Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kenakalan Siswa

Darwin Harahap (IAIN Padangsidimpuan)

Abstract


Pendidikan berperan penting dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, karena pendidikan merupakan wahana meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Pada prinsipnya setiap manusia berkeinginan untuk belajar, tanpa mengenal usia dan tempat, karena pendidikan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Secara implisit manusia dianjurkan agar selalu belajar, bahkan sampai akhir hayatnya (long life education). Sekolah merupakan sarana pendidikan formal agar manusia bisa mengembangkan potensi dirinya dengan bantuan guru yang akan mengarahkannya. Peran guru BK dan usaha-usaha penanganan kenakalan siswa di sekolah. Peran yang dimaksudkan di sini adalah suatu bagian  yang memegang  pimpinan terhadap terjadinya suatu peristiwa. Artikel ini merupakan penelitian merupakan jenis penelitian literature (pustaka) yang terfokus pada proses peran guru bimbingan dan konsenseling membantu kenakalan siswa dengan mengumpulkan data-data dari buku, artikel dan jurnal. Temuan yang di dapatkan guru BK adalah orang yang terdepan menagani kenakalan siswa dan tidak terlepas dengan stakeholder di dalam sekolah dan luar sekolah.


Full Text:

PDF

References


Abdul Choliq Dahlan, Bimbingan dan Konseling Islam, sejarah konsep dan pendekatan, Yogyakarta: Pura Pustaka, 2009

Adz-dzaky, Konseling dan Psikoterapi Islam Yogyakarta: Al-Manar, 2001

Ainur Rahim Faqih, Bimbingan dan Konseling dalam Isalam, Yogyakarta: UII Pres

Amir Daien Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1973

Andrianto Jurnal PAI Raden Fatah Vol.1 No.1 Faktor Penyebab Kenakalan Remaja di Lebak Mulyo Kecamatan Kemuning Kota Palembang, Januari 2019

Depag RI, Al- Qur’an dan Terjemahannya, Semarang: Asy- Syifa’, 1998

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, Jakarta: Balai Pustaka, 1999

E. Mulyasa, Menjadi Guru Perofesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Edy Suhardono, Teori dan Peran Konsep. Derivasi dan Implikasinnya, Jakarta: Gramedia Pustaka, 1994

Geradl Corey, Teori dan Praktek Konseling & Psikoterpi Jakarta: Refika Aditam, 2009

Hibana S. Rahman, Bimbinagan dan Konseling Pola 17, Yogyakarta: UCY Press, 2003

I. Djumhur Dan Moh. Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung: Ilmu, 1975

Latipun, Psikologi Konseling, Malang: UMM, 2006

Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009

Sarlito Wirawan, Psikologi Remaja, (Jakarta: RajaGrafindo Perkasa1994), hlm. 209-210.

Simanjuntak, Latar Belakang Kenakalan Remaja, Bandun: Pen. Alumni, 1984

Sofyan Willis, Pembinaan Remaja,

Surjono Sukanto, Remaja dan Masalah-Masalahnya, Jakarta: Gunung Mulia, 1980

Syamsuddin, Bimbingan Konseling Kelompok, Jakarta: Kartika. 1980

Thantawy R, Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Grasindo, 2005

W.S. Winkel, Bimbingan di Sekolah Menengah, (Jakarta: Grasindo. 1991

Zakiah Darajat, Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung,1982




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v2i1.2729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats