Tanggung Jawab Konselor Dalam Perspektif Fenemonologis

Pahri Siregar M.Pd.I (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Fenomena konselor dianggap sebagai polisi sekolah memunculkan image negatif terhadap profesi konselor. Salahsatu penyebab anggapan konselor sebagai polisi sekolah tidak terlepas dari kurangnya orientasi profesi konselor kepada masyarakat luas, khususnya di lingkungan sekolah. Hal inilah yang membuat penulis tertarik membahas tanggung jawab konselor dalam perspektif fenomenologis. Artikel ini bertujuan menganalisis konselor yang bertanggung jawab dalam perspektif fenomenologis. Menganalisisis tanggung jawab konselor dalam perspektif fenomenologis dengan metode berfikir kritis, dan melakukan kajian kepustakaan. Implikasi tulisan ini membuat sebuah model konselor yang bertanggung jawab berdasarkan perspektif fenomenologis

Kata Kunci: Tanggung Jawab, Konselor dan Fenomenologis


Full Text:

PDF

References


Eva Imania Eliasa, (2013). Increasing Values of Teamwork and Responsibility of the Students

Gnilka, P.B., Karpinski, A. C., & Smith, H. J. (2016) Factor Structure of the Counselor Burnout Inventory in a sample of Profesional School Counselor/doi.org/10.1177/0748175615578758

I. Ludmila dkk (2016). The structure of responsibility of preschool and primary school age children Procedia - Social and Behavioral Sciences 233 (2016) 372 – 376 doi: 10.1016/j.sbspro.2016.10.161

Khajehpour, Hossein dkk, (2017) Environmental responsibility accounting in complex energy systems, Journal of Cleaner Production, doi: 10.1016/j.jclepro.2017.08.013.

Lauermann, Fani (2013), Teacher responsibility from the teacher’s perspective International Journal of Educational Research, doi.org/10.1016/j.ijer.2013.09.005

Sunaryo, dkk, Naskah Akademik Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2007), hlm.40

Through Games: Integrating Education Character in Lectures Procedia - Social and Behavioral Sciences 123 (2014) 196 – 203 doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.1415

Zaprulkhan, (2016) Filsafat Ilmu Sebuah Analisis Kontemporer, Jakarta: Rajagrafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v2i1.2686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats