Analisis E-Marketing, dan Literasi Keuangan terhadap Keberlangsungan Usaha di Tengah Pandemi dengan Religiositas sebagai Variabel Moderasi

Fitranty Adirestuty (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Imam Rizki Fauzi (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Hilda Monoarfa (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau sering disebut UMKM adalah salah satu pertahanan dari perekonomian negara Indonesia.  Hal tersebut dibuktikan berdasarkan data dari Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) pada tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia. pada tahun 2019 terdapat 64 juta unit usaha, akan tetapi kini hanya tersisa setengahnya atau sekitar 34 juta UMKM, 30 juta UMKM mengalami kebangkrutan akibat wabah Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran serta pengaruh dari tingkat e-marketing, dan literasi keuangan pelaku UMKM kerajinan kulit terhadap keberlangsungan usaha. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat religiositas dalam mempengaruhi e-marketing, dan literasi keuangan pelaku UMKM terhadap keberlangsungan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode uji hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu SmartPLS dengan metode analisis ialah Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Subjek dari penelitian ini adalah pelaku UMKM kerajinan kulit sukaregang Kabupaten Garut dengan jumlah sampel 141 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat e-marketing dan literasi keuangan pelaku UMKM yang tinggi terhadap keberlangsungan usaha UMKM kerajinan kulit. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat religiositas pelaku UMKM tidak memoderasi pengaruh e-marketing dan literasi keuangan terhadap keberlangsungan usaha UMKM kerajinan kulit.


Keywords


E-Marketing, Literasi Keuangan, Religiositas, Keberlangsungan Usaha, UMKM

Full Text:

PDF

References


Adirestuty, F., Ramdiana, M. R., Rahayu, A., Monoarfa, H., Bahtar, A. Z., Ahmad, Z. B., & Bin, N. B. (2020). Are Non-Muslim Consumers Interested In Foods With The Halal Label? Proceedings Of The 5th Global Conference On Business, Management And Entrepreneurship (GCBME 2020) (P. 696). Malaysia : Atlantis Press International B.V.

Akisik, O., & Gal, G. (2011). Sustainability In Businesses,Corporate Social Responsibility,And Accounting Standards An Empirical Study. International Journal Of Accountingand Information Management, 304.

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Umkm Di Indon. Jurnal Brand, Volume, 126.

Aribawa, D. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan Umkm Di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 3.

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam.

Ayuk, N. M., & Marta, I. N. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan Umkm. Studi Kasus: Umkm Kabupaten Gianyar. Majalah Ilmiah Untab.

Cahyani, H. H. (2021). Analisis Pengaruh Promosi Digital, Kepercayaan, Dan Kemudahan Berbelanja Melalui Lokapasar (Marketplace) Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Y Dimoderasi Dengan Variabel Religiusitas. Jurnal Ilmiah.

Christoper, S. W., & Kristianti, I. (2020). HUBUNGAN E-COMMERCE DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KELANGSUNGAN USAHA DI BOYOLALI. Jurnal Akuntansi, 2.

CNN Indonesia. (2021, Maret 26). 30 Juta UMKM Bangkrut, 7 Juta Orang Kehilangan Kerja. Retrieved From CNN Indonesia: Https://Www.Cnnindonesia.Com/Ekonomi/20210326124010-92-622407/30-Juta-Umkm-Bangkrut-7-Juta-Orang-Kehilangan-Kerja

Correia, M. S. (2019). Sustainability:An Overview Of The Triple Bottom Line And Sustainability Implementation. International Journal Of Strategic Engineering, 30-32.

Damarwulan, L. M., Ramdansyah, A. D., & Lutfi. (2021). Peningkatan Kekuatan Jejaring Wirausaha Dan E-Marketing UMKM Di Banten Dalam Menghadapi Dampak Pandemic Covid-19. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (JEHSS).

Dwiastanti, A., Wahjoedi, Murwani, F. D., & Utomo, S. H. (2020). Financial Literacy And Entrepreneurial Motivation In Supporting Economic Activity And Business Sustainability Of Informal Sector Entrepreneurs. International Journal On Emerging Technologies.

Elkington, J. (1997). CANNIBALS WITH FORKS The Triple Bottom Line Of 21st Century Business. Oxford: Capstone Publishing Limited.

Fadillah, A. N., Darna, & Muchtasib, A. B. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Perbankan Syariah Dalam Berbelanja Online Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Account: Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Perbankan .

