Menciptakan Komunikasi Media Sosial yang Beradab

Sandi Ibrahim Abdullah (Universitas Islam Bandung (Unisba), Indonesia)

Abstract


Media sosial merupakan penanda dari hadirnya industri informasi 4.0, di saat informasi menjadi pusat perhatian khalayak yang saling bertukar satu sama lain dengan pola asimetris. Kehadiran media sosial telah meruntuhkan penguasaan dan pengendalian komunikasi massa. Kehadiran media sosial sebagai konsekuensi kemajuan komunikasi yang ditopang oleh kecanggihan teknologi  informasi sangat memerlukan intervensi moral. Media sosial tidak hanya menjadi ruang dakwah namun juga fungsi ukhuwah, yang satu sama lain dapat membangun jalinan yang dapat saling memberikan manfaat bagi kehidupan, karena sebaik-baiknya manusia adalah bermanfaat bagi manusia lainnya. Keterampilan komunikasi Islam sangat fundamental dibutuhkan pada komunikasi di media sosial. Upaya ini dapat dimulai dilakukan pada lingkungan komunikasi inti antara lain keluarga, saudara, dan lingkungan sekitar. Selain itu, prinsip Pendidikan komunikasi Islam perlu ditanamkan sejak dini sehingga akan terbentuk resiliensi, kemampuan manusia mengelola dan menghadapi gejolak arus informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif dengan memaparkan persoalan dan berharap mampu menyelesaikan serta memberi solusi terhadap persoalan-persoalan yang berkaitan dengan fenomena komunikasi di media sosial.


Full Text:

PDF

References


Alex Sobur. (2001). Dakwah Alternatif Di Era Global : Suatu Pendekatan Perubahan Sosial. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181.

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Trendsetter Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ismatulloh, A. M. (2017). A.M. Ismatulloh Etika Berkomunikasi dalam al- Qur’an. Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 1(2), 129–146. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/lentera/article/view/918/593

Nur Azhar dkk, Tauhid (2018). Membedah Anatomi Peradaban Digital. Bandung: Tasdiqiya Publisher

Rosyidi, (2004). Dakwah Sufistik Kang Jalal. Jakarta: Kelompok Paramadina

Rakhmat, Jalaludin (1998). Islam Aktual. Refleksi Seorang Cendekiawan Muslim. Bandung: Mizan




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v16i1.4476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.