PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DAN SIKAP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME (STUDI EKSPERIMEN KUASI PADA SEKOLAH DASAR)

Faqih Hakim Hasibuan* -  Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan, Indonesia
Reading skills are skills that are very unique and important role for the development of knowledge. He also as a communication tool for human life. Teaching reading is probably the most effective teaching of reading is based on a good understanding of the reading process itself and which encourage mastery of reading strategies appropriate, but it must be admitted that there is no definition of the most appropriate.

Keywords : Kemampuan; Membaca; Pemahaman

  1. Admin. “Model Pendidikan Berpikir Kritis-Kreatif untuk Siswa SMP”. [Online]. Diakses dari http://www.infodiknas.com/model-pendidikan-berpikir-kritis-kreatif-untuk-siswa-sekolah-dasar/.Post, 24 Juli 2009.
  2. Alexander, Estill, Teaching Reading. Illinois: Scott, Foresman and Company, 1988.
  3. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta, 1998.
  4. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003. Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta : Depdiknas.
  5. Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2000.
  6. Iskandarwassid. Sunendar, Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
  7. Keraf, Goys. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah, 1984.
  8. Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya, 2002.
  9. Muslich, Mansur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
  10. Rahim, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
  11. Saefullah, Rendahnya Minat Baca Masyarakat. Bandung: Pikiran Rakyat Juni 2001.
  12. Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2006.
  13. Sudarsono,Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Gramedia Pustaka Utama, 1994.
  14. Sudrajat, Ahmad. (2008). Teori Belajar Kontruktivisme. [Online]. Tersedia. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/20/teori-belajarkontruktivisme/
  15. Subino, Konstruksi dan Analisis Tes. Suatu Pengantar kepada Teori Tes dan Pengukuran. Jakarta: Depdikbud, 1982.
  16. Supriyanto, “Kemampuan membaca”, Bandung: Pikiran Rakyat 2 September 2001.
  17. Surakhmad, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Tarsito, 1998.

Open Access Copyright (c) 2017 Faqih Hakim Hasibuan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.