Tuhan, Manusia Dan Masyarakat Perspektif Ibn Khaldun

Husni Ismail* -  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal, Indonesia

Ibnu Khaldun adalah seorang filsuf abad 14 yang sangat berpengaruh dalam dunia Islam dan Barat. Ia sangat concern membahas masyarakat dan Negara, sosial-politik hingga soal Tuhan dan agama. Kitab Mukaddimah merupakan karya monumental Ibnu Khaldun yang menjadi rujukan utama dalam penelitian ini. Tulisan ini mengangkat tokoh penting abad 14 karena the history of scientific development tak lepas dari sejarah dan tradisi intelektual Islam yang selalu memperkaya ruang kajian multidisipliner khususnya Islamic studies. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan historis, sosio-cultural-religius dan bersifat kritis-analisis, dalam artian sang tokoh tidak dilepaskan dari konteks sosio-cultural dan agamanya yang dianalisis secara kritis. Penelitian ini menemukan beberapa pokok pikiran utama yang terkandung dalam kitab Mukaddimah. Dalam hal ini penulis memetakan pokok pikiran itu pada empat kategori, pertama tentang Tuhan dan agama, kedua tentang manusia dan akal, ketiga tentang masyarakat dan Negara, keempat tentang sosial dan politik. Kempat poin ini memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya terutama dalam pembentukan serta pertahanan sebuah Negara. Teorinya yang populer ashabiyah tak lepas dari peran antara agama, manusia dan akal, masyarakat dan politik yang memiliki hubungan satu sama lain.

Keywords : Tuhan, Manusia, Masyarakat, Ibn Khaldun

  1. Ahmad, Sajad, and Mohd Shafiq Sahimi. “Ibn Khaldun’s Views on Man, Society and State in the Light of al-Muqaddimah.” Malaysian Journal Of Islamic Studies (MJIS) 6, no. 1 (2022): 44–52.

    Al-Jabiri, Muhammad Abed. “Takwin Al-‘Aql al-Arabi,(Terj.) Imam Khoiri,“.” Formasi Nalar Arab: Kritik Tradisi Menuju Pembebasan Dan Pluralisme Wacana Interreligius”, Yogyakarta: Ircisod, 2003.

    Alwagdani, Abdullah M. “Ibn Khaldun on Discipline.” Journal of Advanced Research in Social Sciences and Humanities 5, no. 4 (2020): 135–43.

    Bahri, Hafizuddin Sham Shul, and Razali Musa. “[The Concept of Asabiyah According to Ibn Khaldun] Konsep Asabiyah Menurut Ibnu Khaldun.” Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari 23, no. 1 (2022): 145–56.

    Bakhri, Syamsul. “Sosiologi Ibnu Khaldun,” 2022.

    Damanik, Agustina. “PEMBENTUKAN TEORI SOSIOLOGI POLITIK OLEH IBNU KHALDUN.” Jurnal El-Qanuniy: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesyariahan Dan Pranata Sosial 7, no. 1 (2021): 66–79.

    Deliar, Noer. “Pemikiran Politik Di Negeri Barat.” Mizan, Bandung, 1997.

    Hallak, Nancy. “Approaching The Qur’an Through The Lens of Muhammad Shahrur: A Critical Analysis,” 2022.

    Hanafi, Hasan, Muhammad Abid Al Jabiri, and Umar Bukhory. “Dialog Timur Dan Barat: Menuju Rekonstruksi Metodologis Pemikiran Politik Arab Yang Progresif Dan Egaliter,” 2015.

    Iqbal, Muhammad. “Rekonstruksi Pemikiran Agama Dalam Islam. Terj.” Didik Komaidi Yogyakarta: Lazuardi, 2002.

    Khaldun, Muhammad bin, and Al-Allamah Abdurrahman. Mukaddimah Ibnu Khaldun. Pustaka Al Kautsar, 2001.

    Pribadi, Moh. “Pemikiran Sosiologi Islam Ibn Khaldun.” Yogyakarta: SUKA-Press, 2014.

    Putra, Davit Hardiansyah. “Peran Agama Dalam Negara Menurut Ibnu Khaldun.” Manthiq 3, no. 2 (2020).

    Ridlo, Miftakhur, and Moch Yunus. “Dialektika Sunni Dan Syi’ah Dalam Pemikiran Politik Islam.” Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam 8, no. 2 (2022): 50–64.

    Sahed, Nur, Eko Sumadi, and Suheri Sahputra Rangkuti. “PENDEKATAN RASIONAL-RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 01 (2018): 54–79.

    Said, Edward W., and Achmad Fawaid. Orientalisme: Mengugat Hagemoni Barat Dan Menduduki Timur Sebagai Subjek. Pustaka Pelajar, 2010.

    Sulfan, Sulfan, and Mukhsin Mukhsin. “Filsafat Politik Menurut Ibnu Khaldun.” Jurnal Tana Mana 2, no. 2 (2021): 103–14.

    Thalib, Abdullah. “Geneologi Dan Epistemologi Pemikiran Ibnu Khaldun.” Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman 14, no. 1 (2020): 116–30.

    Wafi, Ali Abd Wahid. Ibnu Khaldun: Riwayat Dan Karyanya. PT Grafitiper, 1985.

    Zainab, Al-Khudhairi. “Filsafat Sejarah Ibnu Khaldun.” Bandung: Penerbit Pustaka, 1995.


Open Access Copyright (c) 2022 Husni Ismail
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.