Islamic Business Ethics As A Practical Solutions In The Scope Of E-Commerce Business

Havis Aravik (Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang, Indonesia)
Luis Marnisah (Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang, Indonesia)
Achmad Irwan Irwan Hamzani (Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia)

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini membahas etika bisnis Islam sebagai solusi praktis dalam lingkup e-commerce. Tujuan penelitian untuk menjawab bagaimana solusi yang ditawarkan etika bisnis terhadap ruang lingkup bisnis e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (library research) dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis objek penelitian yang berkaitan dengan topik, kemudian dianalisis dan terakhir ditarik kesimpulan serta dideskripsikan dalam bentuk laporan tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam sebagai agama rahmatan lil alamen telah memberikan tuntunan kepada setiap manusia, khususnya kepada seluruh umat Islam, bahwa dalam aktivitas bisnis terdapat etika Islam yang melekat di dalamnya, termasuk dalam lingkup e-commerce. Etika tersebut dimaksudkan agar kegiatan bisnis tidak semata-mata menghasilkan keuntungan materil tetapi lebih dari itu memberikan manfaat lebih sehingga tercapai baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, Islam sangat mengatur berbagai kegiatan bisnis seperti produksi, konsumsi, perdagangan, persaingan dalam bisnis hingga memasarkan suatu produk kepada konsumen. Semua etika ini sangat penting dalam kegiatan bisnis e-commerce.

 

 

Abstract

 

This article discusses Islamic business ethics as a practical solution in the scope of e-commerce. With the objective of the research to answer how the solutions offered by business ethics to the scope of the e-commerce business. This study used a literature approach by describing and analyzing research objects, later analyzed and finally drawing conclusions. The results of this study show that Islam as rahmatanlilalamien religion has provided guidance to every human being, especially to all Muslims, that in business activities there is an Islamic ethic inherent in it, including in the scope of e-commerce. The ethics are intended that business activities do not solely produce material benefits but more than that it gives more benefits so that it is achieved in both the world and the hereafter. Therefore, Islam really regulates various business activities such as production, consumption, trading, competing in business to market a product to consumers.

 


Keywords


Business Ethics, Islam, E-Commerce

Full Text:

PDF

References


Adesy, dan Fordebi. (2016). Ekonomi dan Bisnis Islam; Seri Konsep dan Aplikasi Ekonomi dan Bisnis Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Agustin, H. (2017). Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ahmad Yusuf Marzuqi, A. B. L. (2010). Manajemen Laba dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 7(1), 1–22. https://doi.org/10.34001/jdeb.v7i1.121

Alma, B. (2006). Kewirausahaan; Menumbuhkan Jiwa Wirausaha bagi Mahasiswa dan Masyarakat Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Aravik, H., & Hamzani, A. (2021). Etika Perbankan Syariah: Teori dan Implementasi. Deepublish.

Aravik, H. (2016). Ekonomi Islam: Konsep, Teori dan Aplikasi serta Pandangan Pemikiran Ekonomi Islam dari Abu Ubaid sampai al-Maududi. Empat Dua Intranspublishing.

Bahri S., A. (2014). Etika Konsumsi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 11(2), 347. https://doi.org/10.24239/jsi.v11i2.360.347-370

Hijriah, H. Y. (2016). Spiritualitas Islam dalam Kewirausahaan. Tsaqafah, 12(1), 187. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v12i1.374

Iqbal, Zamir; Mirakhor, A. (2011). An Introduction to Islamic Finance: Theory and Practice. John Wiley & Sons.

Kadir, A. (2013). Hukum Bisnis Syariah dalam Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Kasali, R. (2017). Distruption; Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Uber. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Machmud, A. (2017). Ekonomi Islam Untuk Dunia yang Lebih Baik. Jakarta: Salemba Empat.

Moh.Huzaini, A. H. S. (2017). Etika Bisnis Islam dan Dampaknya terhadap Kesejahteraan Pedagang Sapi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.15548/jebi.v2i1.64

Norvadewi. (2015). Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif). AL-TIJARY : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.21093/at.v1i1.420

Saifullah, M. (2011). Etika Bisnis Islami dalamPraktek Bisnis Rasulullah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 127–156. hhttp://dx.doi.org/10.21580/ws.19.1.215

Sudaryono. (2015). Pengantar Bisnis; Teori dan Contoh Kasus. Yogyakarta: Andi Offset.

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2), 109–118. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Zamzam, H. F., & Aravik, H. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v9i1.3965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: