STRATEGI PEMASARAN RUMAH MAKAN DALAM MENINGKATKAN KONSUMEN (Studi Rumah Makan Porang Goti)

Warni Lubis (UIN SYAHADA PADANGSIDIMPUAN, Indonesia)
Azwar Hamid (UIN SYAHADA PADANGSIDIMPUAN, Indonesia)
Adanan Murroh Nasution (UIN SYAHADA PADANGSIDIMPUAN, Indonesia)

Abstract


Fenomena ataupun kejadian yang dapat di rasakan langsung oleh peneliti yaitu, Rumah makan dengan desain bangunan yang sederhana dan tidak mewah, pelayanan yang biasa, dan penjualan produk yang hanya menggunakan strategi mulut ke mulut saja, menyebabkan masih kurangnya omzet sebagaimana yang diharapkan dan yang telah direncanakan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi pemasaran Rumah Makan Porang dalam meningkatkan pelanggan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori jual beli, strategi pemasaran yaitu, strategi pada tingkat perusahaan dan strategi pada tingkat bisnis, konsep pemasaran, tingkatan pemasaran, tujuan pemasaran juga membahas konsumen, Rumah makan, Restoran formal dan informal, dan juga membahas kekuatan dan kelemahan Rumah makan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan sumber data primer. Subjek penelitianya yaitu, pemilik Rumah makan, Karyawan, dan Konsumen Rumah Makan Porang. Dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dilanjutkan dengan wawancara menggunakan sistem pencataatan, voice recording dan dokumentasi (handphone). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Rumah Makan Porang dalam meningkatkan pelanggan yaitu dengan menggunakan strategi marketing mix 4P (produc, price, place, and promotion). Yaitu strategi produk, harga, tempat, dan promosi. Strategi produk yang diterapkan yaitu menjual makanan dengan ciri khas masakan Mandailing, begitu juga dengan harga yang ditawarkan terjangkau. Rumah Makan Porang menempati lokasi yang cukup strategis tepat di pinggir jalan raya lintas Sumatera sehingga  mempermudah konsumen dari dalam dan luar daerah untuk makan di sana.

 

Kata Kunci: Rumah Makan, Produk, Harga, Tempat, Promosi

 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahmat Fathoni. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2011.

Ali Hardana dkk. “Pelatihan Manajemen Usaha dalam Meningkatkan Usaha UMKM Kuliner.” Febi/ UIN Syahada Padangsidimpuan, Jurnal Medani Pengapdian Masyarakat, Vol.01, No.02, (Agustus 2022).

Asep Hermawan. Penelitian Bisnis Pradigma Kuantitatif. Jakarta: PT Grasindo, 2009.

Abdi Patria. “Restoran.” Publication Unit Article Vol.2, No.10, (2011).

Ade Priangani. “Memperkuat Manajemen Pemasaran dalam Konteks Persaingan Global,” Jurnal Kebangsaan, Vol.2, No.4, (2013).

Ahmad Sarwat. Fiqh Jual Beli. Jakarta Selatan: Lentera Islam, 2018.

Akbar Riswandi dkk. “Analisis Strategi Bersaing Rumah Makan (Studi Pada Rumah Makan Darisa Cafe Campus).” Universitas Tadulako, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.2, No.3, (September 2016).

Anggelina Soh dkk. “Makanan Tradisional Nasi Lemak Suku Melayu Sebagai Daya tarik Wisata Kuliner di Kota Batam.” Universitas Internasional Batam, Jurnal ALTASIA, Vol.3, No.2, (2021).

Aris Pasigai. “Pentingnya Konsep dan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UNISMUH Makkasar, Jurnal Ekonomi Studi Pembangunan, Vol.1, No.1, (January 2009).

Beni Ahmad Saebani. Pedoman Aplikatif Metode Penelitian dalam Penyusunan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta Barat: CV PUSTAKA SETIA, 2017.

Basrowi. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia, 2016.

Buchari Alma. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: ALVABETA cv, 2018.

Conny R. Semiawan. Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.

Departemen Agama Republik Indonesia Al-Qur’an dan Terjemahanya. Bandung: CV Penerbit J-ART, 2004.

Dwi Hanadya. “Pindang Makanan Tradisional Palembang Menjadi Salah Satu Daya Tarik Wisata Kuliner dalam Meningkatkan Kunjungan di kota Palembang.” Universitas Politeknik Darussalam Vol. 1, No. 1, (Oktober 2021).

Ernie Tisnawati Sule & Kurniawan Saefullah. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Fajar Tri Hermawan. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian.” STIE Indonesia, 2016.

Hendi Suhendi. Fiqh Muamalah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Ika Atikah. Perlindungan Hak-Hak Konsumen dalam Hukum Negara. Serang Banten: Media Madani, 2020.

Indriyana. Desain Interior Restoran Arma di Ubud. Bali: Institut Seni Denpasar, 2006.

