PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DENGAN BANTUAN MEDIA

Almira Amir (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

The background of this research is the low understanding of students' concepts in mathematics for multiplication material. Students find it difficult to understand the concept of multiplication and apply it in everyday life. Inappropriate learning strategies and the absence of media use are one of the causes of students' low understanding of the concept of multiplication material. The purpose of this study was to improve students' conceptual understanding of multiplication material by applying the Index Card Match model with the help of learning media at MIN 2 Padangsidimpuan. The learning media used is the rule of thumb. This research is a classroom action research which consists of two cycles and each consists of four main activities, namely planning, action, observation, and reflection. The subjects of this study were students of class IV MIN 2 Padangsidimpuan, totaling 30 people. The instrument for collecting data was a test sheet to measure students' conceptual understanding and an observation sheet to observe learning activities using the Index Card Match model with the help of learning media. Based on the results of the study, it was found that students' conceptual understanding increased in multiplication material through the Index Card Match learning model with the help of learning media, this can be seen from the increase in students' concept understanding test results where the average test increased, namely in the initial test 54.67 increased to 55.17 in the first cycle test 1 meeting and 59.33 in the first cycle test meeting 2. In the second cycle there was an increase of 65.00 in the second cycle meeting 1 and increased to 71.83 in the second cycle meeting 2.

 

Keywords: Concept Understanding, Index Card Match Learning Model, Learning Media.

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada materi perkalian. Siswa kesulitan memahami konsep perkalian dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran yang tidak tepat dan tidak adanya penggunaan media menjadi salah satu penyebab rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep materi perkalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi perkalian dengan menerapkan model Index Card Match dengan bantuan media pembelajaran di MIN 2 Padangsidimpuan. Media pembelajaran yang digunakan adalah rule of thumb. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan utama, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data berupa lembar tes untuk mengukur pemahaman konsep siswa dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas pembelajaran menggunakan model Index Card Match dengan bantuan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pemahaman konsep siswa meningkat pada materi perkalian melalui model pembelajaran Index Card Match dengan bantuan media pembelajaran, hal ini terlihat dari peningkatan hasil tes pemahaman konsep siswa dimana rata-rata tes meningkat yaitu pada tes awal 54,67 meningkat menjadi 55,17 pada tes siklus I pertemuan 1 dan 59,33 pada tes siklus I pertemuan 2. Pada siklus II terjadi peningkatan 65,00 pada siklus II pertemuan 1 dan meningkat menjadi 71,83 pada pertemuan siklus II.

 

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Index Card Match, Media Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA Ani Yanti Ginanjar. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 13; No. 01, 121–129. Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peseta Didik. Jurnal Basicedu: Research Dan Learning in Elemnetary Education, 3(4), 1047–1054. Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127–133. Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 266424. Harahap, N. H. (2021). Upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe index card match (ICM) pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas V SD Negeri 205008 Sihitang. IAIN Padangsidimpuan. Jeanne Ellis OrmrodJ. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Peserta didik Tumbuh Dan Berkembang. Erlangga. Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2, 231–234. Marwati, A., Romdanih, R., & Rahmad, I. N. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Menghitung Keliling dan Luas Segitiga melalui Model Pembelajaran Index Card Match. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 235–243. Meutia, O. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Mistar Hitung pada Siswa Kelas IV SD Negeri 148/IV Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran matematika SD. Pohan, S. N. (2021). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi perkalian dengan menggunakan model pembelajaran index card match berbantuan media mistar hitung di kelas III Sd Negeri 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. IAIN Padangsidimpuan. PRATIWI, N. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES (CUPs) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 02 WAY DADI. UIN Raden Intan Lampung. Silberman, M. (1996). Active Learning: 101 Strategies To Teach Any Subject. ERIC. Siti Komariyah, Dian Septi Nur Afifah, & Gaguk Resbiantoro. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Sosiohumaniora, Jurnal LP3M. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Vol. 4 No 1, 1–8. Susmayati, S., Nugraha, E., & Rachmiati, W. (2019). Pengembangan Media Sirkuit Lingkaran untuk Memudahkan Siswa dalam Memahami Konsep Volume Kubus dan Balok. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(1), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i2.4724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah