Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa Ditinjau Dari Karakteristik Lingkungan Fakultas (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam)

Aisyah Budi Harahap* -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Adapun fokus dari penelitian ini ditujukan untuk menganalisis model persamaan sistematis secara optimal yang bisa mendeskripsikan kaitan antara indikator-indikator yang menjadi dasar penelitian yang paling berpengaruh terhadap prestasi diantara ketiga indikator yang di teliti yakni motivasi, sikap loyalitas atas kampus, sikap loyalitas atas dosen. Dalam tulisan ini, model prestasi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Padangsidimpuan ditentukan menggunakan SEM.Structural Equation Modeling (SEM) yaitu sebuah analisis multivariat yang memiliki tujuan untuk mengecilkan variabel-variabel independen kompleks menjadi sebuah bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami berupa indikator pembangun variabel. Bahan penelitian adalah hasil survei mahasiswa FDIK IAIN Padangsidimpuan angkatan 2013,2014,2015 dengan meamanfaatkan angket kemudian menggunakan alat ukur skala likert dan memakai teknik simple random sampling. Hasil analisis data menghasilkan indikator sebagaimana berikut ini: prestasi dengan sikap terhadap kampus 4.603, prestasi dengan sikap terhadap Dosen 5.867 dan juga pengaruh sikap loyalitas terhadap kampus dan juga Dosen yang di ukur melalui variabel peningkatan motivasi sebesar 2.247.

  1. Munandar, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak. (Jakarta: PT. Gramedia, 2008)

    Sardiman,Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar..(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada2003)

    Jurnal Wawasan Manajemen : Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Motivasi dan Loyalitas Mahasiswa Sebagai Variabel Mediasi), Vol. 5, Nomor 2, 2017

    Robbins SP dan Judge, Perilaku Organisasi, Edisi 16, (Jakarta : Salemba Empat, 2015),

    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/5502

    Albari, Jurnal Siasat Bisnis : Pengaruh Kualitas Jasa Perguruan Tinggi Swasta Terhadap Loyalitas Mahasiswa), Vol. 13, No.3, Desember 2009

    Driver, C. and Johnton, R. ( Journal of Service Reseach : Understanding Service Customers The Value of Hard and Soft Attributes), 4, (2). 130-139, 2001

    Naresh K. Maholtra, marketing research: An applied orientation (6th ed), (New Jersey: Pearson Education, 2010), h. 112

    C. Fornell, A Second Generation of Multivariate Analysis: Classification of Method and Implication for Marketing Research. In M.J. Houston (ed). Review of Marketing, (pp.,1987), h. 42

    Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, (Bandung: ALFABETA, 2013)

    Imam Ghozali, Struktural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square, (Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006), h. 78

    Fatwa Tentama & Subardjo, Jurnal HUMANITAS, Pengujian Validitas dan Reliabilitas Konstruk Pada Organizational Citizenship Behavior, ISSN 1693- 7236, Vol. 15, No.1, Februari 2018,



 

SEKRETARIAT JURNAL AT-TAGHYIR

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.

 Email: jurnaltaghyir@uinsyahada.ac.id