Efektivitas Media Dakwah Feed Instagram Sebagai Konsep Dakwah Bagi Generasi Milenial

Afaf Wafiqoh Nusaibah (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)

Abstract


This study discusses the Effectiveness of the Instagram Feed Da'wah Media as a Da'wah Concept for the Millennial Generation. The purpose of this study is to find out how the millennial generation can use social media as a means of da'wah and can be well received by the community, namely by explaining how to use social media, especially Instagram as a medium of da'wah and explaining what are the supporting and inhibiting factors in preaching on social media, especially on Instagram. The method used in this research is qualitative research, the type of library research method or it can also be called the type of library research, the data sources are obtained from various journals related to this research. The results in this study are the application of the type of library research method or can be called the type of literature study in the effectiveness of Instagram feeds as propaganda media in the millennial era. The Instagram feed invites attraction for users, even most users can receive and consume da'wah material easily and not boringly, because on the Instagram feed there is a feature that can upload videos, images and audio so that users don't get bored and can receive da'wah material properly. . In this case, the da'i are also required to be creative in order to give their da'wah well. The findings obtained in this article are that the use of Instagram feeds as propaganda media is quite effective in its implementation.

Keywords: Millennial Generation, Da'wah, Instagram Feed.

 

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Media Dakwah Feed Instagram Sebagai Konsep Dakwah Bagi Generasi Milenial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana generasi milenial bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana dakwah dan dapat diterima baik oleh masyarakat yaitu dengan menjelaskan bagaimana pemanfaatan media sosial terutama Instagram sebagai media dakwah serta menjelaskan apa faktor pendukung dan penghambat dalam berdakwah dimedia sosial terutama pada instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian kualitatif, jenis metode penelitian kepustakaan atau bisa disebut juga dengan jenis penelitian kepustakaan, sumber datanya diperoleh dari berbagai jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dalam penelitian ini adalah penerapan tipe metode library research atau bisa disebut tipe studi pustaka dalam efektivitas feed Instagram sebagai media propaganda di era milenial. Feed instagram mengundang daya tarik bagi pengguna, bahkan sebagian besar pengguna dapat menerima dan mengkonsumsi materi dakwah dengan mudah dan tidak membosankan, karena pada feed instagram terdapat fitur yang dapat mengupload video, gambar dan audio yang membuat pengguna tidak bosan dan dapat menerima materi dakwah dengan baik. Dalam hal ini, para da’i juga dituntut untuk kreatif agar dapat memberikan dakwahnya dengan baik. Temuan yang didapatkan dalam artikel ini adalah dalam pemanfaatan feed instagram sebagai media dakwah terbilang efektif dalam pelaksanaannya.

Kata Kunci: Generasi Milenial, Dakwah, Feed Instagram.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aminudin, A. (2016). Konsep Dasar Dakwah. Al-Munzir, 9(1), 29–46.

Anggraini, D. (2012). Efektivitas Media Sosial Instagram dalam Penyampaian Pesan Dakwah (Studi Pada Akun Instagram @islamdakwahcom). Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699.

Avifah, N. (2017). Efektivitas Dakwah Islam Melalui Sosial Media Instagram (Studi Akun Instagram Indonesia Menutup Aurat). rAUSHAN fIKR, 6(2), 223–237.

Deslima, Y. D. (2018). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Bagi Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Uin Raden Intan Lampung.

Fakhruroji’, M., & Muhaemin, E. (2017). Sikap Akademisi Dakwah Terhadap Internet Sebagai Media Dakwah. Jurnal Sosioteknologi, 16(April).

Hendra, T., & Saputri, S. (2020). Tantangan Dakwah Dalam Arus Perkembangan Komunikasi Media Sosial. Al Hikmah, 7, 50–60.

Junaidi. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Dikalangan Mahasiswa Kabupaten Aceh Barat. Ilmu Komunikasi, 6(2), 174.

Khairina, U. (n.d.). Jurnal Peurawi : Media Kajian Komunikasi Islam.

Lestari, P. P. (2020). Dakwah Digital Untuk Generasi Milenial. Jurnal Dakwah, 21(1), 41–58.

Mulia, B. N. (2018). Efektivitas Media Sosial Instagram @Fuadbakh Sebagai Media Dakwah (ditinjau dari teori jarum hipodermik). Skripsi, 14–15.

Mutiawati, I. (2018). Dakwah di Media Sosial (Studi Fenomenologi Dakwah di Instagram). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(3), 1–151.

Nugrahaini, K. D. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Bagi Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Angkatan 2016 Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga Tahun 2020. 9.

Nur, D. M. (2015). Dakwah Teori, Definisi Dan Macamnya. Wardah, 12(2), 135–141.

Pardianto. (2015). Dakwah Multikultural (Studi Alternatif Dakwah Di Era Globalisasi). Mediasi, 9(2), 1–16.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, 5 No. 9, 1–8.

Romadlany, Z., & Farhan. (2019). Penggunaan Instagram Sebagai Trend Media Dakwah Masa Kini Studi Akun Instagram Pondok Pesantren Nurul Jadid. 5(1).

Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476

Wahana, H. D. (2015). Pengaruh Nilai-Nilai Budaya Generasi Millennial Dan Budaya Sekolah Terhadap Ketahanan Individu. Jurnal Ketahanan Nasional, 21(1), 14–22.

Zahra, U. F., Sarbini, A., & Shodiqin, A. (2016). Media Sosial Instagram sebagai Media Dakwah. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 60–88. https://doi.org/10.15575/tabligh.v1i2.26

Zulkarnain. (2013). Dakwah Islam di Era Multimedia (Studi atas Minat Para Da’i IKMI Kota Pekanbaru Menggunakan Media Cetak Sebagai Media Dakwah. In Risalah: Vol. XXIV (Issue November, pp. 37–53).

Zulkarnaini. (2015). Dakwah Islam Di Era Modern. Risalah, 26(3), 154file:///C:/Users/User/Downloadsfile:///C:/Users.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v17i1.5056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.