Analisis Pengaruh Perdagangan International (Ekspor Dan Impor) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Tahun 2018-2022

Dina Devitasari (IAIN Metro, Indonesia)
Eka Khotimah (IAIN Metro, Indonesia)
Lilis Renviana (IAIN Metro, Indonesia)

Abstract


Perdagangan internasional sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Tingkat pertumbuhan ekonomi pada suatu negara dapat dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang merupakan akumulasi dari seluruh jumlah nilai pasar suatu barang atau jasa di suatu negara pada periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak perdagangan internasional terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Penelitian ini mencoba untuk menjawab permasalahan mengenai hubungan tersebut dengan metode pendekatan deskriptif kuantitaitf menggunakan data sekunder atau mengambil data berdasarkan sumber yang tersedia di Badan Pusat Statistik dan literatur lain yang tersedia secara online.

Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa perdagangan internasional (ekspor dan impor) memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal ini sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Hecksher-Ohlin yang mengatakan bahwa perdagangan internasional dipengaruhi oleh perbedaan dalam faktor pendukung. Dalam model ini telah diprediksi jika Negara akan mengekspor komoditas yang dapat digunakan secara terus menerus dan mengimpor barang yang menggunakan faktor yang langka sebagai pemenuhan kebutuhan secara teratur dan terus menerus.

 

Kata Kunci: Perdagangan internasional, Produk domestik bruto, Pertumbuhan Ekonomi


Full Text:

PDF

References


(BPS).

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. (2023). Nilai Ekspor Migas-NonMigas (Juta US$) di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS).

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. (2023). Nilai Impor Migas-NonMigas (Juta US$) di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS).

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. (2023). Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS).

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. (2023). Pertumbuhan PDB di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS).

Fitriani, E. (2019). Analisis Pengaruh Perdagangan Internasional Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 9(1), 17–26. https://doi.org/10.34010/jurisma.v9i1.1414

Ibrahim, H. R., & Halkam, H. (2021). PERDAGANGAN INTERNATIONAL DAN STRATEGI PENGENDALIAN IMPOR.

Manik, M. (2022). Pengaruh Perdagangan Internasional Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 23(2), 13–20.

Perdagangan, P. D. dan S. I. K. (2023). Neraca Perdagangan Indosenia. Pusat Data Dan Sistem Informasi Kementrian Perdagangan RI.

Puspandari, T. (2022). Pengaruh Ekspor Dan Impor Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4968. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i6.275

Yuni, R. (2021). Dampak Perdagangan Internasional Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pada Tahun 2009-2019. Niagawan, 10(1), 65. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.19193


Refbacks

  • There are currently no refbacks.