Improving Listening Mastery by Using Dictogloss Technique at the VIII Grade Students of SMP Negeri 2 BatangAngkola

Fitri Khoirunnisah ()
Fitriadi Lubis (, Indonesia)
Sojuangon Rambe (IAIN Padanngsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah Listening siswa dalam bahasa Inggris. Masalah penting yang mempengaruhi listening siswa adalah: prestasi listening siswa rendah, siswa pasif di kelas, siswa merasa bingung dan sulit untuk melakukan tugas mendengarkan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan listening dengan menggunakan teknik diktoglos pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 BatangAngkola dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan penguasaan listening dengan menggunakan teknik dictogloss pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 BatangAngkola. Terkait dengan tujuan penelitian, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 BatangAngkola. pada tahun akademik 2017/2018. Ada 24 siswa sebagai sample dan juga berkolaborasi dengan guru bahasa Inggris. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik catatan observasi, wawancara, dan tes (tes siklus 1 dan tes siklus 2). Peneliti menganalisis nilai rata-rata siswa dan menggunakan uji-t untuk mengetahui peningkatan signifikan penguasaan listening siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik dictogloss dapat meningkatkan penguasaan listening siswa termasuk siswa dapat mendengarkan dan melakukan tugas mendengarkan. Selain itu, peningkatan penguasaan listening siswa dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata tes listening pada siklus pertama adalah 58,95 (16,66%) dan tes listening pada siklus kedua adalah 74,79 (25%). Berdasarkan catatan pengamatan menyatakan situasi kelas juga membaik. Perbaikan situasi kelas termasuk: Sebagian besar siswa aktif dan komunikatif selama proses belajar mengajar dan siswa mulai lebih antusias dalam mendengarkan kelas.


Keywords


improving, listening mastery & dictogloss technique

Full Text:

PDF

References


Student of English Education Department, FTIK, IAIN Padangsidimpuan.

Feyten C, The Power of Listening Ability. An Overlooked Dimension in Language Acquisition.(The Modern Language Journal, vol 2) 1991.

Masliani, English Teacher SMPNegeri 2 BatangAngkola, Private interview.(August 03th , 2016 at 09.00 am)

Vasiljevic.Z, Dictoglossas an Interactive Method of Teaching Listening Comprehension to L2 Learners.English Language Teaching (The Internet TESL Journal: Vol.v, No.12) 1999.

Ai SitiDjamilah and Anwar Sofyanda, Learning More English 2 for Grade VIII Junior High School, (Bandung: Grafindo Media Pratama) 2015.

A.Saricoban, Teaching English to Children, (The Internet TESL Journal Vol.v, No.12) 1999.

M. Underwood, Teaching Listening, (New York:Longman inc)1985.

J. Margareth, Teaching Listening and Speaking, (New York: The Macmillan Company) 1988.

Jack C.Richard and Willy A. Renandya, Methodology in Language Teaching Anthology of Current Practice, (England: Cambrige University Press) 2007.

H. Douglas Brown, Language Assessment, Principle and Classroom Practices, (San Fransisco:San FransiscoState University) 2004.

Vasiljevic.Z, Dictoglossas an Interactive Method of Teaching Listening Comprehension to L2 Learners.English Language Teaching (The Internet TESL Journal Vol.v, No.12) 1999.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v6i2.1267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats