Peran Pemberdaya dalam Meningkatkan Strata Ekonomi Masyarakat Kecamatan Puring, Study Masyarakat Rantau

aola nurjannah* -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia

Secara umum penelitian ini bermula dari permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat Kecamatan Puring yang mempengaruhi aspek perkonomian masyarakat, dan yang menjadi fokus penelitian ini adalah peran pemperdaya dalam meningkatkan strata ekonomi dengan pengarahan pengelolaan keuangan masyarakat Puring berupa pembentukan kelompok masyarakat, pengorganisasian, ekonomi kreatif, berdagang dan lainnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan metode penelitiannya adalah obsevasi, wawancara kepada masyarakat Kecamatan Puring, kemudian dianalaisis dengan teknik Miles & Hubberman berupa: Pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data menjadikannya sebagai rencana pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan dan penyaluran keuangan hasil merantau. Hasil penelitian ditemukan bahwa tahapan kegiatan pemberdayaan warga pelaku rantau warga Kecamatan Puring dapat membantu kemandirian ekonomi masyarakat Puring. Selain dari hal itu program pelatihan yang telah dijalankan oleh pemerintah masing- masing desa dan juga pihak swasta dapat menambah tingkat wawasan, keahlian bahkan kesadaran para pelaku ekonomi kreatif. Perkembangan industri kreatif dapat menarik tenaga kerja, terutama para ibu-ibu rumahan yang awalnya kurang produktif menjadi lebih produktif di industri kreatif.

Kata Kunci: Pemberdayaan, Pengorganiasian, Pengelolaan, Kemandirian

  1. Adenansi, Dhio, Moch Zainuddin, and Binahayati Rusyidi. “Partisipasi Masyarakat Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat PNPM Mandiri.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2, no. 3 (2015).

    Fauzi, Ahmad. Etos Bisnis Kaum Santri. 1st ed. Jakarta: Bitread Publishing, 2021.

    Indarti, Nunuk. Pemberdayaan Industri Kecil Dan Menengah Melalui Capacity Building. 1st ed. Pasuruan: Lembaga Academik & Research Institute, 2020.

    Maryani, Dede. Pemberdaya Masyarakat. 1st ed. Yogyakarta: Depublish Publisher, 2019.

    Sari, Fitri Nufita. “Partisipasi Masyarakat Dalam Keberlanjutan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (Pnpm) Mandiri Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus: Pelaksanaan Pnpm Mandiri Di Desa Putat Lor, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik).” Universitas Brawijaya, 2018.

    Zubaedi. Pengembangan Masyarakat Wacana Dan Praktik. 3rd ed. Jakarta: Kencana, 2016.



 

SEKRETARIAT JURNAL AT-TAGHYIR

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.

 Email: jurnaltaghyir@uinsyahada.ac.id