Implementasinilai Keislaman Melalui Majlis Taklim

Malidiya Umi Handayani (IAIN Purwokerto)

Abstract


Abstrak

Dengan kondisi masyarakat sekarang seperti telah kehilangan sifat religius dalam jati diri umat muslim. Umat muslim sekarang belum mampu mengekspresikan jati dirinya secara maksimal. Pada zaman global sekarang ini umat muslim harus memiliki mental untuk bisa menghadapi zaman ini. Melalui majlis taklim diharapkan umat muslim bisa menjadi insan yang bernuansa islami serta mampu membangun perdaban yang lebih baik. Majlis taklim memiliki peranan yang sangat penting khususnya membentuk jiwa dan kepribadian muslim, meningkatkan ajaran Islam serta mengamalkan nilai keislaman. Nilai keislaman tidak hanya dipahami saja namun harus dihayati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya kehidupan bermasyarakat. Dengan pengamalan ajaran Islam maka kehidupan dalam bermasyarakat menjadi sejahtera. Sebagai lembaga pendidikan nonformal ini keberadaan majlis taklim tidak hanya sebagai pengajian saja, akan tetap sebagai penyelengaraan pengajaran atau pengajian agama. Oleh karena itu, majlis taklim sebagai sarana dakwah untuk peningkatan hidup umat Islam sesuai tuntutan ajaran agama, khususnya peningkatan kualitas moral masyarakat dalam zaman yang sudah maju ini.

Kata Kunci: Majlis Taklim, Nilai Keislaman, Masyarakat.

 


Full Text:

PDF

References


Herlmawati. 2013. Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis taklim.Jakarta: PT Rineka Cipta

Hidayat, Fahri. 2018. Islamic Building Kontruksi Dasar dalam Bangunan Studi Islam. Yogyakarta: Pustaka Senja.

Hidayat, Fahri. 2015. Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam 04(2), 299-318.

Hidayat, Fahri. 2019. Perspektif Peneliti Outsider Terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat Muslim (Kajian pada Pemikiran Frederick M. Denny). Cakrawala: Jurnal Studi Islam. 14(2), 102-112.

Khodijah, Nyanyu. 2018. Majelis Taklim Asy-Syifa:Potret Majelis Taklim Dalam Komunitas Muslim Muallaf di Bali. Jurnal Ri’ayah. 03(2), 84-98.

Mahmud Halim, Abdul Ali. 2019. Jalan Dakwah Muslimah. Solo: PT. Era Adicitra Intermedia

Mufarroh, dan Jadidah, Amatul. 2016. Paradigma Pendidikan Alternatif : Majelis Taklim Sebagai Wadah Pendidikan Masyarakat. Jurnal Pusaka. 07, 27-42.

Sarbini, Ahmad. 2010. Internalisasi Nilai Keislaman Melalui Majelis Taklim. Jurnal Ilmu Dakwah. 05, 16

Subandi, Ahmad. 2014. Ilmu Dakwah:Pengantar Ke Arah Metodologi, Bandung: Syahida.

Syam, Nur. 2009. Tantangan Multikulturalisme Indonesia: Dari Radikalisme Menuju Kebangsaan. Yogyakarta: KANISIUS.

Wirutomo, Paulus. 2012. Sosiologi Untuk Jakarta: Menuju Pembangunan Sosial-Budaya. Jakarta: Lembaga Pemberdaya Masyarakat Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v15i1.3256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.