Layanan Bulk Loan Dispusipda Provinsi Jawa Barat dalam mendukung penyediaan sumber belajar siswa

Annisa Dwi Lestari (Universitas Padjadjaran, Indonesia)
Sukaesih Sukaesih (Universitas Padjadjaran, Indonesia)
Asep Saeful Rohman (Universitas Padjadjaran, Indonesia)

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran mengenai pemanfaatan pelaksanaan layanan bulk loan Dispusipda Provinsi Jawa Barat dalam mendukung penyediaan sumber belajar siswa di SMK Assalam, yang merupakan salah satu program titik layanan perpustakaan yang memberdayakan koleksi yang dimiliki untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luar yang berada diluar gedung Dispusipda Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan pelaksanaan layanan bulk loan dalam mendukung penyediaan sumber belajar telah tereksekusi dengan cukup baik, dimana sebagian besar buku dimanfaatkan oleh siswa sebagai bahan pembelajaran yang berperan dalam mencapai tujuan pembelajaran, namun terdapat juga sebagian kecil buku yang didapatkan tidak sesuai dengan bidang kejuruan di SMK Assalam sehingga tidak dapat secara optimal memanfaatkan buku hasil layanan bulk loan dalam proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan kinerja pelaksanaan layanan bulk loan Dispusipda Provinsi Jawa Barat, maka penulis menyarankan bahwa perlu adanya komunikasi antara tim LTP dengan mitra kerjasama layanan bulk loan untuk membahas serta mendiskusikan mengenai subjek atau bidang ilmu buku yang dibutuhkan sehingga buku yang dipinjamkan dapat secara optimal termanfaatkan dengan baik.


Keywords


Extension Service; Bulk Loan; Partnership; School library; Learning Resources

Full Text:

PDF

References


Andriansyah, Firsada, and Lydia Christiani. 2020. “Efektivitas Interlibrary Loan Dengan Metode Bulk Loan System Bagi Perpustakaan Sekolah Anggota Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah (LTPS) Kota Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 9 (2): 23–32. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/29977.

Ibadati, Zulfa. 2015. “LAYANAN BULK LOAN UPT PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT BLITAR.” Universitas Indonesia. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20422035&lokasi=lokal.

Kurniawan, Khaerudin. 2016. “Minat Baca Masyarakat Jawa Barat: Studi Deskriptif Di Kabupaten Bandung, Subang, Dan Purwakarta.” Jurnal Handayani, 1–12.

Kusumastuti, Adhi, and Ahmad Mustamil Khoiron. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by Fitratun;Sukarno Annisya. Semarang: LEMBAGA PENDIDIKAN SUKARNO PRESSINDO (LPSP). http://lib.unnes.ac.id/40372/.

Perpustakaan Nasional. 2007. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, issued 2007. https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/UU_No._43_Tahun_2007_tentang_Perpustakaan_.pdf.

Purnitasari, Deni. 2017. “Implementasi Kerjasama Untuk Meningkatkan Layanan Perpustakaan (Studi Pada Program Layanan Perpustakaan Keliling Dan Bulk Loan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar).” Universitas Brawijaya.

Sudrajat, Akhmad. 2008. “Konsep Sumber Belajar.” Wordpress.Com, 2008. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/15/sumber-belajar-untuk-mengefektifkan-pembelajaran-siswa/.

Winoto, Yunus, Dian Sinaga, and Rohanda. 2018. Dasar-Dasar Pengembangan Koleksi. Edited by Feresha. Satu. CV. Intishar Publishing.

Yulianingsih, Tanti, and Renta Nirmala Hastutik. 2022. “Daftar Negara Dengan Pendidikan Terbaik Tahun 2022, Ini Posisi Indonesia.” Liputan6.Com, 2022. https://www.liputan6.com/global/read/5051493/daftar-negara-dengan-pendidikan-terbaik-tahun-2022-ini-posisi-indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24952/ktb.v5i1.7399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Annisa Dwi Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is indexed by:

AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is published by UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota Padangsidimpuan 22733

ISSN (PRINTED): 2685-4856 ISSN (ONLINE): 2685-2187

Web Analytics Made Easy - StatCounter
Visitor Stats
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.