PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN KOSAKATA DENGAN PERMAINAN TEKA–TEKI BERGAMBAR ANAK USIA DASAR

Ali Wardhana Manalu (STIT Barus, Indonesia)
Dina Khairiah (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

Improving the vocabulary learning process with picture puzzle games for students of the religion school teacher education program. The lack of opportunities for students to experience the language learning process in accordance with the development of their thinking power makes the Indonesian language learning situation in schools rigid. Such conditions underlie this research, in addition to complaints submitted by teachers that some students in their class do not follow Indonesian language learning well. The indicator can be seen from several students carrying out other activities when the teacher explains material that has an impact on student learning outcomes which are less than the maximum value of students in semester 2 of the 2019 school year with an average of 6.8 and there are still 34% of students who get grades below the school KKM 6 ,5.

This study aims to offer alternative learning strategies that can create students' creativity in learning Indonesian, especially in the field of vocabulary, by utilizing picture puzzle games and the method used is descriptive research method in the form of classroom action research with research producers in the form of planning implementation of observation and reflection. results. and skills training method This skill training method is a teaching method by training students' skills or soft skills by making, designing, or utilizing something.

 

Keywords: Vocabulary, Picture Puzzle, Students.

 

Abstrak

Peningkatan proses pembelajaran kosakata dengan permainan teka-teki bergambar siswa program pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Kurangnya kesempatan siswa untuk mengalami proses pembelajaran bahasa sesuai dengan perkembangan daya pikirnya membuat situasi pembelajaran bahasa indonesia di sekolah terlihat kaku. kondisi seperti itu melatarbelakangi penelitian ini, disamping keluhan yang disampaikan guru bahwa sebagian siswa dikelasnya kurang mengikuti pembelajaran bahasa indonesia dengan baik. Indikatornya terlihat dari beberapa siswa melakukan aktivitas lain pada saat guru menjelaskan materi yang berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal nilai siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2020 dengan rata-rata 6,8 dan masiterdapat 34% siswa yang memperoleh nilai di bawa KKM sekolah 6,5.

Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan alternatif strategi pembelajaran yang dapat menciptakan kreativitas siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia khususnya bidang kosakata, dengan memanfaatkan permainan teka-teki bergambar dan metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan produser penelitian berupa perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi hasil. dan metode latihan keterampilan metode latihan keterampilan ini merupakan metode mengajar dengan melatih keterampilan siswa atau soft skill dengan cara membuat, merancang, atau memanfaatkan sesuatu.

 

Kata Kunci : Kosakata; Teka-teki Bergambar; Siswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA Anas, Y. 2007. Pembelajaran dan Instruksi pendidikan. Yogyakarta : IRCiSoD. Desmita, Psikologi Perkembangan Pesrta didik, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2016 Firdiansyah, Y., & Pamungkas, H. P. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Moneter. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.15549 Febidselaras, Fitri.2019.Peningkatan Ekonomi Tumah Tangga Melalui Program TBM (Taman Belajar Masayarakat) Dalam Rangka Pemberdayaan Perempuan Di Kampung Kue Surabaya, 1-15. Diambil dar:ihttps://journal.unesa.ac.id/index.php./pls/index Gio, P. U., & Caraka, R. E. (2018). Pedoman Dasar Mengolah Data dengan Program Aplikasi STATCAL. USUpress. Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginantra, Manuhutu, Sudarso, Leuwol, & Sahabuddin. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 (J. Simarmata (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=HSz7DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA85&dq=PEMBELAJARAN+DI+ERA+PANDEMI&ots=QncHGnwjPh&sig=-MSs_Z-jRZt_b4JiXLP1HDFCJ9M&redir_esc=y#v=onepage&q=PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI&f=false Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01 Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781 Harahap, A. (2020). Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU. | Issn Cetak, 5(1), 96–105. http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.96-105 Harahap, A., & Kahpi, M. L. (2021). Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan , PENDAHULUAN Agama merupakan bentuk wahyu yang memeberikan petunjuk kepada umat manusia dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan manusia . Agama akan memberikan. 07(1), 49–60. Hasanah, A. (2010). Pembelajaran Berbasis Permainan TTS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MAN Godean Sleman Yogyakarta. In Skripsi (p. 26). Yogyakarta. Henri Tarigan, Pengajaran Kosa kata, Bandung: Angkasa. 1986. Isman, A. (2011). Instructional Design in Education: New Model. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 10(1), 136–142. Khailullah. (2013). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Mirzandani. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas di DV/C SLB Bina Nagari Solok Selatan). E-JUPEKhu, 1(2), 306–317. Soedjito, & Saryono, J. (2011). Seri Terampil Menulis Kosakata Bahasa Indonesia. Journal Student UNY, 25. Sosial, A. J. I., Kebijakan, A., & Dasar, P. (2020). ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Asriana Harahap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Pendahuluan. 5(1), 96–105. Utama, Satria, fajar, Arifin. Pengaruh permainan teka-teki silang bergambar terhadap peningkatan kosakata bahasa Indonesia pada anak:Yogyakarta. 2012. Yustitia, W. (2011). Efektivitas Penggunaan Media CD Interaktif Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Anak Tunarungu Kelas Menengah di SLB Negeri 1 Sleman. Skripsi UNY.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i2.4726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah