UPAYA GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN LITERASI DIGITAL DI MA CENDEKIA BANGSA PEKANBARU

Rifdah Sabrina (Postgraduate State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)

Abstract


Penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk meneliti implementasi literasi digital di Madrasah Aliyah Cendekia Bangsa Pekanbaru. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research), lokasi yang dijadikan objek penelitian adalah MA Cendekia Bangsa Pekanbaru  yang beralamat di jalan kubang KM.3 Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia. Informan penelitian ini Kepala MA Cendekia Bangsa Wakil Kepala bagian Kurikulum MA Cendekia Bangsa, dan Guru PAI MA Cendekia Bangsa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dapat disimpulkan hasil pembahasan tentang upaya guru PAI mengimplikasikan Literasi Digital di MA Cendekia Bangsa Pekanbaru antara lain: (1) Menggunakan sarana dan prasarana, (2) Menggunakan Hardware, (3) Menggunakan Smartphone, (4) Menggunakan link-link pembelajaran, (5) Menggunakan aplikasi dalam pembelajara, dan (6) Memanfaatkan media sosial.

Keywords


Upaya guru PAI, implementasi literasi digital.

Full Text:

PDF

References


Alexander, B., Adams Becker, S., and Cummins, M. (2016). Digital Literacy: An NMC Horizon Project Strategic Brief. Volume 3.3, October 2016. Austin, Texas: The New Media Consortium, h.15.

Anggrasari, Liya Atika., 2020,“Penerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal,” dalam Remiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.

Beetham, H., and R. Sharpe, 2007, “appendix for prompts taxonomy: Rethinking Pedagogy for a Digital Age: Designing for 21st”, Century Learning.

Boehncke, G. Marci., T. Vogel Technical, 2018, “Digital Literacy And Inclusion: The Impact Of Theory And Practice In Teachers’ Education University Of Dortmund (Germany)” dalam Researchgate.

Darajat, Rafi, et al, 2019, “Upaya guru pendidikan agama Islam ( PAI ) dan budi pekerti dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti dosen Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al Hidayah Bogor.

G. Marci-Boehncke, T. Vogel, 2018, “Digital Literacy And Inclusion: The Impact Of Theory And Practice In Teachers’ Education” dalam ResearchGate.

Hanik, Elya Umi., 2019 “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah” dalam Elementary, Volume 8 Nomor 1.
Hazel B. Baterna, Teodolyn Deanne G. Mina, Danilo V. Rogayan Jr., 2020, “Digital Literacy of STEM Senior High School Students: Basis for Enhancement Program”, dalam International Journal of Technology in Education, Volume 3, Issue 2, h.115

Hidayata, Nandang., dan Husnul Khotimah, 2019, “pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran”, Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar Volume 02, Nomor 01.

Hutapea, E, 2019, “Dapatkah Internet Jadi Solusi Meningkatkan Literasi Indonesia?”, dalam Kompas.Com.

Kaeophanuek, Siriwatchana., Jaitip Na-Songkhla, and Prachyanun Nilsook, 2018, “How to Enhance Digital Literacy Skills among Information Sciences Students”, dalam International Journal of Information and Education Technology, Vol. 8, No. 4

Kemendikbud, S. G. L. S, 2019, “Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Cetakan II)”, dalam Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kim Kyu Tae., 2018, “The Structural Relationship Among Digital Literacy, Learning Strategies, And Core Competencies Among South Korean College Students” Dalam Educational Sciences: Theory & Practice, h.17-18.

Kurniawan, Hendra., 2019, “Literasi Digital bagi Generasi Milenial Melalui Website” dalam Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat

Lase, 2019, “Pendidikan di era revolusi industri 4.0.”, SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.

Lestari, Iis Dewi. “Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (Ict) Di Sdn Rri Cisalak.” Sap (Susunan Artikel Pendidikan) 3.2 (2018):137– 42

Lilian Anthonysamy & Ah Choo Koo & Soon Hin Hew, 2020, “Self-regulated learning strategies in higher education: Fostering digital literacy for sustainable lifelong learning”, dalam Education and Information Technologies.

Lutfi, Aida Sumardi, Farihen, Dan Gina Ilmia, 2020, “Pendampingan Kegiatan Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19,” Dalam Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta.


Maphosa, Cosmas., Sithulisiwe Bhebhe, 2019, “Digital Literacy: A Must For Open Distance And E-Learning

Masnunah, 2018, “Media Realia Dan Media Maya Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Sd” Dalam Jurnal Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan), H.52-53 Mulyasa, Ecols, 2003,“Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi” Bandung: Remaja Rosdakarya 93.

Suherdi, Devri, 2021, “Peran Literasi Digital di Masa Pandemik”, (Cattleya Darmaya Fortuna), h.15

Sintawati, Mukti, and Fitri Indriani, 2019, “Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Di Era Revolusi Industri 4.0.” Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) : 17- 22. http://jayapanguspress.org.

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktifitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian dan Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117- 135.

Tim Penyusun Kamus PPPB Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua (Jakarta: Balai Pustaka, Tim Penyusun Kamus PPPB, 1996), 427.

Wahyu Aji Pratama, Sri Hartini dan Misbah, 2019, “Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology”, dalam Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Volume 6, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v8i2.4855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats