Manajemen Koperasi Syariah: Perspektif Pembangunan Literasi Ekonomi Syariah di IAIN Padangsidimpuan

Yuli Eviyanti* -  Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Indonesia
Manajemen koperasi syariah merupakan suatu muatan dakwah yang terkait dengan ekonomi syariah yang dapat disampaikan melalui suatu medium, yakni literasi dakwah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan gambaran empiris terkait manajemen koperasi syariah di IAIN Padangsidimpuan dalam membangun literasi dakwah di IAIN Padangsidimpuan.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif, yakni metode yang memberikan gambaran fenomena penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif (Model Miles dan Huberman). Informan/subjek dari penelitian ini adalah seluruh stakeholder yang terlibat dalam kegiatan koperasi syariah tersebut, baik dari kalangan dosen, mahasiswa, maupun dokumen-dokumen koperasi itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan, bentuk manajemen koperasi syariah di IAIN Padangsidimpuan didasarkan atas manajemen koperasi konsumen meskipun pada praktiknya masih terdapat beberapa bentuk manajemen koperasi lain, seperti: manajemen koperasi kombinasi karya, koperasi tipe terpadu, dan  koperasi penjualan/pemasaran. Di sisi lain, koperasi syariah tersebut telah mampu membangun literasi dakwah pada batasan terminologi-terminologi ekonomi syariah. Di mana, keberadaan literasi dakwah tersebut diperoleh melalui penerapan manajemen koperasi yang terkait dengan manajemen koperasi: 1) koperasi konsumen, 2) koperasi  tipe terpadun, dan 3) koperasi pemasaran
  1. Fatoni, Uwes dan Tedi, Enjang, “Dakwah Literasi Ustadz Giovani Van Rega: Analisis Imbauan Pesan Dakwah”. Jurnal Komunikasi Islam. Vol. 07. Nomor 02. Desember 2017: 208-225.

    Fuadi, Suud. “Model Konversi dan Internalisasi Prinsip-Prinsip Syariah Pada Koperasi Syariah Tunas Artha Mandiri”. Journal of Islamic Business Law. Volume 4 Issue 1 2020. ISSN (Online): 258-2658.

    Hendra, dkk. 2019. Manajemen Koperasi. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis.

    Husaini dan Fitria, Happy. 2019. “Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam”. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supvervisi Pendidikan (JMKSP), Vol. 4. No. 1, Januari-Juni 2019, P-ISSN 2548-7094, E-ISSN 2614-8021.

    Kholili, H.M. “Menyiapkan Pesan Dakwah di Era Informasi”.Artikel garuda.risetdikti.go.id/Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. Di Akses pada Tanggal 16 Maret 2021.

    Kartasapoetra, G. dkk. 2007. Koperasi Indonesia., Jakarta: Rineka Cipta.

    Kholis, Nur. 2009. “Membedah Konsep Ekonomi Islam”. Jurnal Ekonomi Islam La_Riba. Vol. III, No. 2. Desember 2009.

    Mujib, Abdul. 2017. “Realitas Sistem Perbankan Syariah dan Ekonomi Islam”. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol. 2, No. 1, 2017. ISSN: 2527 - 6344 (Print). ISSN: 2580 - 5800 (Online).

    Pramudya, Kelik. 2018. “Strategi Pengembangan Ekonomi Syariah melalui Penguatan Fungsi Pengadilan Agama dalam Penyeleseian Sengketa”. Jurnal Rechts Vinding, Media Pembinaan Hukum Nasional, Vol. 7. No. 1. April 2018. ISSN 2089-9009.

    Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2005.

    Setyaningsih, Rila. “Model Penguatan E-Dakwah di Era Distruptif melalui Standar Literasi Media Islam Daring”. Journal Tsaqofah. Volume 15, Number 1, May 2019, 67-82.

    Sofian. “Koperasi Syariah Sebagai Solusi Keuangan Masyarakat: Antara Religiusitas, Trend, Dan Kemudahan Layanan”. Makalah 9 Industrial Research Workshop and National Seminar, Peran Penelitian dan Inovasi di Era Industri 4.0 dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Kemandirian Bangsa”. POLBAN & IRONS.

    Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

    Syafe’i, Abdullah “Koperasi Syariah: Tinjauan Terhadap Kedudukan dan Peranannya dalam Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan”. Jurnal Media Syari’ah, Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial. Vol. 14. No. 1. Januari-Juni 2012.

    Syamsuddin. 2017. “Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal IDAARAH, Vol. 1. No. 1. Juni 2017.



 

SEKRETARIAT JURNAL AT-TAGHYIR

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.

 Email: jurnaltaghyir@uinsyahada.ac.id