Tantangan Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Era Teknologi Informasi: Formulasi Materi di Youtube

Ahmad Mutawalli Nasution Wali (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)
Muhamad Zen Zen (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)

Abstract


Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama memiliki banyak kader yang menyampaikan materi dakwahnya melalui youtube. Hari ini Pengurus Besar Pengurus Dakwah Nahdlatul Ulama harus mengikuti perkembangan zaman di era teknologi dan informasi, karena seluruh kalangan baik dari pemuda sampai orangtua menggunakan youtube. Alangkah baiknya da'i bisa berkolaborasi dalam mendorong dakwah di media sosial seperti youtube. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau gambar. Dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan suatu objek atau fenomena yang didapat. Dengan teknik pengumpulan data secara Etnografi Onlineyang dilakukan dengan meneliti data-data online di media pemberitaan online, media sosial, dan situs-situs lainnya. Adapun hasil penelitian ini bahwa tantangan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama pada era teknologi dan informasi mengalami kendala pada media sosial di youtube. Para kader dari Nahdlatul Ulama masih kurang dalam mensyiarkan dakwah islam di youtube mengakibatkan ustadz-ustadz salafi lebih unggul dalam mensyiarkan dakwah islam terlihat dari followers dan jumlah video yang di upload di youtube. Adapun strategi yang bisa dikerjakan dalam menghadapi tantangan, (1) Dengan memproduksi konten-konten dakwah yang bermanfaat dan menunjukkan Islam yang damai. (2) Konten harus menarik.(3) Kesesuaian dakwah dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi. (4) Harus ada dai atau juru dakwah yang berstandar di ormas. (5) Istiqomah dalam mensyiarkan dakwah Islam menurut ajaran Ahlussunnah Wal Jama'ah .


Full Text:

PDF

References


Abdullah. 2019. Strategi Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dalam Menghadapi Tantangan Dakwah di Era Global. Jakarta: FIDIKOM UIN Jakarta.

Ali, Hasanuddin, Lilik Purwandi, Harry Nugroho, Taufiqul Halim, and Kharisma Firdaus. 2019. “Indonesia Moslem Report 2019,” no. December: 11–14. www.alvara-strategic.com.

Anggito & Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Erwin Jusuf Thaib. 2021. Problematika Dakwah Di Media Sosial. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Fathoni, Ahmad. 2019. “KH Afifuddin Muhajir Dan Gus Baha Jabat Rais Syuriyah PBNU,” NU Online. https://www.nu.or.id/post/read/110421/kh-afifuddin-muhajir-dan-gus-baha-jabat-rais-syuriyah-pbnu.

https://www.nu.or.id/nasional/kh-zakky-mubarak-jelaskan-tantangan-ldnu-di-era-teknologi-informasi-MAurm.

Kozinets, R. V. 2010. Netnography Doing Ethnographic Research Online. California: Sage Publications.

Munim, M. A. 2014. Metodologi Penelitian Untuk Pemula. PUSDILAM.

Najwa Shihab. 2020. “Lebih Dekat Dengan Gus Baha (Part 1) Shihab & Shihab.” 2020. https://www.youtube.com/watch?v=TDspKy-JHNU&ab_channel=NajwaShihab

Syamsuriah. 2019. Tantangan Dakwah di Era Milenial, Jurnal Ilmiah Islamic Resources FAI-UMIMakassar, Volume 16, Nomor 2. hlm. 169 https://www.researchgate.net/publication/343123632_Tantangan_Dakwah_di_Era_Milenial.

Wirawan, Abdillah. 2020. “K. Friendly Islamic Preaching Through Literary Works: Study Of Lukisan Kaligrafi Short Story Collection By A. Mustofa Bisri”. Teosofia: Indonesian Journal of Islamic Mysticism 9(1). https://doi.org/10.21580/tos.v9i1.5361.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v17i2.8100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.