Juliana dkk. “Analisis Pengaruh Service Quality, Food Quality dan Perceived Value Sebagai Predikator Custemer Satisfaction Pada Rumah Makan Ampera Bandung.” Universitas Pelita Harapan, Jurnal Ilmiah Maksitek, Vol.4, No.2, (June 2019).

Jasa Suatma. “Analisis Strategi Inovasi Atribut Produk dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Skuter Metik Merek Honda Vario di kota Semarang.” STIE Semarang, Jurnal STIE Semarang, Vol.5, No.2, (June 2013).

Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’anul Karim dan Tajwid. Surakarta: Qur’an Surah Al-Fatir Ayat 29, 2014.

Khoirul Anwar. Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dalam Angka 2021. BPS Kota Padangsidimpuan, 2021.

Kasmir dan Jakfar. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana, 2010.

Kotler. Marketing Management: Analysis, Planning, and Control. London: Prentice-Hall, Inc., 1980.

M. Fuad dkk. Pengantar Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015.

Marsum A.W. Restoran dan Segala Permasalahanya. Yogyakarta: Cv Alvabeta Bandung, 2005.

Muhammad Firdaus. Manajemen Agri Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Meti Setiawan. “Strategi Personal Selling dalam Konsep Pemasaran Syariah.” Institut Agama Islam Negri Bengkulu, 2020.

Muhammad Yunus dkk. “Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Akad Jual Beli dalam Transaksi Online Aplikasi Go-Food.” Universitas Islam Bandung, Jurnal Ekonomi, Vol.2, No.1, (2018).

Muhammad Yusuf Saleh. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makkasar: Cv Sah Media, 2019.

Mulyadi Nitisusastro. Prilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: ALVABETA CV, 2013.

Noviriyanti. “Strategi Rumah Makan dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen.” IAIN Purwokerto, 2020.

Nasution Amri. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT, Dyza Sejahtera Medan.” Universitas Dharmawangsa, Jurnal Warta, January 2019.

Philip Kotler. Marketing Manajemen. Jakarta: Erlangga, 1997.

Pricilia Malonda dkk. “Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Rumah Makan Baksi Baper Jogja.” Universitas Sam Ratulangi Manado, Jurnal EMBA, Vol.7, No.3, Juli (2019).

Rita Nurmalina dkk. Pemasaran Konsep dan Aplikasi. Bogor: IPB Press, 2015.

Rizki Alim Susanto. “Perancangan Iterior Restoran Tradisional Jawa Timur di Surabaya.” UKP, JURNAL INTRA, Vol.3, No.1 (2015).

Randi Winarta. “Pengaruh Kualitas Layanan Rumah Makan Bromo Asri Terhadap Kepuasan,” Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.1, No.1, (2013).

Sugiyono. Metode Penelitian. Bandung: Al-fabeta, 2015.

———. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: AL-FABETA CV., 2012.

———. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: ALVABETA cv, 2017.

Santiago Faisal. Pengantar Hukum Bisnis. Jakarta: Wacana Media, 2012.

Shobirin. “Jual Beli dalam Pandangan Islam,” Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol.3, No.2, (Desember 2015).

Siti Sakinah. “Pengaruh Produk Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Universitas Muhammadiyah Magelang, 2019.

Soeskarno. Manajemen Food and Beverage. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Sry Nurhayati dkk. “Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pada MR Suprek Susu dan Ayam Geprek Kota Banjar Mesin.” Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, 2011

Siregar Nurafrina dan Hakim Fadillah. “Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan.” Universita Pembangunan Panca Budi, Jurnal Manajemen Tools, Vol.8, No.2, (2017).

Tri Noviani. “Metode Penelitian Kualitatif Obserfasi Lapangan.” Universitas Negri Yogyakarta, 2018.

Wahyu Setio Jati. “Strategi Penerapan Marketing Mix (4P) Pada Pemasaran Produk Uwitan Mooden Craft.” Universitas Islam Indonesia, 2019.

Abdul Hakim. Strategi Pemasaran Rumah Makan dalam Meningkatkan Konsumen, July 25, 2022. Wawancara Goti Saba Bolak.

Apsah. Wawancara dengan Karyawan Rumah Makan Porang, July 25, 2022.

Asila Putri. Wawancara dengan Konsumen Rumah Makan Porang, July 25, 2022.

Muhammad Syarif. Wawancara dengan Karyawan Rumah Makan Porang Goti Padangsidimpuan Tenggara, July 25, 2022.

Observasi pada Rumah Makan Desa Goti Padangsidimpuan Tenggara. Strategi Pemasaran Rumah Makan dalam Meningkatkan Konsumen, March 10, 2022.

Rini Wahyuni. Wawancara dengan Karyawan Rumah Makan Porang, July 25, 2022.

Wawancara dengan Pemilik Rumah Makan Porang Bapak Abdul Hakim, Senin July 25, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.