Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Perwujudan Keluarga Sakinah

Sri Ayu Rayhaniah (IAIN Samarinda, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal terhadap perwujudan keluarga sakinah. Penelitian di lakukan di Kelurahan Loa Bakung, Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini bersifat eksplanasi kuantitatif, yaitu dengan statistik inferensial melakukan pengujian  hipotesis di lapangan untuk mencari hubungan (korelasi). Dari jumlah populasi 3.830 kepala keluarga diambil sampel 98 responden (terdiri dari 49 laki-laki dan 49 perempuan), dengan teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster sampling.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan rumus korelasi Pearson product Moment.

Setelah dilakukan penelitian, maka diperoleh hasil bahwa pengaruh komunikasi interpersonal terhadap perwujudan keluarga sakinah adalah sedang, yaitu dengan nilai r = 0,521. Angka korelasi antara komunikasi interpersonal (X) dan keluarga sakinah (Y) tidak bernilai negatif, berarti di antara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif.

Selanjutnya dilakukan uji t dan mendapatkan hasil bahwa thitung lebih besar daripada ttabel signifikansi 5 %, yaitu 11,35 > 1,980. Maka hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Dan ini berarti memang ada pengaruh (korelasi  yang signifikan) antara komunikasi interpersonal (X) dan keluarga sakinah (Y).

Sedangkan sumbangsi komunikasi interpersonal terhadap perwujudan keluarga sakinah adalah . Artinya perwujudan keluarga sakinah mendapat sumbangan dari komunikasi interpersonal sebesar 27,14 %, dan 72,86 % disumbangkan oleh faktor lain.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v15i1.3100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.