Hubungan Perhatian Orangtua terhadap Perkembangan Moral Sosial pada Anak Usia Dini

Ahmad Afandi (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Ihsan Mulia Siregar (UIN Sunan Kalijaga yogyakarta, Indonesia)
Leni Indriani (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perhatian orangtua terhadap perkembangan moral sosial pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 responden merupakan orangtua yang memiliki anak usia dini di PAUD Anak Ki Do Hamoraon Desa Bandar Tarutung. Teknik analisis data menggunakan aplikasi (statistical product and service solutions) SPSS versi 23.  Hasil Penelitian menunjukan hasil thitung perhatian orangtua sebesar 6.991, ttabel sebesar 2.00958 (thitung > ttabel) dan signifikan 0,000 < 0,05. Jadi, disimpulkan bahwa perhatian orangtua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan moral sosial anak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber acuan dan referensi bagi peran orangtua dalam memberikan perhatian kepada anak, agar dapat mengembangkan moral sosial mereka. Kepada orangtua diharapkan dapat mengontrol, memberikan arahan dan juga bimbingan terhadap perkembangan sosial serta meminimalisir dampak negatif yang dapat ditimbulkan.

Full Text:

PDF

References


Amalia, I. R., Khamdun, & Fathurohman, I. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di Desa Wonorejo Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1271–1280.

Azuna, A., & Hasibuan, R. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Sebagai Motivator Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Lamongan. Early Childhood Education and Development Journal Program Studi PG-PAUD Universitas Sebelas Maret, 3(1), 13–26.

Damsy, Y. J., Supriadi, & Rivaei, W. (2020). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Sikap dan Perilaku Menyimpang Anak. FKIP Universitas Tanjungpura, 1(1), 1–11.

Dwiyanti, R. (2013). Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Anak (Kajian Teori Kohlberg). Prosiding Seminar Nasional Parenting, 161–169.

Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500

Hasibuan, R. H., . V., & Tursina, A. (2021). Media Audio Visual : Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117. https://doi.org/10.25078/pw.v6i2.2295

Herawati, T., Pranaji, D. K., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435

Musyarofah. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016. Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122.

Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19285

Sholikah, U. H. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Peningkatan Moral Anak Usia 7-12 Tahun Di Desa Durenan Kecamatan Sidorejo Magetan. Skripsi :Fakultas Ushuludin, Adab, Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno. (2020). Konsep Penguatan Nilai Moral Anak Menurut Kohlberg. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 58–67. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.124




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i1.5005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205