Faradiska, D., & Asytuti, R. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam, Religiusitas, Dan Kreativitas Terhadap Keuntungan Pengusaha Konfeksi. SERAMBI.

Faradiska, D., & Asytuti, R. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam, Religiusitas, Dan Kreativitas Terhadap Keuntungan Pengusaha Konfeksi. SERAMBI, 84.

Fauzi, Sanusi, Basrowi, & Utami. (2020). Model E-Marketing Berbasis Fintech Syariah Berdasarkan Tinjauan Lingkungan Eksternal Dan Internal Untuk Pengembangan Wisata Halal Di Indonesia. Jurnal Syarikah, 62.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hilary, G., & Hui, K. W. (2009). Does Religion Matter In Corporate Decision Making In America? Journal Of Financial Economics.

Hilmawati, M. R., & Kusumaningtias, R. (2021). Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan Sektor Usaha Mikro. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen.

Idawati, I. A., & Pratama, I. G. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan UMKM Di Kota Denpasar. Warmadewa Management And Business Journal (WMBJ).

Indrayani, L. (2020). Makna Literasi Keuangan Dalam Keberlangsungan Usaha Industri Rumah Tangga Perempuan Bali. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi.

Kementrian Keuangan. (2020, Agustus 24). Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Retrieved From Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id: Https://Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id/Artikel/Baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.Html

Manurung, A., & Rizky, L. (2009). Successful Financial Planner: A Complete Guide. Grasindo.

Marwati, F. S., Damyanti, R., & Widayati, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Motivasi Terhadap Keberlangsungan Usaha. SUHUF.

Mcdaniel, S., & Burnett, J. (1990). Consumer Religiosity And Retail Store Evaluative Criteria. Journal Of The Academy Of Marketing Science.

Mcguire, S. T., Omer, T. C., & Sharp, N. Y. (2012). The Impact Of Religion On Financial Reporting Irregularities. The Accounting Review.

Nurudin, Arifin, J., & Ma’ruf, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Literasi Keuangan Syariah, Dan Kebudayaan Terhadap Minat Menabung Santri Kota Semarang Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah.

Olawale, F., & Garwe, D. (2010). Obstacles To The Growth Of New Smes In South Africa: A Principal Component Analysis Approach. African Journal Of Business Management.

Pamungkas, D. (2014). Pengaruh Religiusitas Dan Rasionalisasi Dalam Mencegah Dan Mendeteksi Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Rahayu, A. Y., & Musdholifah. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlanjutan UMKM Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen.

Rosmalasari, T. D., Lestari, M. A., Dewantoro, F., & Russel, E. (2020). PENGEMBANGAN E-MARKETING SEBAGAI SISTEM INFORMASI LAYANAN PELANGGAN PADA MEGA FLORIST BANDAR LAMPUNG. Journal Of Social And Technology For Community Service (JSTCS), 28.

Santoso, R. (2020). Review Of Digital Marketing & Business Sustainability Of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan.

Sari, C. N., & Ratno, F. A. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman.

Shohib, M. (2020). Religiusitas Dan Entrepreneurship. Cognicia, 170.

Solimun. (2010). Pemodelan Persamaan Struktural Pendekatan PLS. Malang: Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Sugesti, P., & Hakim, L. (2021). Peran Religiusitas Dalam Memoderasi Disposable Income Dan Pengetahuan Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal.

Susanti, A., & Ardyan, E. (2019). Literasi Keuangan Pemilik Usaha Terhadap Keberlangsungan Usaha (Business Sustainability) Pada Umkm Rotan Desa Trangsan, Jawa Tengah. Buletin Bisnis & Manajemen.

Thohari, C. C., & Hakim, L. (2021). Peran Religiusitas Sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Product Knowledge Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK).

Tribun Jabar. (2018, Januari 14). Tribun Jabar. Retrieved From Https://Jabar.Tribunnews.Com: Https://Jabar.Tribunnews.Com/2018/01/14/Berburu-Kerajinan-Kulit-Di-Kampung-Sukaregang-Bisa-Lihat-Langsung-Proses-Pembuatannya-Lho

Tuwu, D. (2018). Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik. Al Izzah.

Wahyu, R., & Candra, W. (2018). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS (ALMANA).

Widayanti, R., Damayanti, R., & Marwanti, F. (2017). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Keberlangsungan Usaha. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v4i1.7970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129