PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BUTA AKSARA PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN MELALUI TAMAN BELAJAR

Hayaturraiyan Hayaturraiyan (STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Efridawati Harahap (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)
Asriana Harahap (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to narrate the implementation of the learning park to empower village communities and to facilitate needs that can solve problems in the community in Suka Rema village. This study used descriptive qualitative method. This activity was carried out in IX Suka Rema village, kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur, by conducting observations and interviews to obtain information and data about the village community. The results showed that the management of the learning park carried out by several students was carried out transparently and open to the public, so that residents could participate in these activities. Management of the learning park is made in groups so that it can be used for the community. The results showed that the supporting factors for the learning park in empowering the community were the support from formal education, the community and the facilities provided to the community. The inhibiting factor is the lack of required media.

 

Keyword: Empowerment, Learning Park

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menarasikan pelaksanaan taman belajar untuk memberdayakan masyarakat desa dan untuk memfasilitasi kebutuhan yang dapat menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat di Desa Sukarema, kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kegiatan ini dilakukan di Desa Sukarema, kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur, dengan melakukan observasi dan wawancara untuk mendapatkan informasi dan data mengenai masyarakat desa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan taman belajar yang dilakukan beberapa mahasiswa dilakukan secara transparan dan terbuka untuk umum, sehingga warga dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Pengelolaan taman belajar dibuat secara berkelompok sehinga dapat di gunakan untuk masyarakat. Hasil penelitian menujukkan bahwa factor pendukung taman belajar dalam memberdayakan masyarakat adalah dukungan dari pendidikan formal, masyarkat dan fasilitas yang diberikan untuk masyarakat. Faktor penghambat adalah kurangnya media – media yang dibutuhkan.

 

