Metode Penyusunan Dokumen Manual Sistem Jaminan Halal Perusahaan Makanan dan Minuman dalam Konseppariwisata Halal di Kabupaten Kolaka

Muhammad Askari Zakariah

Abstract


Konsep pariwisata halal di Kabupaten Kolaka dapat dirumuskan dengan beberapa kriteria secara khusus, yaitu: a. Makanan halal, b. Tidak ada minuman keras (mengandung alkohol), c. Tidak menyajikan produk dari babi, d. Tidak ada diskotik, e. Staf pria untuk tamu pria, dan staf wanita untuk tamu wanita, f. Hiburan yang sesuai , g. Fasilitas ruang ibadah (Masjid atau Mushalla) yang terpisah gender, h. Pakaian islami untuk seragam staf , i. Tersedianya Al-Quran dan peralatan ibadah (shalat) di kamar, j. Petunjuk kiblat, k. Seni yang tidak menggambarkan bentuk manusia, l. Toilet diposisikan tidak menghadap kiblat, m. Keuangan syariah, n. Hotel atau perusahaan pariwisata lainnya harus mengikuti prinsip-prinsip syariah. Oleh karena itu, penyusunan manual sistem jaminan halal (SJH) perusahaan pada objek wisata halal menjadi hal penting. Manual SJH terdiri dari 4 bagian yaitu bagian pengontrolan dokumen, pendahuluan, isi system jaminan halal dan penutup dan atau lampiran. Hasil penelusuran digital Manual SJH Kolaka menunjukkan bahwa masih rendahnya produsen dan atau perusahaan makanan dan minuman di objek wisata halal Kabupaten Kolaka.


Full Text:

PDF

References


Adinugraha, H. H. 2018. Desa Wisata Halal: Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Efendi, A. M. A. 2019. Analisis Implementasi Sistem Jaminan Halal (SJH) Pada Usaha Makanan Siap Saji (Studi Kasus Herbal Chicken Ponorogo) Universitas Darussalam Gontor.

Fajriati, I. 2019. Penyusunan system jaminan halal (SJH) UMKM olahan salak Desa Wonomerto Turi Sleman. UIN Sunan Kalijaga.

Fatwa. 2016 No 108/DSN-MUI/X). Tentang Pedoman Pariwisata Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah. DSN-MUI, 14.

Hafizah, N. dan Syarif, W. 2019. Identifikasi Titik Kritis Kehalalan Pangan Di Rumah Makan Kota Padang. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

Jaelani, E. 2018. Perlindungan Hukum Terhadap Wisatawan Dalam Rangka Pemanfaatan Produk Dan Jasa Pariwisata Syariah (Halal Tourism). JES Vol 3 No 2, 184.

Keputusan Menteri Agama RI Nomor 464 Tahun 2020 Jenis Produk yang Wajib Bersertifikat Halal.

Lubis, M.Zaki Mubarak. 2018. Prospek destinasi wisata halal berbasis ovop Universitas islam negeri imam Bonjol

Mahardika, R. 2019. Strategi Pemasaran Wisata Halal. Hukum Islam, 76.

Nasrullah, A. 2018. Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha di Indonesia. Jurnal Tahdzib: 50-78.

Puspita, M. A. 2019. Identifikasi titik kritis kehalalan pangan di rumah makan Kelurahan lambung bukit Kecamatan pauh pinang Kota Padang. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

Pratiwi, S. R. 2019. Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Bandung. Universitas Padjajaran.

Priyoga, A. 2018. Implementasi Manual Sistem Jaminan Halal dan Keamanan Pangan Di Kafe Terminal O Bogor. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Rahmawati. 2019. Penerapan Sistem Halal-Haram dalam Pengelolan Pariwisata Berdasarkan Qur’an dan Sunnah. Makassar. Politeknik Pariwisata Makassar

Rimet. 2019. Strategi Pengembangan Wisata Syariah Di Sumatera Barat : Analisis Swot (Strength, Weakness, Opportunity, Threath). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Sulistiani, S. L. 2018. Analisis Maqashid Syariah Dalam Pengembangan Hukum Industri Halal Di Indonesia. Law and Justice, Vol 3 No 5, 94.

Susihono, W. dan E. Febianti. 2018. Implementasi Sistem Jaminan Halal Melalui Bimbingan Teknis Penerapan HAS-23000 Di Industri Gipang Tiga Bunda Cilegon Banten. Jurnal Teknika Vol 12(2): 201-108.

Undang-Undang RI Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal

Wandhini, A. F. Dayanti, A. D. Nafiah, L. Iskandar. 2019. Halal Tourism In Bali: Pengaruh Dan Tantangan Mengembangkan Wisata Halal Di Bali. Institut Agama Islam Negeri.




DOI: https://doi.org/10.24952/taghyir.v3i1.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

SEKRETARIAT JURNAL AT-TAGHYIR

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.