Dakwah Tauhid Syaikh Abdurrahman Siddik terhadap Perdukunan di Bangka

Mutiara Andini (IAIN SAS Babel, Indonesia)

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dakwah tauhid yang dilakukan Syaikh Abdurrahman Siddik terhadap praktik perdukunan di Pulau Bangka. Penekanan pada artikel ini merupakan pendekatan dakwah yang di pakai Syaikh dalam menyebarkan pemahaman tauhid yang sahih dan menghilangkan praktik perdukunan bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam di Pulau Bangka. Metode penelitian pada artikel ini adalah studi kepustakaan. Kemudian, dianalisis menggunakan fenomenologi yang terjadi di lapangan dan dikaitkan dengan teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Syaikh Abdurrahman Siddik menggunakan pendekatan yang komprehensif dalam dakwahnya terhadap perdukunan di Bangka. Syaikh mengajarkan unsur utama dalam ajaran Islam yaitu aqidah, syari’ah, dan akhlak yang berlandaskan pada dalil-dalil Al-Qur’an dan hadis untuk menyampaikan pesan-pesan tauhid yang kuat kepada masyarakat setempat. Selain itu, beliau juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep tauhid kepada para pengikutnya melalui ‘ngaji duduk’. Dalam upaya praktik menghapus perdukunan, Syaikh Abdurrahman Siddik menyadari pentingnya pendekatan persuasif dan penyadaran yang bertahap.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardani, Irfan. (2013). “Eksistensi Dukun dalam Era Dokter Spesialis.” Dalam Lakon: Jurnal Kajian Sastra dan Budaya, 1(2).

Arthani, Ni Luh Gede Yogi 2015. “Praktik Paranormal dalam Kajian Hukum Pidana di Indonesia”: Jurnal Advokasi 5(1).

Basuki, Imam. (2020). E-Prosiding Seminar Nasional. Sastra Lisan dan Humaniora: Fitur Bahasa Dalam Mantra Pengasihan, 1(1).

Daud, Dios. (2016). Peran sosial dukun kampong dalam kehidupan masyarakat Desa Simpang Rusa Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung. Skripsi Thesis: Universitas Bangka Belitung.

Faisal, dkk. (2023). “Pemaknaan Kebijakan Kriminal Perbuatan Santet dalam RUU KUHP.” Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 5(1).

Hasan, Subrahi. (2021). “Syaikh Abdurrahman Siddiq Biografi, Dakwah dan Pendidikan”, Puding Besar, http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/258/3/Buku%20SAS_compressed.pdf).

Habibi, Ikhsan. Dosen. Wawancara. Mendo Barat, 11 Mei 2023.

Harmi, Zulkifli, dkk. (2006). Transliterasi dan Kandungan Fath Al-‘Alim Fi Tartib Al-Ta’lim. Bangka: Shiddiq Press.

Janawi, D., & Islam, I. A,.(2015). Agama Adat Suku Mapur Bangka: Studi Tentang Sistem Kepercayaan dan Budaya Orang Lom. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Masrin, Suryan. (2021). Sedekah Kampung Peradong; sebuah tradisi di tanah Bangka. Guepedia.

Nirwandi, Deby. (2023). Praktik Perdukunan, EA Malah Disetubuhi.

Nurdin, Ali. (2015). Komunikasi Magis: Fenomena Dukun di Pedesaan. Yogyakarta: PT LKiS Printing Cemerlang.

Pratama, Riki. 2023. Praktik Perdukunan Masih Marak, Miftahul Ulum: Akibat Kurang Pemahaman Agama dan Lemahnya Iman.

Putra dkk. (2020). “Tinjauan Yuridis Terhadap Delik Santet Dalam Perspektif Pembaharuan Hukum Pidana Indonesia.” Jurnal Kertanegara, 9(2).

Sulaiman, Saimie. (2014). “Strategi Bertahan (Survival Strategy): Studi Tentang Agama Adat Orang Lom di Desa Pejem, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”. Jurnal Society. 2(1), hlm. 1-14.

Wijaya, Nopri Ismi dan Taufik. (2022). Ritual Para Dukun Menjaga Hutan Tersisa Pulau Bangka. available: https://projectmultatuli.org/ritual-para-dukun-menjaga-hutan-tersisa-pulau-bangka/.

Yuhaidir, Ismail. (2012). “Konsep Tauhid Syaikh'Abdurrahman Shiddiq dalam Kitab ‘Amal Ma'rifah”. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. hlm 5-6.

Zarkasi, Effendi. (1999). Khotbah Jumat Aktual. Jakarat: Gema Insani.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v17i2.8335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.