Kata kunci: Pemberdayaan, Taman Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA Aulia, Dkk.2020.Studi Komparatif Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Yang Mengikuti Pendidikan Non-Formal Dan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Non-Formal Di Tk Se-Kecamatan Logas Tanah Darat, 3(1), 55-62. Diambil dari: http://journal.universitaspahlawan. ac.id/index.php/jrpp Adnyani, K. E. K., Adnyana, I. W., & Murniasih, N. N. (2020). Teacher and Students' Perception on Using Kahoot! for English Learning. Proceedings of the 3rd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2019), 394(Icirad 2019), 62–67. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200115.011 Aktekin, N. Ç., Çelebi, H., & Aktekin, M. (2018). Let’s Kahoot! Anatomy. International Journal of Morphology, 36(2), 716–721. https://doi.org/10.4067/S0717-95022018000200716 Andari, R. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI KAHOOT! PADA PEMBELAJARAN FISIKA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069 Aribowo, E. K. (2021). Mengaktifkan Integrasi Aplikasi Kahoot! di Zoom. Erickunto.Com. https://www.erickunto.com/2021/07/mengaktifkan-integrasi-aplikasi-Kahoot.html?fbclid=IwAR1dfbP6DK2UQIZIrgzczMOSeFeFnlewhknAMH9t6kwjbROcZ6nDWQT2Cnc&m=1 Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada. Azizan, N., Lubis, M. A., Gio, P. U., & Marhamah. (2021). RESPON MAHASISWA PGMI TERHADAP PLATFORM WAKELET UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 1–18. http://194.31.53.129/index.php/IBTIDAIYAH/article/view/3567/pdf Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). EFEKTIFITAS KAHOOT BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677 Bicen, H., & Kocakoyun, S. (2018). Perceptions of Students for Gamification Approach: Kahoot as a Case Study. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 13(02), 72. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i02.7467 Chaiyo, Y., & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student's perception in the classrooms response system. 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), 178–182. https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2017.7904957 Chaturvedi, K., Vishwakarma, D. K., & Singh, N. (2021). COVID-19 and its impact on education, social life and mental health of students: A survey. Children and Youth Services Review, 121, 105866. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105866 Chiang, H.-H. (2020). Kahoot! In an EFL Reading Class. Journal of Language Teaching and Research, 11(1), 33. https://doi.org/10.17507/jltr.1101.05 Departemen Pendidikan Nasional.2007. Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca dan Menulis Melalui Permainan di Taman Kanak- Kanak.Jakarta : Depdiknas Direktorat Pendidikan Masyarakat. (2010). Acuan dan pengelolaan :Program Taman Bacaan Bacaan Penguatan Keaksaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283 Daumiller, M., Rinas, R., Hein, J., Janke, S., Dickhäuser, O., & Dresel, M. (2021). Shifting from face-to-face to online teaching during COVID-19: The role of university faculty achievement goals for attitudes towards this sudden change, and their relevance for burnout/engagement and student evaluations of teaching quality. Computers in Human Behavior, 118, 106677. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106677 Dianati, S., Nguyen, M., Dao, P., Iwashita, N., & Vasquez, C. (2020). Student perceptions of technological tools for flipped instruction: The case of padlet, Kahoot! and cirrus. Journal of University Teaching and Learning Practice, 17(5), 1–16. https://eric.ed.gov/?id=EJ1280688 Dichev, C., & Dicheva, D. (2017). Gamifying education: what is known, what is believed and what remains uncertain: a critical review. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1), 9. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0042-5 Djannah, M., Zulherman, & Nurafni. (2021). Kahoot Application for Elementary School Students: Implementations of Learning Process from Distance during Pandemic period of COVID 19. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012121 E. Owen, H., & A Licorish, S. (2020). Game-Based Student Response System: The Effectiveness of Kahoot! on Junior and Senior Information Science Students' Learning. Journal of Information Technology Education: Research, 19, 511–553. https://doi.org/10.28945/4608 Firdiansyah, Y., & Pamungkas, H. P. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Moneter. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.15549 Febidselaras, Fitri.2019.Peningkatan Ekonomi Tumah Tangga Melalui Program TBM (Taman Belajar Masayarakat) Dalam Rangka Pemberdayaan Perempuan Di Kampung Kue Surabaya, 1-15. Diambil dar:ihttps://journal.unesa.ac.id/index.php./pls/index Gio, P. U., & Caraka, R. E. (2018). Pedoman Dasar Mengolah Data dengan Program Aplikasi STATCAL. USUpress. Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginantra, Manuhutu, Sudarso, Leuwol, & Sahabuddin. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 (J. Simarmata (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=HSz7DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA85&dq=PEMBELAJARAN+DI+ERA+PANDEMI&ots=QncHGnwjPh&sig=-MSs_Z-jRZt_b4JiXLP1HDFCJ9M&redir_esc=y#v=onepage&q=PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI&f=false Hadijah, H., Pratolo, B. W., & Rondiyah, R. (2020). Interactive game "Kahoot!" as the media of students' vocabulary assessment. Journal on English as a Foreign Language, 10(1), 87–105. https://doi.org/10.23971/jefl.v10i1.1670 Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01 Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781 Harahap, A. (2020). Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU. | Issn Cetak, 5(1), 96–105. http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.96-105 Harahap, A., & Kahpi, M. L. (2021). Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan , PENDAHULUAN Agama merupakan bentuk wahyu yang memeberikan petunjuk kepada umat manusia dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan manusia . Agama akan memberikan. 07(1), 49–60. Henukh, A., & Guntara, Y. (2020). Analyzing the response of learners to use Kahoot as gamification of learning physics. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 72–76. https://doi.org/10.30870/gravity.v6i1.7108 Hung, H.-T. (2017). Clickers in the flipped classroom: bring your own device (BYOD) to promote student learning. Interactive Learning Environments, 25(8), 983–995. https://doi.org/10.1080/10494820.2016.1240090 Sosial, A. J. I., Kebijakan, A., & Dasar, P. (2020). ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Asriana Harahap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Pendahuluan. 5(1), 96–105.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i2.4725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah