Perbedaan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gender pada Mata Pelajaran IPA Kelas 7 di MTs Al – Ishlah Bobos

Nurrisma Alzufri (IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia)

Abstract


Perbedaan gender siswa menjadi suatu hal yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Ada anggapan di masyarakat bahwa anak perempuan lebih unggul dalam hal minat dan hasil belajar di dalam pembelajaran dibandingkan dengan anak laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar IPA siswa berdasarkan gender, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa berdasarkan gender, dan untuk mengetahui jenis gender yang mana yang minat dan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA nya yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji analisis Independent Sample T-test. Dalam penelitian ini digunakan 2 jenis instrumen yaitu soal dan angket. Berdasarkan hasil analisis statistik uji Independent Sample T-test didapatkan yaitu tidak terdapat perbedaan minat dan hasil belajar IPA antara siswa laki-laki dan perempuan. Adapun hasil analisis statistik deskriptif didapatkan bahwa minat belajar IPA siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki, dan hasil belajar IPA siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan.

Keywords


Gender; Minat Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustin, D. F. (2014). Perbedaan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan pada Mata Pelajaran Seni Tari di SMPN 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.Anwar, S., et al. (2019). Laki-laki atau Perempuan, Siapa yang Lebih Cerdas dalam Proses Belajar? Sebuah Bukti dari Pendekatan Analisis Survival. Jurnal Psikologi, 18 (2), 281-296.Arbain, J., et al. (2015). Pemikiran Gender Menurut Para Ahli. Jurnal Sawwa, 11 (1), 75-94.Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.Damayanti, D. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berbasis Gender pada siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Palopo. Skripsi. Palopo: IAIN Palopo.Goriounova, N. A., et al. (2018). Large and Fast Human Pyramidal Neurons Associate with Intelligence. ELife. 7, 1-38.Khairunnisak. (2019). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tambang. Skripsi. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.Khaleel, M. (2017). Female Students Are More Likely to Get Higher Grades Than Male Students. International Journal of Scientific and Research Publications, 7 (3), 378-386.Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 149-159.Muspiroh, N. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Gender pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Equalita, 2 (1), 48-57.Pahor, A., et al. (2017). Increasing Intelligence. London: Academic Press.Pakkerberg, B., & Gundersen, H. J. G. (1997). Neocortical Neuron Number in Humans: Effect of Sex and Age. The Journal of Comparative Neurology, 384 (2), 312-320.Yuniarti. (2017). Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan pada Mata Kuliah Matematika I Angkatan 2014-2016 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.




DOI: https://doi.org/10.24952/gender.v7i1.7322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kajian Gender dan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter