Strategi Dakwah Antar Budaya

Mohd Rafiq (Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Strategi merupakan sebuah daya upaya dan kemampuan yang dilakukan untuk  menangani dan merencanakan sesuatu, tujuannya untuk menggapai kemenangan dan meraih hasil sesuai yang diinginkan. Strategi dakwah merupakan perencanaan dan pengarahan segala aktivitas dan operasionalitas dakwah Islamiah yang dilakukan secara objektif, ilmiah dan memperhatikan aspek rasionalitas untuk mencapai tujuan-tujuan ajaran Islam yang mencakup seluruh aspek kemanusiaan. Strategi dakwah memiliki konsep dan langkah-langkah yang terorganisir dalam mendayagunakan potensi yang dimiliki untuk menyebarkan dakwah kepada audiens dengan mempertimbangkan berbagai macam hambatan dan tantangan yang dihadapi, dan melalui hasil penelitian, serta mampu menyahuti kebutuhan masyarakat. Strategi dan metodologi dakwah yang kondusif pada masyarakat yang berbeda budaya dirumuskan melalui pertimbangan, rencana kegiatan pelaksanaan dakwah, mengenali dan memahami medan dakwah, menetapkan jangka waktu kegiatan pelaksanaan dakwah, menentukan tekanan aspek pembicaraan dakwah, serta merumuskan target dan tujuan yang hendak dicapai.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Amrullah, ed., Dakwah Islam dan Transformasi Sosial Budaya (Yogyakarta: PLP2M, 1985), hlm. 13.

Al-Faruqi, Isma’il R. dan Lois Lamya Al-Faruqi, Atlas Budaya Islam Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang, diterjemahkan oleh Ilyas hasan dari judul asli The Cultural Atlas of Islam (Bandung: Mizan, 2000).

Azra, Azyumardi, Islam Reformis Dinamika Intelektual dan Gerakan (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999).

Basyaib, Hamid dan Hamid Abidin, ed., Mengapa Partai Islam Kalah? Perjalanan Politik Islam dari Pra-Pemilu ’99 sampai Pemilihan Presiden (Jakarta: Alvabet, 1999).

Bellah, Robert N., Beyond Belief, Esei-Esei Tentang Agama di Dunia Modern, Menemukan Kembali Agama, diterjemahkan oleh Rudy Harisyah Alam dari judul asli, Beyond Belief Essays on Religion in Post-Tradisionalist World (Jakarta: Paramadina, 2000).

Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia (Jakarta: Gramedia, 1979).

Gibb, H.A.R., Modern Trends in Islam (Beirut: Librairie du Liban, 1975).

Harahap, Syahrin, Islam Konsep dan Implementasi Pemberdayaan (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1999).

Koentjaraningrat, Kebudayaan Mentalitet dan Pembangunan (Jakarta: Gramedia, 1974).

Pratiknya, A. Watik, Konsep dan Strategi Dakwah Kultural Muhammadiyah (Makalah) Seminar Antarbangsa Pengajian Dakwah Malaysia-Indonesia, (Medan, 18 Mei 2002).

Ridwan, M. Deden, ed., Tradisi Baru Penelitian Agama Islam Tinjauan Antardisiplin Ilmu (Bandung: Nuansa, 2001).

Shiddiqi, Nourouzzaman, Jeram-jeram Peradaban Muslim (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996).

Soebardi, S. dan Woodcraft-Lee, Islam in Indonesia, dalam Raphael Israeli, ed. The Crescent in the East, Islam in Asia Major (London: Curzon Press, 1982).

Solissa, Abdul Basir, dkk. ed., Alquran dan Pembinaan Budaya Dialog dan Transformasi (Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam, 1993).

Sulthon, Muhammad, Menjawab Tantangan Zaman Desain Ilmu Dakwah, Kajian Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis (Yogyakarta: Kerjasama Pustaka Pelajar dengan Walisongo Press, 2003).

Suparlan, Parsudi, “Kata Pengantar” dalam Roland Robertson, Agama: Dalam Analisis dan Interpretasi Sosiologis (Jakarta: Rajawali, 1988).




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v14i2.3305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.