Kegiatan preservasi di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai salah satu upaya pelestarian pengetahuan masa lampau

Annisa Fitriana Putri (Universitas Padjadjaran, Indonesia)
Dewi Fitriyanti (Universitas Padjadjaran)

Abstract


Museum merupakan lembaga non-profit yang menyimpan benda bersejarah yang kemudian dilestarikan untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan museum khusus yang menyimpan benda bersejarah. Koleksinya perlu untuk dilestarikan atau di preservasi dan perlu dirawat. Tujuan penelitian ini adalah utuk mnengetahui bagaimana kegiatan preservasi koleksi di Museum Benteng Vredeburg dengan banyaknya jenis koleksi yang ada di museum. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan Museum Benteng Vredeburg adalah menggunakan metode kualitatif dan analisis deskriptif dengan di mana penulis menganalisis serta mendeskripsikan segala fenomena yang ditemui. Hasil penelitian menyatakan bahwa preservasi yang dilakukan di Museum Benteng Vredeburg dibagi menjadi dua jenis, yaitu preservasi preventif dan kuratif. Preservasi preventif dilakukan di Museum Benteng Vredeburg adalah good housekeeping, pengawasan secara berkala terhadap suhu dan kelembaban koleksi, pengamanan koleksi, pencegahan kerusakan oleh faktor biologi, fisika, dan dari faktor manusia. Preservasi kuratif yang dilakukan di Museum Benteng Vredeburg adalah dengan melakukan perbaikan dengan bahan kimia pada koleksi lukisan dan berbahan logam, sedangkan pada koleksi kertas melakukan tindakan fumigasi oleh bahan alami dan bahan kimia. Kendala preservasi di museum Benteng Vredeburg diantaranya adalah prosedural untuk mengadakan peralatan koleksi memerlukan jangka waktu panjang.  


Keywords


museum, preservation, konservation, museum benteng vredeburg.

Full Text:

PDF

References


Admin. (2019). Tentang Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Https://Vredeburg.Id/.

Agung, A., & Wulandari, A. (2014). Dasar-Dasar Perencanaan Interior Museum. Jurnal Humaniora, 5(9), 246–257.

Ahmad, T. A., Program, M., Pendidikan, S., & Pascasarjana, S. (2010). Strategi Pemanfaatan Museum Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Zaman Prasejarah. 20(1).

Asaniyah, N. (2019). Pelestarian Koleksi Langka Melalui Restorasi. Buletin Perpustakaan, 2(1), 93–104.

Hermawan, B. (2018). Pelestarian Bahan Pustaka Dengan Sistem Fumigasi: Pengalaman Empiris Di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 1(2), 97–106.

Nurani, S., & Christiani, L. (2019). Preservasi Kuratif Arsip Statis Tekstual Pasca Bencana Alam Letusan Gunung Merapi Tahun 2010 Dalam Upaya Penyelamatan Arsip Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Sleman. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 361–370.

Permanawiyat, W., Sambodo, N., Mas’ad, & Anindyatri, A. O. (2020). Statistik Kebudayaan 2020 (M. P. Dr. Dwi Winanto Hadi (ed.); 1st ed.). Pusat Data dan Teknologi Informasi.

Sedana, I. N., Damayani, N. A., & Khadijah, U. L. S. (2013). Preservasi Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Mengenai Preservasi Preventif Dan Kuratif Manuskrip Lontar Sebagai Warisan Budaya Di Kabupaten Klungkung Bali). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 1(1), 91. https://doi.org/10.24198/jkip.v1i1.9616

Setyaningsih, D. N., & Ganggi, R. I. P. (2017). Preservasi Koleksi Di Perpustakaan Museum Perjuangan Mandala Bhakti Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 361–370.

The International Council of Museums. (2007). Museum Definition. Icom.Museum/.

Wibowo, A. J. . (2015). Persepsi Kualitas Layanan Museum di Indonesia: Sebuah Studi Observasi. Jurnal Manajemen Prasetiya Mulya School of Business and Economics, 15(1), 13–40.




DOI: https://doi.org/10.24952/ktb.v4i1.4338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Annisa Fitriana Putri, Dewi Fitriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is indexed by:

AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is published by UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota Padangsidimpuan 22733

ISSN (PRINTED): 2685-4856 ISSN (ONLINE): 2685-2187

Web Analytics Made Easy - StatCounter
Visitor Stats
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.