Urgensi Halal Tourism Makam Sunan Kudus Untuk Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Bayu Tri Cahya (Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)
Waluyo Waluyo (Institut Seni Indonesia Surakarta, Indonesia)
Widi Savitri Andriasari (Institut Agama Islam Negeri Kudus)
Putri Rubiana (Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)

Abstract


Abstrak,

 

Kota Kudus adalah salah satu wilayah keagamaan, dengan dua makam antara sembilan Wali Sanga di Indonesia, makam Sunan Kudus dan makam Sunan Muria. Namun yang lebih fokus pada peneliti ini adalah makam Sunan Kudus yang sering dikunjungi oleh para peziarah dan terletak di kota. Tujuan dari ulasan artikel ini adalah untuk mengungkap peran wisata religi di tempat suci sunan dan dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis, dalam konteks penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa keberadaan objek wisata religius memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pengembangan bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan meningkatkan pendapatan atau pendapatan jika pada hari-hari tertentu, serta dampak lainnya pada kehidupan masyarakat adalah terciptanya lapangan kerja. bagi penghuni di sekitar objek wisata dan tempat wisata outdoor baik untuk keluarga maupun orang lain.

 

 

Abstract,

 

Kudus City is a religious area, with two tombs between nine WaliSanga in Indonesia, the tomb of Sunan Kudus and the tomb of SunanMuria. But what is more focused on this researcher is the tomb of Sunan Kudus which is often visited by pilgrims and is located in the city. The purpose of this review article is to reveal the role of religious tourism in the Sunan shrine and its impact on the economic growth of the surrounding community. This research uses a phenomenological approach, in the context of qualitative research. From the results of these studies prove that the existence of religious tourism objects has a very big influence in business development to increase community economic growth and increase income or income if on certain days, as well as other impacts on people's lives is the creation of employment opportunities. for residents around attractions and outdoor attractions both for families and others.

 

 


Keywords


halal, tourism, Growth

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin, “Metode Penelitian”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2001.

Ambadar, Jackie., MirantyAbidindanYanty Isa, “Dari Peluang Menjadi Usaha: Seri Manual Usaha Praktis”, Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2010.

Acrombie, Nicloas., BryanS.Turnerdan Stephen Hill,“Kamus Sosiologi”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Arifin S. N, Ruslan,. “Ziarah Wali Spiritual Sepanjang Masa”, Yogyakarta: PustakaTimur. 2007.

Cahya, Bayu Tri., Fatmawati dan Supriyadi, Meretas Etos Digital Preneur Melalui Dropship Online Business Berbasis E-Commerce, Conference on Islamic Studies, 2020.

Dharmawati, D.Made, “Kewirausahaan”, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Fahrizal, Muhammad, dkk, “Analisis Dampak Pengembangan Wisata Religi Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim dalam Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Sekitar”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),Vol. 44 No.1 Maret 2017.

Hasyim, Ali Ibrahim, “Ekonomi makro”, Jakarta: Prenamedia, 2016.

Murni, Asfia, “Ekonomika Makro”, Bandung: Refika Aditama, 2013.

Mandala Manurung, dan Prathama Rahardja , “Teori Ekonomi Makro”, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2005.

Republik Indonesia, “Undang-Undang Otonomi Daerah Tentang Kepariwisataan”, (Kuraiko Pratama: Bandung).

S.Pendit, Nyoman, “IlmuPariwisataSebuahPengantar”, Jakarta: PradnyaParamita, 2002.

Sammeng, Andi Mappi “Cakrawala Pariwisata”, Jakarta: Balai Pustaka, 2001 .

Said, Nur, “Jejak Perjuangan Sunan Kudus Dalam Membangun Karakter Bangsa”, Bandung: Brillian Media Utama, 2010.

Sri Rokhlinasari, dan Ridwan widagdo , Dampak Keberadaan Pariwisata Religi terhadap perkembangan ekonomi, “Jurnal Al-Amwal Vol.9 No.1 (2017)”.

Sifiari, dan Masri Singarrimbun, Metodologi Penelitian Survey, Jakarta: LP3ER, 1982.

Smith, Daniel, “The Role of Entrepreneurhip in Economic Growth”, Undergraduate Economic Review, Vol 6:Iss 1,2010.

Situmorang, “Elastisitas Kesempatan Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Upah Minimum dan Suku Bunga di Indonesia tahun 1990-2003”, Jurnal Falsafah Sains, 2005.

Sugiyono, MetodePenelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2012.

Suparyanto, R.W, “Kewirausahaan Konsep Dan Realita Pada Usaha Kecil”, Bandung: Alfabeta, 2016.

Wijaya, Faried, “Seri Pengantar Ekonomi makro”, Yogykarta: BPFR, 2000.

Wirartha, I Made,“Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi”,Yogyakarta: CV Andi Offset, 2006.




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v8i1.2586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: