DETERMINAN PERILAKU BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PADANGSIDIMPUAN

Nisa Rahmadhani Siregar (, Indonesia)
Azwar Hamid (UIN SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN, Indonesia)
Damri Batubara (UIN SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN)

Abstract


ABSTRAK

            Perilaku belanja online menjadi tren yang semakin meningkat dimana dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi, faktor yang mempengaruhi perilaku belanja online  yakni harga, kemudahan, dan kualitas produk. Dimana harga ditoko online mahal karena adanya biaya ongkos kirim, sulitnya penggunaan sistem, dan kualitas produk yang tidak sesuai dengan deskripsi. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana harga, kemudahan, dan kualitas produk  berpengaruh terhadap perilaku belanja online pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah FEBI IAIN Padangsidimpuan.

            Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sumber data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 77 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, realiabilitas,uji normalitas,uji linearitas,uji multikolinaritas,uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (F), uji koefisien determinasi (R²).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor harga, faktor kemudahan dan faktor kualitas produk berpengaruh terhadap perilaku belanja online pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Dan berdasarkan metode analisis yang digunakan yaitu koefisien determinasi (R2) sebesar 83% terhadap perilaku belanja online Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan Sedangkan sisanya 17% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Harga, Kemudahan, Kualitas Produk, Perilaku Belanja Online

 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Nana Herdiana. Manajemen Bisnis Syariah Dan Kewirausahaan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.

Andriani, Arwita Dwi & Christina Menuk Sri. “Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import Di Tempat Biasa Thrift Store Surabaya,” Journal of Sustainability Business Research, Volume 2, No.1, 2021.

Akbar, Aris Syaiful & Muhammad Edwar. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Pembelian Buku Di Sentral Buku Kampung Ilmu Surabaya”, Universitas Negeri Surabaya.

Ardik Praharjo. “Perilaku Pembelian Secara Online Generrasi Milenial Indonesia,” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Media Ekonomi, Volume XIX, No.1 Januari, 2019.

Budi Darma, Statistika Penelitian Menggunakan Spss (Jakarta: Guepedia, 2021).

Dedi Ansari. “Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus”, Jurnal Riset Manajemen Sains,Volume 9, No.2, 2018.

Danu Iswara. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi, UN Yogyakarta, 2016.

Fauzia, Ika Yunia dan Abdul Kadir Riyadi, Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid AlSyariah, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Boedi Abdullah dan Beni Ahmad Saebani. Metode Penelitian Ekonomi Islam Muamalah. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

Dewan Syari’ah Nasional MUI, “Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No: 05/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Jual Beli Salam”,” 2000.

Dwi Priyatno. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: PT Andi Offset, 2014.

Gusti, Fuji Mahayati, dkk. “Persepsi Risiko Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online”. Jurnal Wacana Ekonomi, Volume 20, No.2, 2021 .

Husein Umar. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Isnawati. Jual Beli Online Sesuai Syariah. Jakarta:Rumah Fiqih Publishing, 2018.

Konsultasi Syariah Fikih Belanja Online, “No Title,” Republika.Co.Id, October 18, 2008. http://m.republika.co.id/berita/ekonomi/syariahekonomi/18/10/08/pg8ieo370-konsultasi syariah-fikih-belanja-online., n.d.

Majelis Ulama Indonesia, “Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Hukum Dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial,” 2017.

Morisson. Periklanan: Komputer Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana, 2010.

Mirguna Astuti dan Nurhafifah Matondang. Manajemen Pemasaran UMKM Digital Sosial Media. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Muhammad. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Perss, 2008.

Nasution, Asrizal Efendy dan Linzzy Pratami Putri, ““Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Online,” Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi.

Napitupuluh, Rodame Monitorir. “Pandangan Islam Terhadap Jual Beli Online,” At-Tijaroh 01, no. 02, 2015.

Ni Kadek Devi Aprilia Agustini. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012,” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Volume 9, No.1, 2017.

Pangestu Subagya dan Djarwanto Ps, Statistik Induktif (Yogyakarta : BPFE- Yogyakarta, 2015).

Riyanto, Galuh Putri, “Jumlah Pengguna Internet 2021 Tembus 202 Juta,” (https://Www.Kompas.Com/, Diakses 10 Februari 2022 Pukul 9.27 WIB).

Riduansah. “Pengaruh Kualitas Produk , Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop ( Studi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia Samarinda ) the Influence of Product Quality , Price and Promotion of Online Shop Purchasing Decisions Study”. Jurnal Riset Inosa, Volume 2, No.2, 2020.

Rerung, Rintho Rante. E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta : CV Budi Utama, 2018.

Sari, Chacha Andira. “Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga”. Jurnal Antro Unair, Volume 4, No. 2, 2015.

Suryani Tarik. Perilaku Konsumen Diera Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Timous Febry dan Teofiluas. SPPS Aplikasi Pada Penelitian Manajemen Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia, 2020.

Tamrin Abdullah dan Franciss Tantri. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Winarni, Endang Widi. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.