ANALISIS PERILAKU HEDONISME TERHADAP GAYA KONSUMTIF MAHASISWA

Ayu Normalita Mujiono (UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia)
Rofiqotul Aini (UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia)

Abstract


Perilaku hedonisme semakin marak dalam dunia perkuliahan. Dengan datangnya perkembangan tekhnologi, membuat para pebisnis meningkatkan sarana pemasarannya. Munculnya berbagai trend terbaru membuat resah para mahasiswa dikarenakan adanya beberapa mahasiswa yang belum sepenuhnya bisa mengontrol emosi serta menahan nafsunya untuk tidak membeli barang-barang trend yang belum di butuhkan. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku hedonisme serta mengetahui adanya sifat hedonisme yang tumbuh dalam diri mahasiswa UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Fokus penelitian ini pada Angkatan 2021 program studi Pendiddikan Agama Islam di Kelas C. Dalam Penelitian ini, metode yang diterapkan adalah menggunakan mix method (Kualitatif dan kuantitatif campuran) dengan memakai kuisioner online serta menggunakan kajian literaturr seperti buku, jurnal-jurnal ilmiah yang sesuai dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini yaitu tidak adanya mahasiswa yang sepenuhnya memiliki atau tumbuh dalam dirinya sifat hedonisme. Namun terdapat tanda-tanda bahwasanya mahasiswa bisa bersifat hedon akan tetapi dapat menahannya dengan baik.


Keywords


Hedonisme, Mahasiswa, Konsumtif

Full Text:

PDF

References


‘Ainul Yaqin, Muhammad. (2022). “Penggunaan Media WhatshApp pada Pembelajaran Maharah Kalam Bahasa Arab pada Mahasiswa PBA IAI Al-Qodiri Jember”. Jember: Jurnal Al Qodiri, Vol. 20, No. 2, Agustus.

Abdurrahman et al. (2023). ” Menarik Mahasiswa Baru: Sumber Informasi dan Faktor Dalam Memilih Perguruan TinggiKeagamaan Islam di Indonesia”. Jember: Jurnal Al-Qodiri, Vol. 20, No. 3, Januari.

Adriansah, Adriansah, Hana Uswatun Hasanah. (2023). “Pengetahuan Teknologi Internet dan Sistem Aplikasi dalam Perspektif Ekonomi Islam terhadap Minat Belanja Online’’. Purwakarta: Jurnal Muttaqien, Vol.4, No. 1, Januari).

Azizah, Fatia Nur Azizah, Endang Sri Indrawati. (2015). “Kontrol Diri Dan Gaya Hidup Hedonis Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro”. Semarang: Jurnal Empati, Vol. 4, No. 4, Oktober.

Firda Mufidah, Elia, Peppy Sisca Dwi Wulansari. (2018). “Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Pascasarjana di Media Sosial”.Malang: Jurnal Konseling Indonesia, Vol. 3, No. 2, April.

Gule, Yosefo. (2021). “Studi Teologi-Etis Hubungan Perilaku Korupsi sebagai Dampak Sikap Hidup Hedonis”. Sumatra Utara: Jurnal Kontekstualita Sosial Keagamaan, Vol. 36, No.1.

Ismail, Maryam. (2019). ”Hedonisme dan Pola Hidup Islam”. Makassar: Jurnal Ilmiah Islamic Resources, Vol. 16, No. 2, Desember.

Jennyya, Vionnalita, Maria Heny Pratiknjo, Selvie Rumampuk. (2021). “Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi”.Ratulangi: Jurnal Holistik, Vol. 14, No. 3, September.

Masluchah, Luluk. (2023). “Hubungan Intelligence Quotient Dan Kecerdasan Emosi Dengan Problem Solving”. Jombang: Jurnal Al Qadiri, Vol. 20, No. 3, Januari.

Nur Fitria, Tira, Iin Emy Prastiwi. (2020). “Budaya Hedonisme dan Konsumtif dalam Berbelanja Online Ditinjau dari Perpektif Ekonomi Syariah”. Indonesia: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 6, No.3.

Raisya Fitri Effendi, Sitti. (2017). “Analisis Perilaku Gaya Hidup hedonism Mahasiswa PTN “X” berdasarkan metode regresi logistik ordinal”. Skripsi Departemen Statistika. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sari Setianingsih, Eka. (2018). “Wabah Gaya Hidup Hedonisme Mengancam Moral Anak”. Semarang: Journal Universitas PGRI Semarang, Vol. 8, No. 2, Desember.

Sastria Putra, Syarif. (2020). “Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Gaya Hidup Hedonisme Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas islam Riau”. Skripsi: Riau: Perpustakaban Universitas islam Riau.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v9i1.7951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ayu Normalita Mujiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats