KEDUDUKAN SYIRKAH ABDAN PERSPEKTIF MAZHAB SYAFI’I

Dedisyah Putra (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Imam Syafi’i yang bernama Muhammad bin Idris as-Syafi’i merupakan salah satu ulama ahlussunnah kenamaan yang mencetuskan salah satu dari empat mazhab yang diakui dalam Islam yang dinisbatkan kepada nama sang imam yaitu mazhab Syafi’i. Namun dalam beberapa persoalan hukum, imam syafi’i sering berseberangan dengan pandangan ulama mazhab yang lain bahkan dalam mazhab sendiri imam syafi’i dikenal memiliki dua pandangan hukum berbeda yang dikenal dengan qaul qadil dan qaul jadid termasuk pandangannya yang berbeda dengan ulama lain seperti mazhab hanafi, maliki dan hambali yang berkaitan dengan syirkah abdan. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa imam syafi’i dalam mazhabnya Kedudukan syirkah abdan  menurut Imam Syafi'i dan pengikutnya. (mazhab Syafi’i) syirkah abdan adalah batil, dikarenakan tidak terdapatnya modal di dalamnya sedangkan dalam suatu usaha harus ada modal. Selain itu, juga terdapat unsur gharar di dalamnya karena setiap tenaga atau keahlian manusia berbeda-beda sehingga ditakutkan adanya salah satu pihak yang dirugikan oleh pihak lain, dengan memanfaatkan keahlian teman seperkongsiannya.

 

Kata Kunci: Hukum, Mazhab Syafi’i, Syirkah Abdan

 

Abstract

Imam Shafi'i named Muhammad bin Idris as-Syafi'i is one of the well-known ahlussunnah scholars who sparked one of the four recognized schools of thought in Islam which are attributed to the name of the priest, namely the Shafi'i school. However, in a number of legal matters, Imam Shafi'i is often at odds with the views of other madhabs. Even within his own school, Imam Shafi'i is known to have two different legal views, known as qaul qadil and qaul Jadid, including views that are different from other scholars, such as the Hanafi school of thought. , maliki and hambali related to syirkah abdan. This research is a descriptive literature study with a qualitative approach. The results of the study show that the position of syirkah abdan according to Imam Syafi'i and his followers is in his school of thought. (Syafi'i school) syirkah abdan is vanity, because there is no capital in it while in a business there must be capital. Apart from that, there is also an element of gharar in it because every human power or expertise is different so one is afraid that one party will be harmed by another party, by utilizing the expertise of their partners.

Keywords: Law, Shafi'i School, Syirkah Abdan


Keywords


Law, Mazhab Shafi'i, Syirkah Abdan

Full Text:

PDF

References


Al-’asqalani, Ahmad bin Ali bin Hajar. Fathul Bari. Maktabah Syamilah. Riyad: Darussalam, 1991.

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail. Shahih Al-Bukhari. Damaskus-Beirut: Dar Ibnu Katsir, 2002.

al-Indunisi, Ahmad. Ensiklopedia Imam Syafi’i, 2008.

An-Nawawi. Al-Majmu S, n.d.

As-Syirazi, Abi Ishaq Ali bin Muhammad. At-Tamhid. Mesir: Daar al-Wafa, 2001.

Asy-Syirozi, Abu Ishaq Ibrahim. Al-Muhadzdzab Fi Al-Fiqhi Imam Syafi’i. Bairut: Darul Kutub Ailmiah, Libanon, 2000.

———. Al-Muhadzdzab Fi Al-Fiqhi Imam Syafi’i. Bairut: Dar Al-Kutub Ilmiyah, 2003.

Az-Zuhaili, Wahbah. Al-Fiqh Al-Islāmī Wa Adillatuhu. Vol 4. Libanon: daar al-Kutub al-ilmiyyah, 2011.

Baihaqi, Ahmad Al. Biografi Imam Syafi’i - Untold Story Imam Syafi’i Dan Kitab Kitabnya. Shahih, 2016. https://www.google.co.id/books/edition/Biografi_Imam_Syafi_i/h9J5CwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=biorafi+imam+syafii&printsec=frontcover.

Dimyathi, Bakri Syatha. I’anah Ath-Thalibin, n.d.

Fadli, Muhammad Rijal. “Tinjauan Historis: Pemikiran Hukum Islam Pada Masa Tabi’in (Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Syafi’i Dan Imam Hanbali) Dalam Istinbat Al-Ahkam.” Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam 8, no. 1 (2020). https://doi.org/10.24235/tamaddun.v8i1.5848.

Hasan, Bakhtiar. “Penolakan Imam Syafi’i Terhadap Istihsan Sebagai Salah Satu Metode Istinbath Hukum Islam.” Al-Risalah: Forum Kajian Hukum Dan Sosial Kemasyarakatan 15, no. 01 (2018): 58–73. https://doi.org/10.30631/al-risalah.v15i01.379.

Husain, Hasan. Nazhariyyah Al-Mashlahah Fi Al-Fiqh Al-Islami. Mesir: Daar Ibn Al-Jauzy, 2004.

Imam Syafi’i. “PENGARUH IJTIHAD IMAM SYAFI’I TERHADAP PERAN AKAL DALAM PEMBENTUKAN HUKUM ISLAM Imam.” Al-Ashlah 1, no. 1 (2022): 46–58.

Majid, MZHA. Biografi Agung Imam Syafi’i, 2014. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=TwFsCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=contoh+syair+arab+imam+syafii+imam+waqi&ots=bp7CDe39TH&sig=wb2APX-tsSDm_dIYZkcfPS32NcU.

Malik bin Anas. Syarh Al-Muwatho’ Lil Imam Malik. Edited by Cairo Dar al-Hadis. Mesir, 1993.

Maradingin, M. Pengantar Perbandingan Mazhab (Cetakan Pertama), 2020.

Maslahah, Kontroversi, Sebagai Sumber, and Tutik Hamidah. “Maslahah Controvers As Sources, Methods and Objectives (Comparative Analysis Study of the Four Madhab)” 7, no. 1 (2022): 19–38.

Mughni Al-Muntaj, n.d.

Mujieb, M. Abdul., Mabruri. Tholhah, and Syafi’ah A. M. Kamus Istilah Fiqih, 1994. https://books.google.com/books/about/Kamus_istilah_fiqih.html?hl=id&id=9SXYAAAAMAAJ.

Muslim, Abul Hasan Muslim bin Hajjaj bin. Sahih Muslim. Darul Kutub ’Ilmiyyah. Riyad: Darussalam, 2007.

Najieh, Abu ahmad. Fikih Mazhab Syafi’i. Fikih Mazhab Syafi’i, 2017.

Purwanto. Metodologi Penelitian Kualitatif, 2012.

Rohmah, Anny Nailatur, and Ashif Az Zafi. Jejak Eksistensi Mazhab Syafi`i Di Indonesia. Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam. Vol. 8, 2020. https://doi.org/10.24235/tamaddun.v8i1.6325.

Sabiq, Sayyid. Fikih Sunnah. Jilid 12. Cairo-Mesir: Daar Ar-Risalah, 2000.

Shidiq, Ghofar. “TEORI MAQASHID AL-SYARI’AH DALAM HUKUM ISLAM.” Majalah Ilmiah Sultan Agung 44, no. 118 (1970): 117–30.

Sunanto, Musyrifah; Sejarah Islam Klasik: Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam, 2003.

Syafrizal, Achmad. Sejarah Islam Nusantara. Islamuna: Jurnal Studi Islam. Vol. 2, 2015. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.664.

Tim Penulis Ensiklopedi Islam. Ensiklopedi Islam Indonesia. Jilid 2, 2002.

Wahbah, al-Zuhayly. Zakat Kajian Berbagai Mazhab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Zuhri, Muhammad. Hukum Islam Dalam Lintasan Sejarah, 1996.




DOI: https://doi.org/10.24952/yurisprudentia.v9i1.7775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi diterbitkan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum 

Jl. T. Rizal Nurdin KM 4,5 Sihitang Padangsidimpuan

e-mail : yprudentia@gmail.com

ISSN CETAK: 2442-6822

ISSN ONLINE: 2580-5134

 

 Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License