Etika Komunikasi Dalam Berdakwah

Tomi Hendra (IAIN Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


Abstract

In the context of social relations, each individual will interact with each other. Interactions that are carried out because there is an intention, either only limited to conveying information, or influencing individuals to achieve certain other goals. In the process of interaction, this is the meaning of communication.

Communication cannot be separated from moral bonds which implicitlt constitute the nature of communication actors to be reated well and politely. Da’wah activities are activities that cannot be separated from communication ethics. So in this case the extent of communication ethics in preaching in current conditions. This paper seeks to discuss explanations related to the theme in question.

Meanwhile, the purpose of this study is to examine communication ethics in preaching. The approach method used in this research is library research, with a descriptive analysis method

The results of research by preachers when communicating should stich to a strong ethical foundation, both ethical foundations relating to norms prevailing in society as well as those that have been stated firmly in the al quran and hadith.

Key words: communication ethics, da’wah

 

 

 

 

 

 

 

Abstrak

Dalam konteks hubungan sosial, setiap individu akan berinteraksi satu sama lainnya. Interaksi yang dilakukan karena ada maksud, baik hanya sebatas menyampaikan informasi, atau mempengaruhi individu untuk mencapai tujuan- tujuan tertentu lainnya. Dalam proses interaksi inilah pengertian komunikasi. 

Komunikasi tidak dapat dilepaskan dari ikatan- ikatan moral yang secara tersirat merupakan fitrah pelaku-pelaku komunikasi agar diperlakukan dengan baik dan santun. Kegiatan dakwah merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dengan etika komunikasi. Maka dalam hal ini sejauh mana etika komunikasi dalam berdakwah pada kondisi saat ini. Tulisan ini berupaya membahas pemaparan yang berhubungan dengan tema yang dimaksud.

Sementara itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji etika komunikasi dalam berdakwah. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu library reseach, dengan metode deskriptif analisis.

Hasil penelitian para juru dakwah ketika berkomunikasi selayaknya berpegang teguh kepada landasan etika yang kuat, baik landasan etika yang berkaitan dengan norma-norma yang berlaku di tengah-tengah masyarakat maupun yang telah dituangkan dengan tegas di dalam Al Quran dan Hadis.

 

Kata kunci: Etika Komunikasi, Berdakwah

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Kepustakaan

Abdul Basit,(2013), Filsafat Dakwah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, hal 13.

Anwar Arifin, (2011), Dakwah Kontemporer, Yogyakarta: graha ilmu, hal 35.

Barkah Hadamean Harahap, (2019), Etika Komunikasi Dalam Berdakwah, Jurnal Tadbir, Jurnal Manajemen Dakwah, Volume 1 Nomor 2 Desember

M. Munir,(2003),Metode Dakwah, Jakarta: Kencana, hal. 65.

Onong Uchjana Effendi, (2009),Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, hal 10.

Roni Tabroni,(2012),Komunikasi Politik Pada Era Multimedia, Bandung; Simbiosa Rekatama Media, hal. 55,

Rulli Nasrullah,(2012), Komunikasi Antarbudaya Di Era Budaya Siber, Jakarta: Prenadamedia Grup, hal. 2

Syaiful Bahri Djamarah,(2004), Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta, hal 11

Tomi Hendra, (2018), Profesinalisme Dakwah Dalam Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal At-Taghyir: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Pengembangan Masyarkat Desa, Volume 1 Nomor 1

Wahyu Ilaihi,(2013), Komunikasi Dakwah, Bandung: Remaja Rosdakarya, hal. 1,

Wahyu Ilaihi,(2013), Komunikasi Dakwah, Bandung: Remaja Rosdakrya, hal. 5, https://rumaysho.com/18160-tsalatsatul-ushul-empat-kaedah-dalam-berdakwah.html




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v15i1.3225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.