EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA

Ade Siskiatul Hikmah (UIN K.H. Abdurrahman Wahid, Indonesia)
Hafizah Ghany Hayudinna (UIN K.H. Abdurrahman Wahid, Indonesia)

Abstract


Infographic media is a particular tool or format that combines data visualization, illustrations, text and images to convey or communicate information in an interesting way so that it is easily understood by the audience. The purpose of this study is to describe how the achievements of class V students who use infographic learning media, and those who do not use infographics learning media, and explain how effective the use of infographics learning media is to increase student achievement in science subjects in class V. This study uses a quasi-experimental approach. . The collection of data or instruments in this study was carried out by means of tests, observations and documentation. The data analysis technique used the Independent Simple T-Test test. The results showed that the value of tcount = 9.987 > ttable = 2.024, so H0 was rejected and Ha was accepted, it can be concluded that the use of infographic media is effective in improving student achievement in science subjects for class students V.

Keywords: Infographic Media, Learning Achievement, Science Subjects.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Ririn dan Arfa, Mecca. 2016. “Efektivitas Produk Kemas Ulang Informasi Berupa Infografis Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran IPA”. Universitas Diponegoro: Jurnal ilmu perpustakaan. Vol.1. No.1.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaraan. Jakarta: Rajawali.

Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Dewi, Prawiradilaga Salma dkk. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E-learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Firdaus, Achmad Firman dkk. 2021. “Pengembangan Infografis Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sejarah”. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah. Vol. 7. No. 1. Mei.

Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01

Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781

Harahap, A. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Kelas III SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–40. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.1.23-40

Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97–107. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5626

Harahap, A., & Wahyuni, H. (2021). Studi Islam Dalam Pendekatan Gender. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 05(1), 47–63. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender/article/view/3733

Hersita, Alfin Fadila dkk. 2020. “Pengembangan Media Infografis sebagai Penunjang Pembelajaran IPS di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD. Vol. 7. No. 4. Desember.

Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statiska untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta, Parama Publishing.

Jahja, Yudrik. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Persada Media Group

Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. Panduan Modern Penelitian Kuntitatif. Bandung: Alfabeta. 2014.

Krum, Randy. 2013. Cool Infographics: Using Pictures to Communicate with Data Visualization and Design. New York: Wiley Publisher.

Leryan, Lucius Pravasta Alver. 2020. "Pengembangan Media Infografis pada Materi Perang Diponegoro untuk Pembelajaran Sejarah Indonesia”. Skripsi Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Luthfiani, Fahira. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Media Infografis pada Materi Siklus Air”. Skripsi PGSD. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Luthfiyah dan Sulisawati, Dwi Noviani. 2019. “Efektivitas Pembelajaran Matematika menggunakan Media Berbasis E-Learning”. Judika Education: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2. No. 1. Januari.

Mahmudah, Umi. 2020. Metode Statistika Step by Step. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Miftah, Muthia Nurul, dkk. 2016. “Pola Literasi Visual Infografis Dalam Pembuatan Informasi Grafis (Infografis)”. Universitas Padjadjaran: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Vol. 4. No. 1. Juni.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Padrian, Ari. 2020. “Pengembangan Infografis Motion Graphic Tema Lingkungan Hidup Sahabat Kita Untuk Kelas V SD”. E-Tech: Jurnal PGSD. Vol. 08. No. 1. Mei.

Payadnya, Putu Ade Andre dan Jayantika, Gusti Agung Ngurah Trisna. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Pohan, Puan Samisara. 2020. “Infografis Sebagai Bentuk Pengemasan Berita Era Jurnalisme Online: Analisis Infografis Tirto.Id”. Skripsi Jurnalistik. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Pribadi, Benny. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosyid, Moh Zaiful dkk. 2019. Prestasi Belajar. Cet.1. Malang: Literasi Nusantara.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Abad ke 21. Bandung: Alfabeta.

Sanaky, Hujair Ali. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba. 2013.

Santosa, Singgih. 2014. Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Saputro, Venri Cahyo. 2019. “Efektivitas Bimbingan Belajar Kelompok dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA”. Skripsi PGSD. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Smiciklas, M. 2012. The Power of Infographics: Using Pictures to Communicate and Connect with Your Audience and Customer. USA: Que Publishing.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

­_____ 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumarsono, Ruby dan Al Hasanah, Hisbah. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru, dan Calon Pendidik. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.

Sutinah, dkk. 2020. “Efektifitas Indorafis pada Materi Listrik Kelas VI dalam Pembelajaran Daring di SDN Kebayoran Lama 07 Pagi”. Jakarta: Jurnal Prosiding Seminar Nasional PPM UMJ.

Syarifuddin, & Harahap, A. (2021). Integrasi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 19–31.

Usmadi. 2020. “Pengujian Persyaratan Analisis”. Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan. Vol. 7. No. 1. Maret.

Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wedyawati Nelly dan Lisa, Yasinta 2019. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Widiastuti, Rosarita Niken dkk. 2018. Kiat Bikin Infografis Keren dan Berkualitas Baik. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Widyawan, Rosa. 2014. Agar Informasi Menjadi Lebih Seksi. Jakarta: Media Kampus Indonesia.

Witabora, Jonata. 2012. Peran dan Perkembangan Ilustrasi, (Jakarta: Binus Journal Publishing: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol. 3, No. 2, Oktober.

Wote, Alice Yeni Verawati, dkk. 2020. “Efektivitas penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Universitas Halmahera: Journal of Education Technology. Vol. 4. No. 2. Maret.

Yati, Dwi Anjar. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Infografis Terhadap Minat Belajar Siswa Penyandang Disabilitas Fisik Pada Mata Pelajaran Sejarah”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i2.5548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah