Proses dan tahapan pengembangan koleksi (collections development) perpustakaan

Ari Suryadi (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


ABSTRACT

The process and stages of library collection development are things that aim to be known in this research. In this case, there are (six) 6 criteria, namely the criteria for needs analysis, policy making for the development of collection materials, procurement of collection materials (libraries), selection, weeding and evaluation. In this paper used is a qualitative research method with a type of literature study approach. By collecting a variety of previous literature, both from books, articles and research journals regarding the process and stages of library collections development, this is the data collection technique that will be carried out. The data that has been obtained is then organized, interpreted, managed, and analyzed repeatedly, then made in the form of a narrative and arranged systematically so that it can be understood. The data that is ready after that will be compared with one data with other data to get a conclusion. In this study resulted that the stages of the process of developing a collection in the library must be implemented and implemented effectively and well.

 

Keywords: Collection development, library

 

ABSTRAK

Proses dan tahapan pengembangan koleksi (collections development) perpustakaan merupakan hal yang bertujuan untuk diketahui dalam penelitian ini. Dalam hal ini memfokuskan terdapat (enam) 6 kriteria yakni kriteria analisis kebutuhan, pembuatan kebijakan pengembangan bahan koleksi, pengadaan bahan koleksi (pustaka), seleksi, penyiangan serta  evaluasi. Dalam penulisan ini yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian studi literatur. Dengan mengumpulkan berbagai literatur sebelumnya baik itu dari buku-buku, artikel-artikel maupun jurnal-jurnal hasil penelitian mengenai proses dan tahapan pengembangan koleksi (collections development) perpustakaan merupakan yang menjadi teknik pengumpulan data yang akan dilakukan. Data-data yang sudah didapatkan kemudian diorganisirkan, ditafsirkan, dikelolakan, dan dianalisiskan secara berulang-ulang, selanjutnya dibuatkan dalam bentuk narasi dan diatur secara sistematis supaya dapat dimengerti. Data-data yang sudah siap semua setelah itu akan dibandingkan dengan data yang  satu dengan data-data yang lainnya untuk didapatkan sebuah kesimpulan. Dalam penelitian ini menghasilkan bahwa tahapan proses sebuah pengembangan koleksi di Perpustakaan itu harus diterapkan dan diimplementasikan secara efektif dan baik.

 

Kata kunci: Pengembangan koleksi, perpustakaan


Keywords


Library

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bengi, Nuri Ifka. (2021). “Tahapan-Tahapan Dalam Proses Pengembangan Koleksi (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon, Kabupaten Aceh Tengah).” Jurnal Adabiya (23 (1), Februar): 19-37.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif . Graha Ilmu

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta

Yulia, Yuyu. (2014). Pengembangan Koleksi. Universitas Terbuka

Wahyuni, Sri dan Elva Rahmah. (2012). “Pengembangan Koleksi Perpustakaan Di Perpustakaan Kopertis Wilayah X.” Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan (1 (1), September, Seri E): 351-357.

Winoto, Yunus dan Sukaesih. (2016). “Studi Tentang Kegiatan Pengembangan Koleksi (Collection Development) Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Wilayah Priangan Timur Provinsi Jawa Barat.” Jurnal Khizanah Al-Hikmah (4 (2), Juli – Desember): 118-129.

Winoto, Yunus dkk. (2018). Dasar-Dasar Pengembangan Koleksi. Intishar Publishing




DOI: https://doi.org/10.24952/ktb.v4i1.5359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ari Suryadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is indexed by:

AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is published by UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota Padangsidimpuan 22733

ISSN (PRINTED): 2685-4856 ISSN (ONLINE): 2685-2187

Web Analytics Made Easy - StatCounter
Visitor Stats
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.