PENERAPAN METODE MENGHAFAL DAN BANDONGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB NAHWUDI PONDOK PESANTREN TANJUNG PASIR AL-AWWABIEN JAMBI

Nur Cahaya Nasution ()

Abstract


Abstract

 

This research discusses the application of memorization and bandongan methods in learning the book of nahwu at the Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi Islamic Boarding School. This research aims to find out the process of applying the method, knowing the supporting and inhibiting factors as well as the efforts made by the teacher towards inhibiting factors in implementing the memorization and bandongan methods in learning the book of nahwu at the Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi Islamic Boarding School. This research uses a qualitative descriptive research method, where the researcher is the key instrument. The subjects in this research were nahwu subject teachers, Islamic boarding school students, the Head of Madin Wustho and the Khuwaidim of the Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi Islamic Boarding School. Data collection in this research used observation, interviews and documentation. The data analysis process consists of reducing data, presenting data and concluding. The results of this research show that there are several applications of memorization and bandongan methods in learning the book of nahwu at the Tanjung Pasir Al-Awwabien Islamic Boarding School, Jambi. The process method of memorizing: a). Encoding, b). Storage and c). Retrieval. Meanwhile, the bandongan method uses the process: a). A kiai or ustadz creates good communication, b). Starting teaching, c). At a high level of learning, the application of the sorogan method, d). Students ask questions and e). Closing. There are supporting factors, namely competent teachers, surrounding conditions and adequate facilities, while inhibiting factors are language factors, material that is too much and difficult to understand, different abilities of students, time allocation and wrong thinking of students. The efforts or solutions made include linking it with Indonesian, dividing sub-chapters in several meetings, re-explaining material that has not been understood, not pushing limits on memorization, paying more attention to students, providing motivation, flexible time and more innovative teachers.

Keywords: Memorization Method, Bandongan Method, Nahwu Book.

 

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penerapan metode menghafal dan bandongan dalam pembelajaran kitab nahwu di Pondok Pesantren Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode, mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta upaya yang dilakukan guru terhadap faktor penghambat dalam penerapan metode menghafal dan bandongan dalam pembelajaran kitab nahwu di Pondok Pesantren Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana peneliti menjadi instrument kunci. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran nahwu, santri/santriwati, Kepala Madin Wustho serta Khuwaidim Pondok Pesantren Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa penerapan metode menghafal dan bandongan dalam pembelajaran kitab nahwu di Pondok Pesantren Tanjung Pasir Al-Awwabien Jambi. Adapun metode menghafal dengan proses: a). Encoding, b). Storage dan c). Retrieval. Sedangkan metode bandongan dengan proses: a). Seorang kiai atau ustadz menciptakan komunikasi yang baik, b). Memulai pengajaran, c). Pada pembelajaran tingkat tinggi, penerapan metode sorogan, d). Santri bertanya dan e). Penutup. Terdapat faktor pendukung yaitu guru yang kompeten, keadaan sekitar dan fasilitas yang memadai, sedangkan faktor penghambat yaitu faktor bahasa, materi yang terlalu banyak dan sulit difahami, kemampuan santri yang berbeda, alokasi waktu dan pemikirin santri yang salah. Adapun upaya atau solusi yang dilakukan diantaranya, mengkaitkan dengan bahasa Indonesia, membagi sub bab dalam beberapa pertemuan, menjelaskan kembali materi yang belum difahami, tidak memaksakan batas hafalannya, lebih perhatian kepada santri, memberikan motivasi, fleksibel waktu dan guru lebih inovatif.

 

Kata Kunci:Metode Menghafal, Metode Bandongan, Kitab Nahwu.


Full Text:

PDF

References


Abdul Adib, “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren” Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 No. 01 Januari-Juni 2021.

Abu Fawwaz Nasrul Mas’udi Bin Mulkan Bin Syakir Hafidzhahullahu Ta’ala, Al Ifaadah: Aqidah Dasar Salafiyah, Indonesia: Maktabah Kampung Baru, 2018.

Albi Anggito dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: Jejak, 2018.

Ali As-Sahbuny, Kamus Al-Qur’an: Quranic Explorer, Jakarta: Shahih, 2016.

Anonim, Al-Quran Dan Terjemahannya, Jakarta: Maktabah Al-Fatih Rasyid Media, 2015.

Ayu Andriani, Profil Pelajar Penguatan Pancasila Melalui Disiplin Positif (DISPOS), Jawa Tengah: Maghza Pustaka, 2022.

Bidari, “Analisis Bahasa Arab Dalam Kitab Darusullughah Juz II Karya KH. Imam Zarkasyi Dan KH. Imam Subani” MAHAROT: Jurnal Of Islamic Education, Vol 2, No. 2, Juli-Desember 2018.

Darmadi, Pengembangan Model dan Metode Pemebelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Darul Abror, Kurikulum Pesantren (Model Integrase Pembelajaran Salaf dan Khalaf), Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2020.

Miftah Fauzi, Dasar-Dasar Ilmu Nahwu, Jawa Barat: Guepedia, 2022.

Mislan dan Edi Irwanto, Buku Ajar Strategi Pembelajaran, Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha, 2019.

Moh. Zaiful Rosyid, et.al, Pesantren Dan Pengelolaanya, Jawa Timur: Duta Media Publishing, 2020.

Muhammad Ali Al-Khuliy, Model Pemebelajaran Bahasa Arab, Jawa Barat: Royyan Press, 2016.

Muhammad Zulifan, Bahasa Arab Untuk Semua (Metode Praktis Memahami Bahasa Arab Dan Al-Qur’an), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018.

Muliatu Maghfiroh, Tradisi Mambaca di Kabupaten Sampan (Perspektif Sosio Religious), Jawa Timur: Duta Media Publishing, 2017.

Rianawati, Implementasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Kalimantan Barat: IAIN Pontianak Press

Sandu Siyoto dan Ali Sodik, Dasar Metodoloi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Sri Minarti, Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoritis Dan Aplikatif, Jakarta: Amzah, 2013.

Sucipto, Tahfidz Al-Quran Melejitkan Prestasi, Jawa Barat: Guepedia, 2020.

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2018.

Tim Redaksi Majalah Tebuireng, Dakwah Kiai Google: Harukah Kita Terima Begitu Saja?, Jawa Timur: Majalah Tebuireng, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.10590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah