Khadijah binti Khuwailid: Womenprenuer di Tengah Diskriminasi Gender pada Zaman Jahiliyah

Naimah Naimah (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia)
Difi Dahliana (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini dilatabelakangi oleh adanya kesenjangan informasi tentang perempuan pada zaman Jahiliyah. Perempuan dikisahkan mengalami diskriminasi dan penindasan. Tetapi beberapa tokoh   perempuan terhormat dalam sejarah ada yang berasal dari zaman Jahiliyah, misalnya Khadijah binti Khuwailid. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Khadijah mendapatkan kesetaraan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pada zaman Jahiliyah. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukanya akses, partisipasi, kontrol dan manfaat bagi Khadijah dipengaruhi oleh dua faktor. Pertama, latarbelakang keluarga Khadijah yang memiliki hak istimewa. Kedua, kepribadian Khadijah yang memiliki sikap mental positif.


Keywords


Khadijah, Womenprenuer, Zaman Jahiliyah.

Full Text:

PDF

References


  • Alimni, A., & Hamdani, H. (2021). Peran Wanita Dalam Dunia Pendidikan Pada Masa Rasulullah SAW. Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.29300/.v3i2.5683
  • Al-Kohlani, S. A. (2018). Improving Educational Gender Equality in Religious Societies: Human Rights and Modernization Pre-Arab Spring. Springer.
  • Anggraini, O., Hariadi, S. S., Partini, P., & Mudiyono, M. (2016). Akses, Kontrol, Manfaat dan Partisipasi Masyarakat Pesisir dalam Program Pengembangan Usaha Mina Perdesaan (Pump) Perspektif Gender. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 40(3), Article 3. https://doi.org/10.31105/mipks.v40i3.2296
  • Anis, R. B. (2019). Asiyah, Maryam and Khadijah as Role Models for Contemporary Muslim Women. IIUM Journal of Human Sciences. https://journals.iium.edu.my/irkh/index.php/ijohs/article/view/13
  • AZ, S. (2020). Pendidikan Perempuan Sebelum Islam. Jurnal Tahdzib Al-Akhlaq, 6(2).
  • Faiza, A. (2022). 11 Kisah Wanita Superhebat di Masa Lalu: Menjadi Wanita Zuhud, Sabar, dan Rendah Hati. PT Elex Media Komputindo.
  • Hadi, F., & Borhan, J. (2019). The Business Success Factors Of Khadijah Binti Khuwailid: Analysis Of The Asnaf Zakat Entrepreneurs In Lembaga Zakat Selangor. Shariah Journal, 21, 117–144.
  • Hanapi, M. S. (2019). From Jahiliyyah To Islamic Worldview: In A Search Of An Islamic Educational Philosophy. International Journal of Humanities and Social Science, 3(2). https://citeseerx.ist.psu.edu/document?repid=rep1&type=pdf&doi=bfd3ce3532040c8e5970b8af69d31fc67de94b8b
  • Hidayati, H. (2020). Pemberdayaan Perempuan pada Masa Rasulullah: Suatu Kajian Historis. DIRAYAH : Jurnal Ilmu Hadis, 1(1), Article 1.
  • Huda, N., & Dahliana, D. (2019). Analisis Gender Pelaksanaan Pendidikan Program Kader Ulama Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin. Antasari Press.
  • Indriyani, N. (2016). Prilaku Bisnis Muhammad Saw. Sebagai Entrepreneur Dalam Filsafat Ekonomi Islam. HUMAN FALAH: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30829/hf.v3i1.154
  • Magdalena, R. (2019). Kedudukan Perempuan dalam Perjalanan Sejarah. Harkat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(1), 13–36.
  • Mu’awanah, S. (2022). Peluang Bisnis Bagi Wanita Di Era Digital Dalam Perspektif Al-Quran: Studi Keberhasilah Khadijah Dalam Berbisnis. Nida’ Al-Qur’an : Jurnal Kajian Quran dan Wanita, 20(1), Article 1.
  • Nurhaeni, I. D. A. (2018). Pedoman Teknis Penyusunan Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS). Australia Indonesia Partnership for Decentralisation. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/4fbbd-pedoman-teknis-penyusunan-gender-analisis-pathway-gap-dan-gender-budget-statement-gbs.pdf
  • Paskua, H. (2020). Pengabdian Khadijah binti Khuwailid kepada Nabi saat turunnya Wahyu Pertama [Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/43629/
  • Saba, I., & Bari, K. (2019). The Role of Women in Business and the Life of Khadija. In Economic Empowerment of Women in the Islamic World: Vol. Volume 1 (pp. 85–100). WORLD SCIENTIFIC. https://doi.org/10.1142/9789811212154_0005
  • Sakai, M., & Fauzia, A. (2022). Women Entrepreneurs, Islam and the Middle Class. In M. Sakai & A. Fauzia (Eds.), Women Entrepreneurs and Business Empowerment in Muslim Countries (pp. 1–43). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-05954-4_1
  • Salim, M. I. (2022). Perempuan-Perempuan Mulia di Sekitar Rasulullah. Gema Insani.
  • Sani, A., & Muhammad, B. (2021). An Entrepreneur (Khadijah (R.A) In the Prophetic House: Lesson to the Contemporary Muslim Women of Katsina State. Al-Itqan Journal of Islamic Sciences and Comparative Studies, 5(1), Article 1.
  • Setiadi, O. (2018). Kepemimpinan Bani Quraisy. Al Ashriyyah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v4i1.36
  • Shaw, S., & Siverio, S. A. (2021). Transcending Shame Through Rebellion: The modern Arab woman, sexual suppression, and the will to break free. In C.-H. Mayer, E. Vanderheiden, & P. Wong (Eds.), Shame 4.0 (pp. 475–494). Springer Nature Switzerland AG.
  • Sholihah, A., & Syafi’i, I. (2022). Civil Society dan Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.52483/ijsed.v4i2.79
  • Sulasmini, R., Songidan, J., & Nur, M. (2020). Histori dan Peran Dakwah Shahabiyah (Khadijah, Aisyah dan Ummu Salamah). AL-IDZA’AH: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(01), Article 01. https://doi.org/10.24127/al-idzaah.v2i01.248
  • Sulistiani, S. L., & Nurrachmi, I. (2021). Hak Finansial Perempuan Dalam Keluarga Menurut Hukum Keluarga Islam Di Indonesia. Musawa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/musawa.2021.202.175-185




DOI: https://doi.org/10.24952/gender.v7i1.7716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kajian Gender dan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter