The Effectiveness Of Batubara's Consumers Disputes Resolution Agency In Consumers Disputes Resolution

Purnama Hidayah Harahap (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract


The mismatch between consumers and producers can cause large potential disputes.The disputes can be resolved outside of the court through the Consumers Disputes Settlement Agency in accordance with Law No. 8 of 1999 concerning consumers protections. The qualitative descriptive method used in this study aims to examine the status of human groups, circumstances or conditions that are not manipulated or normal and natural. The purpose of this research is to find out the obstacles of BPSK in implementing UUPK and investigate the necessary coordination procedures. The results of the study found that the obstacles that hamper BPSK's performance in providing consumers rights protection in accordance with their duties and authority are the quality of human resources, human resources competence where almost 50% of BPSK workers were non-law majors, small funding factors, the lack of assets and knowledge of the community and other institutions about BPSK.
 


Abstrak


Ketidakselarasan antara konsumen dan pelaku bisnis dapat menyebabkan potensi sengketa yang sangat besar. Dalam hal ini perselisihan dapat diselesaikan di luar pengadilan yaitu oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen menurut UndangUndang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk memeriksa status kelompok manusia, keadaan atau kondisi yang tidak dimanipulasi atau normal dan alami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hambatan BPSK dalam mengimplementasikan UUPK, menyelidiki prosedur koordinasi yang diperlukan. Hasil penelitian ditemukan bahwa kendala yang menjadi penghambat kinerja BPSK dalam memberikan perlindungan hak-hak konsumen sesuai dengan tugas dan wewenangnya adalah kualitas sumber daya manusia, Kompetensi perangkat hampir 50% staf memiliki pendidikan sarjana non-hukum, faktor pembiayaan atau alokasi anggaran yang kecil dan kurangnya aset. kurangnya pengetahuan masyarakat dan lembaga lain tentang BPSK.


Keywords


effectiveness, disputes resolution, BPKS

Full Text:

PDF

References


Hartono, Sunaryi. (1994). Penelitian Hukum Indonesia Pada Akhir Abad ke-20. Bandung: Alumni.

Romli, Atmasasmita. Reformasi Hukum. Hak Asasi Manusia & Penegakan Hukum. Bandung: Mandar Maju. 2001.

Suherman, Ade Maman. (2004). Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa. Aspek Hukum dalam Ekonomi Global. Jakarta: Ghalia Indonesia. Anggota IKAPI Indonesia.

Soekanto, Soerjono. (2008). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susanti, Adi Nugroho. Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau dari Hukum Acara Serta Kendala Implementasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2008.

Sunaryati, Hartono. Penelitian Hukum Indonesia PadaAkhir Abad ke-20. Bandung: Alumni. 1994.

Soerjono, Soekanto. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2008.

Soerjono, Soekanto. Efektivitas Hukum dan Penerapan Sanksi. Bandung: CV. Ramadja Karya. 1988.

Yusuf, Shofie dan Somi Awan. Sosok Peradilan Konsumen. Lembaga Konsumen. Jakarta: The Asia Foundation. 2004.

Zulham. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Prenadamedia Group .2013

Journal

Aswandi, Dedi., Marilang dan Nurjannah. Efektivitas Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Dalam Penyelesaian Sengketa Konsumen. Alauddin law development Journal, Universitas Islam NegeriAlauddin Makassar.Vol. 1 No. 3. 2019.

Hasani, Untan. Efektivitas Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (Bpsk) Sebagai Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Dalam Rangka Menwujudkan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen (Studi Bpsk Kota Pontianak) Jurnal Nestor Magister Hukum, UniversitasTanjungpura vol.3 No.3. 2016.

Tami Rusli. Penyelesaian Sengketa Antara Konsumen Dan Pelaku Usaha Menurut Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Keadilan Progresif Volume 3 Nomor 1 MAret 2012. Hidayat, Farid.Efektivitas Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Di DIY Sebagai Alternative Dispute Resolution (ADR) Dalam Industri Keuangan. FEBI UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Kertha Semaya, Vol. 8 No. 4 Tahun 2020.

Hadiati, Mia dan Mariske Myeke Tampi. Efektivitas Mediasi dalam Penyelesaian Sengketa Konsumen oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) di DKI Jakarta. Jurnal Hukum PRIORIS. Vol. 6. No. 1. 2017.

Interview

Putra, A. (2019, August 14). Personal interview.

Husni. (2019, August 16). Personal interview.

Padli. (2019, August 19). Personal interview.

Prabowo, A. (2017, May 31). Personal interview.




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v8i1.2590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: