Persepsi Masyarakat Terhadap BAZNAS Labuhan Batu (Studi Kasus Masyarakat Labuhan Batu Desa Sei Sentosa)

Ayu Damayanti (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Windari Windari (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Ja'far Nasution (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat Desa Sei Sentosa dalam membayar zakat melalui BAZNAS Labuhan Batu, yang mana jumlah penduduk desa ini mayoritas muslim serta penghasilan masyarakat potensinya sangat tinggi sekali, tetapi ternyata ini hanya menjadi potensi saja belum terealisasikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap BAZNAS Labuhan Batu di Desa Sei Sentosa. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dalam bentuk deskriptif. Adapun hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat masih banyak yang kurang paham akan pentingnya fungsi, tujuan dan manfaat dalam pembayaran zakat melalui BAZNAS Labuhan Batu. Sebagian besar masyarakat juga beranggapan membayar zakat melalui BAZNAS Labuhan Batu kurang afdhol (berkah) dibanding memberikan langsung kepada yang berhak, lalu jarak juga yang menjadikan alasan masyarakat karena lokasi BAZNAS Labuhan Batu ini jauh dari jangkauan Desa Sei Sentosa, kemudian rasa kurang percaya masyarakat akan tanggung jawab BAZNAS Labuhan Batu terhadap pengelolaan dana zakat. Diharapkan BAZNAS Labuhan Batu lebih mengoptimalkan promosi dan meningkatkan kepercayaan publik agar lebih banyak masyarakat yang percaya terhadap eksistensi BAZNAS.

Kata Kunci: Persepsi, Zakat, BAZNAS.

                       

Abstract

The background of this research is that the people of Sei Sentosa Village pay zakat through BAZNAS Labuhan Batu, where the population of this village is predominantly Muslim and the potential income of the community is very high, but it turns out that this is only a potential that has not been realized. The purpose of this study was to find out how the community perceives BAZNAS Labuhan Batu in Sei Sentosa Village. This research uses qualitative data in descriptive form. The results of this study indicate that many people still do not understand the importance of the functions, objectives and benefits of paying zakat through BAZNAS Labuhan Batu. Most people also think that paying zakat through BAZNAS Labuhan Batu is less afdhol (blessing) than giving directly to those who are entitled to it, then the distance is also the reason for the community because the location of BAZNAS Labuhan Batu is far from the reach of Sei Sentosa Village, then the community's lack of trust in responsibility BAZNAS Labuhan Batu responsible for the management of zakat funds. It is hoped that BAZNAS Labuhan Batu will optimize promotions and increase public trust so that more people believe in the existence of BAZNAS.

Keywords: Perception, Zakat, BAZNAS.

Keywords


Persepsi, Zakat, BAZNAS

Full Text:

PDF

References


Adhiatma, A., & Fachrunnisa, O. (2021). The Relationship among Zakat Maal, Altruism and Work Life Quality. International Journal of Zakat, 6(1), 71–94. https://doi.org/10.37706/ijaz.v6i1.255

Afandi, A. (2022). Determinan Keputusan Muzaki Melaksanakan Pembayaran Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional Dengan Altruisme Sebagai Variabel Moderasi.

Afandi, A., Fadhillah, A., & Hidayat, N. W. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Transparansi dan Reputasi Lembaga Terhadap Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta. Journal of Islamic Social Finance Management, 3(1), 38–52. https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i1.5598

Ahmad, S., Wasim, S., Irfan, S., Gogoi, S., Srivastava, A., & Farheen, Z. (2019). Qualitative v/s. Quantitative Research- A Summarized Review. Journal of Evidence Based Medicine and Healthcare, 6(43), 2828–2832. https://doi.org/10.18410/jebmh/2019/587

Aini, Q. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Dalam Menyalurkan Zakat Melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Malang (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Blimbing Kota Malang). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/viewFile/7497/6467

Al-Zuhayly, W. (2008). Zakat Kajian Berbagai Mazhab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Atabik, A. (2015). Peranan Zakat Dalam Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Zakat Dan Wakaf ZISWAF, 2(2), 340–361.

Bintoro, & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Jakarta: Gaya Media.

Cahyani, U. E., Aviva, I. Y., & Manilet, A. (2019). Faktor-faktor yang Memengaruhi Intensi Muzakki dalam Membayar Zakat di Lembaga. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 39–58. https://doi.org/10.24952/tazkir.v5i1.1331

Darma, S., Siregar, S., & Rokan, M. K. (2017). Analisis Persepsi Muzaki terhadap Preferensi dan Keputusan Memilih LAZ (Studi Kasus di Kota Medan dan Sekitarnya). J-EBIS, 2(1), 1–24.

Hafidhuddin, D. (2002). Zakat Dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani.

Hasan, M. A. (2017). Berbagi Macam Transaksi Dalam Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lazgis. (2017). Ini Pengertian Muzakki dan Mustahik, Kriteria dan Macam-Macamnya. https://lazgis.com/ini-pengertian-muzakki-dan-mustahik-kriteria-dan-macam-macamnya/

Muliati, & Rasyid, C. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Kesadaran Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Kabupaten Pinrang. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 17(1), 128–150.

Qardhawi, Y. (2005). Spektrum Zakat dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan. Jakarta: Zikrul Hakim.

Rohim, A. N. (2020). Revitalisasi Peran Dan Kedudukan Amil Zakat Dalam Perekonomian. Journal Of Islamic And Finance Studies, 1(1).

Subantoro, V. (2018). Keputusan Membayar Zakat, Infak Dan Sedekah (ZIS) Di Lembaga Amil Zakat Daarut Tauhid Peduli Cabang Solo. Skripsi, IAIN Surakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Triyawan, A. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi muzakki membayar zakat di BAZNAS Yogyakarta. Islamic Economics Journal, 2(1), 58.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v4i1.8244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129