Youtube Sebagai Media Komunikasi Dalam Berdakwah Di Tengah Pandemi

Ricka Handayani (IAIN PADANGSIDIMPUAN, Indonesia)

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan youtube sebagai media komunikasi dakwah di kota Padangsidimpuan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang ebrsifat deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pengumpulan dokumentasi dan wawancara yang dilakukan dengan menyebarkan link google formulir untuk diisi oleh para informan. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan yang bersifat deskripsi.

Hasil yang diperoleh dari hasil wawancara adalah yang menjadi daya tarik pendakwah untuk membuat konten youtube adalah untuk menyebarkan dakwah dan menyampaikan ilmu. Karena sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin serba digital, pendakwah dituntut untuk menguasai teknologi dan media dalam berdakwah.

Youtube adalah salah satu media yang sejalan dan mendukung dalam penyampaian dakwah yang efektif. Karena visualnya, beragam gaya dan pola, kemudahannya akses, dan durasi yang  lama membuat youtube menjadi media yang paling diminati para pembuat konten. inilah yang menjadi kelebihan youtube dibandingkan dengan media sosial lainnya. Youtube juga lebih efisien dalam penghematan biaya, tempat dan waktu. Dengan youtube, ceramah dari para pendakwah dapat dijangkau oleh masyarakat luas dimanapun dan kapanpun.

 

Kata kunci: Youtube, Media Komunikasi, dan Dakwah


Full Text:

PDF

References


Asep Syamsul M. Romli, Komunikasi Dakwah: Pendekatan Praktis, Bandung: www.romeltea.com, 2013. Burhan Bungin, Penelitian Kualitatis (Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya) Edisi Kedua, Jakarta: Kencana, 2017. Onong Uchjana Effendy, Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek), Tangerang Selatan: Rosda, 2019. Wahidin Saputra, Pengantar Ilmu Dakwah, (Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2012). Jurnal Farida Nur Rahma dan Mada Wijaya Kusumah, Youtube Sebagai Media Dakwah Masa Pandemi Covid 19 (Studi Analisis Konten Dakwah Channel Muslimah Media Center 15-30 Juni 2020), Prosiding “Dakwah Di Masa Pandemi Covid-19. Farihah, Irzum. Media Dakwah POP, Jurnal At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol.1, No. 2, 2013, h.28. Guntur Cahyono dan Nibros Hassani. Youtube: Seni Komunikasi Dakwah dan Media Pembelajaran, Jurnal Al-Hikmah, Vol. 13, No. 1, 2019. Mubasyaroh, Dakwah dan Komunikasi (Studi Penggunaan Media Massa dalam Dakwah), Jurnal At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 4, No. 1, 2016. Fatma Laili Khoirun Nida. Persuasi dalam Media Komunikasi Massa, Jurnal At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 2, No. 2,2014. Fatty Faiqah, dkk. Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram, Jurnal Komunikasi Kareba, Vol. 5, No. 2, 2016. Website Digital in Indonesia: All the Statistics You Need in 2021 — DataReportal – Global Digital Insights diakses tanggal 24 Maret 2021 Pukul 11:57 Wib.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v15i1.3569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.