2021). FILSAFAT PAUD: Kajian Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih, BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1 (1), 32-46.

Haqq, T. A. 2016. Skripsi. Hubungan Intensitas Bermain Game Online Terhadap Agresivitas Remaja Awal di Warnet “A, B, dan C” Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Musthafa, Ananda Erfan. 2015. Skripsi. Pengaruh Intensitas Bermain Game Online dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Anak. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Sihaloho Mega Sriulina, Suwu Evie A. A., Mumu Rudy, kajian game online terhadap anak di bawah umur Kelurahan bahu kecamatan malalayang kota manado (studi kasus pada anak di bawah umur 12 tahun). Jurna Holistik, 13(1), 1-11




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205