Penggunaan Instrumen Sosiometri dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Siti Wahyuni (Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Sociometry is a method for collecting data about the patterns and structure of relationships between individuals in a group. This method is based on the idea that groups have a structure consisting of complex interpersonal relationships. The position of each individual and the relationships that occur in the group structure can be measured quantitatively and qualitatively. The results of sociometric processing will be an illustration of the number of scores obtained by each person, the relationship pattern, the intensity of the relationship, and the position of the students in the group.
Keywords: Sociometry
Abstrak
Sosiometri adalah suatu metode untuk mengumpulkan data tentang pola dan struktur hubungan antara individu-individu dalam kelompok. Metode ini didasarkan pada pemikiran bahwa kelompok mempunyai struktur yang terdiri dari hubungan-hubungan interpersonal yang kompleks. Posisi setiap individu dan hubungan-hubungan yang terjadi dalam struktur kelompoknya dapat diukur secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengolahan sosiometri akan diperoleh gambaran jumlah skor yang diperoleh setiap orang, pola hubungan, intensitas hubungan, dan posisi peserta didik dalam kelompoknya.
Kata Kunci : Sosiometri

Full Text:

PDF

References


Anwar Sutoyo, Pemahaman Individu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Gantina Komalasari , dkk, Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif, Jakarta: Indeks, 2011.

Gibson, Robert L, et.al., 2001. Bimbingan dan Konseling, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hibana S, Rahman, Bimbingan & Konseling Pola 17, Yogyakarta: UCY Press, 2013.

Nurkancana,Wayan, Bimbingan di Sekolah, Jakarta: PT. Aksara, 1988.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,1990.

Susilo Rahadjo & Gudnanto, Pemahaman Individu Teknik Nontes, Jakarta: Kencana, 2013.

W.S. Winkel & M.M. Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Yogyakarta: Media Abadi, 2010.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v1i1.1799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats