INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS SENTRA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-HIJRAH BINTUJU KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Maisaroh Maisaroh

Abstract


This study aims to describe internalizing values of Islamic Religious Education in learning based centre. This research is classified into qualitative research. Data collection instruments used were observation, interviews and document study. Data analysis used is descriptive qualitative analysis. From the research carried out, the results were obtained, namely: 1. The values of Islamic Religious Education internalized in the center of al-Islam are three, namely: a. Faith value b. Value of worship. c. Moral values. Internalization method: Lecture, question and answer, habituation, exemplary, advice, attention and supervision and story. 2. The values of Islamic Religious Education that are internalized in a language center are three, namely: a. Faith value. b. Value of worship. c. Moral values. 3. There are three values that are internalized in the cognitive center, namely: a. value of faith. b. value of worship. c. Moral values. 4. The values internalized in the center of science are the values of aqeed and morals.

Keywords


Internalisasi; Pendidikan Agama Islam; Pembelajaran Berbasis Sentra

Full Text:

PDF

References


Asfiati, Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Citapustaka Media, 2014.

Ali Mudlofir, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pres, 2012.

Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2012.

Ahmad Nizar, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media, 2015.

Abu Ahmadi dan Moor Salimi, Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Abdul Majid, Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: PT. Rosdakarya, 2014.

Al-Rasyidin, Pendidikan dan Psikologi Islami, Bandung: Cita Pustaka Media, 2007.

Beverly Otto, Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini, Diterjemahkan dari “Language Development In Early Childhood” Oleh Tim Penerjemah Prenadamedia Group, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualittatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

------------, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Deden Makbuloh, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT RajaGrafondo Persada, 2013.

Depdiknas RI, Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas, 2003.

Dessy Anwar, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Surabaya: Amelia, 2005.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga:, Balai Pustaka, 2005.

E. Mulyasa, Manajemen PAUD, Bandung: PT Rosdakarya, 2014.

--------------, Manajemen Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Rosdakarya, 2012.

Eveline dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Eneng Muslihah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Diadit Media, 2011.

George S. Marrison, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Diterjemahkan oleh Suci Ramadhan dan Apri Widiastuti, Jakarta: PT. Indeks, 2012.

Isjoni, Model Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Alfabeta, 2011.

Joko Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Khoiron Rosyadi, Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Kementerian Agama dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini, 2015.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Mursid, Belajar dan Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

--------, Pengembangan Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Mukhtar Latif, dkk, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2013.

Miftahul Achyar Kertamuda, Golden Age, Jakarta: Gramedia, 2015.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2010.

-------------, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Moeslichatoen, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Muhammad Najib, Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media, 2016.

Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Nurgayah, Strategi dan Metode Pembelajaran, Medan: Citapustaka Media Perintis, 2011.

Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah.

Rita Mariyana, dkk, Pengelolaan Lingkungan Belajar, Jakarta: Kencana, 2010.

Sudarwan Danim, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta, 2013.

Setiadi Susilo, Pedoman Penyelenggaraan PAUD, Jakarta: Media Pustaka, 2016.

Salim dan Syahrum, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Citapustaka Media, 2007.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Ciipta, 2006.

Suyadi, Manajemen PAUD: TPA-KB-TK/RA, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.

Triyo Supriyatno, “Model Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan di Ma’had Sunan Ampel Al-Ali UIN Malang”, dalam el-Qudwah Jurnal Penelitian & Pengembangan, Volume: I, nomor I, April, 2006, hlm. 86-87.

Zakiah Daradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman