Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan

Tomi Hendra* -  IAIN Bukittinggi, Indonesia
Abstract: In the current era of technology, the development of society in social life is
very dependent on mass media, where mass media has a very important role in this
matter. One of the important roles of mass media for the community is as a provider of
information, education, and entertainment for the community so that in this way the
community is motivated, affected and strives to change the mindset and perspective in
life. In addition, the presence of mass media greatly helps the development process in
the lives of social communities. Along with technological advancements that are closely
related to mass media, it cannot be denied that the growth of people's lives will also be
more complete. With the development of mass media at this time the community is able
to respond and be smarter towards the reality around the effects of the growth of the
dynamics of their lives.
Keywords: Mass Media in Development communication
Abstrak: Di Era teknologi saat ini, perkembangan masyarakat dalam kehidupan sosial
sangat tergantung akan media massa, dimana media massa sangat memiliki peran dalam
hal tersebut. Salah satu peran penting media massa bagi masyarakat yaitu sebagai
pemberi informasi, pendidikan, dan hiburan bagi masyarakat sehingga dengan hal
demikian masyarakat termotivasi, terpengaruh dan berusaha untuk merubah pola pikir
serta cara pandang dalam kehidupan. Selain itu kehadiran media massa sangat
membantu proses pembangunan dalam kehidupan masyarakat sosial. Seiring dengan
kemajuan teknologi yang erat hubungannya dengan media massa tidak dapat dipungkiri
bahwa pertumbuhan kehidupan masyarakat juga akan semakin lengkap. Dengan
perkembangan media massa saat ini masyarakat mampu merespon dan bisa lebih cerdas
terhadap realitas yang ada di sekitar efek dari pertumbuhan dinamika kehidupannya.
Kata kunci: Media Massa Dalam komunikasi Pembangunan
  1. Amin, Samsul, Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam, (Jakarta: Amzah, 2008)
  2. Aziz, Moh Ali, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Kencana, 2009)
  3. Burhan Bungin, Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa,
  4. Iklan Televisi, Dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. &
  5. Thomas Lucknam, (Jakarta: Kencana, 2008)
  6. _____________, Sosiologi Kontruksi: Teori, Paradigm, dan Diskursus Teknologi
  7. Komunikasi di Masyarakat, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)
  8. Djuroto, Totok, Penerbitan Pers, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002)
  9. Effendi Onong Uchajana, Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung: Rosda Karya,
  10. .
  11. Harun, Rochajat dan Ardianto, Elvinaro Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial,
  12. (Jakarta: Rajawali Perss, 2012)
  13. Harmoko, Komunikasi Sambung Rasa, (Jakarta: Sinar Harapan, 1989)
  14. Hartono, Toni dkk, Komunikasi Dakwah, (Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau, 2011)
  15. Kohar, Wakidul, Al Munir 2: Jurnal Ilmiah Dakwah Dan Komunikasi, (Jurusan
  16. Komunikasi Penyiaran Islam Fdik Ib Padang: 2014)
  17. Marijan, Kacung System Politik Indonesia: Konsolidasi Demokrasi Pasca Orde Baru,
  18. (Jakarta: Kencana, 2010)
  19. Mufid, Muhammad, Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. (Jakarta: Kencana, 2007)
  20. Rukminto Adi, Isbandi, Psikologi, Pekerjaan Sosial dan Ilmu Kesejahteraan Sosial,
  21. Dasar-Dasar Pemikiran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994)
  22. Syarif, Naqif, Menjadi Dakwah Yang Dicintai: Menyampaikan Dakwah Dengan Cara
  23. Yang Efektif, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011)


 

SEKRETARIAT JURNAL AT-TAGHYIR

Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.

 Email: jurnaltaghyir@uinsyahada.ac.id